Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Memasang google analytic di website tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengelola website. Untuk Anda yang sudah lama berkecimpung dengan website tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar yang namanya google analytic. Memiliki website tidak hanya sekedar memiliki saja, namun semua orang yang mengandalkan website untuk kebutuhan  bisnis tentunya akan berusahan memahami pengunjung tentang apa yang mereka cari sehingga sampai ke website Anda. Dan cara terbaik untuk mewujudkan hal tersebut  adalah dengan melakukan analisa lebih lanjut mengenai para pengunjung. Di sini Anda bisa memanfaatkan google analytic.

Google analytics merupakan alat untuk melacak pengunjung yang dibuat oleh raksasa mesin pencari google. Tool ini sangat menakjubkan an dapat memberikan data pengunjung dengan tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu google analytics juga dilengkapi dengan sistem pelaporan terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu menganalisa strategi SEO dan pemasaran online Anda. Anda yang memiliki bisnis online tentunya harus memasang salah satu tool dari google.

Dengan google analytics, Anda akan lebih mudah dalam menelusuri behavior customer, cek user reporting, real-time report, trafik website, melakukan monitoring serta melihat visualisasi data. Google analytics juga dapat diintegrasikan dengan berbagai produk lainnya seperti Google Adwords, Google Ads, Google AdSense serta Google Search Console. Maka tak heran jika banyak pelaku bisnis online yang menggunakan google analytic untuk memaksimalkan bisnisnya.

Bagaimana Cara Memasang Google Analytic di WordPress?

Cara memasang google analytics di wordPress wajib Anda ketahui jika ingin sukses mengelola website. Ini juga merupakan software gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. 

Berikut cara google analytic paling mudah yang bisa Anda coba;

  1. Masuk ke halaman utama Google Analytic

 Silakan masuk ke halaman utama google analytics. Kemudian, klik tombol sign in yang berada pada bagian atas halaman. Kemudian pilih google analytics.

  1. Buat akun Google Analytic

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman login. Silakan masukkan alamat email gmail Anda. Jika belum memiliki akun gmail, silakan daftar terlebih dahulu dengan memilih tombol Create Acount. Kemudian masukkan password dan klik tombol Sign In.

  1. Klik tombol  Sign Up untuk menuju ke tahap selanjutnya.
  1. Untuk membuat akun baru di Google Analytics, Anda perlu memasukkan beberapa informasi dalam kolom isian.
  1. Selanjutnya silakan isi detail yang diperlukan dan klik tombol Get Tracking ID jika sudah selesai melakukan pengisian.

Pada langkah ini, Anda telah berhasil membuat akun google analytics. Pada halaman selanjutnya Anda akan melihat adanya tracking code. Silakan salin code yang akan digunakan pada langkah selanjutnya.

  1. Menambahkan Google Analytic ke WordPress

Langkah selanjutnya Anda bisa langsung login ke dashboard wordpress dan silakan instal plugin google analytics. Untuk menginstal, silakan pilih menu Plugins > Add New, kemudian pada kolom pencarian ketikkan Google Analytics dan mulai instalasi plugin By ShareThis.

  1. Setelah instalasi plugin selesai dan plugin telah diaktifkan, silakan masuk ke menu Settings > google analytics.
  1. Kemudian paste code analytics ke kolom Web Property ID dan klik tombol Save Changes.
  1. Tracking code sudah berhasil ditambahkan ke blog WordPress.

Laporan dari Google Analytics akan tampil dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam. Detail statistik website juga bisa Anda lihat pada tab Reporting.

Itulah cara mudah memasang google analytic di wordpress. Google analytics menawarkan fitur statistik mengenai website dan dapat membantu Anda dalam membuat konten untuk visitor Anda sehingga sangat penting untuk memasangnya, khususnya Anda yang ingin memaksimalkan bisnis.

Related Posts