Cara Install Webuzo di VPS Centos Dengan Mudah

Cara Install Webuzo di VPS Centos Dengan Mudah

Paham tentang bagaimana cara install Webuzo di VPS Centos sangatlah penting. Khususnya bagi Anda yang ingin membangun website profesional. Website saat ini penting untuk bisnis online maupun keperluan pribadi. Maka tak heran  jika banyak orang yang memaksimalkan website mereka demi memperoleh tampilan website yang menarik. Salah satu yang Anda perlukan di sini adalah panel Webuzo yang menyediakan banyak fitur dan bisa Anda manfaatkan untuk membangun website.

Cara install Webuzo di VPS haruslah dipelajari orang-orang yang mengelola website. Dala hal ini tentunya mereka akan membutuhkan yang namanya sebuah control panel untuk hosting. Beberapa diantara mereka mungkin akan menggunakan control panel populer demi menonjolkan websitenya di mata orang lain. Salah satu control panel yang  paling populer saat ini adalah Webuzo. Anda tentunya sudah tidak asing dengan control panel yang satu ini, bukan?

 

Cara Install Webuzo di VPS Centos – Sekilas Tentang Webuzo

Webuzo merupakan panel control tunggal yang mengizinkan klien untuk mengelola aplikasi website yang ada seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya hanya dalam sekali klik. Dalam memilih Webuzo, tentunya tidak diperlukan skill administrator tingkat tinggi. Siapa saja yang paling cocok menggunakan Webuzo? Kebanyakan perusahaan besar dan bisnis menengah memang paling cocok menggunakan Webuzo. Hal ini karena Webuzo menggunakan Softaculous Single user LAMP stack dengan 239 fitur yang bisa digunakan dengan mudah. Bagi para developer, Webuzo juga sudah support PHP, Perl, Python serta Ruby. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan konfigurasi melalui konsol atau via terminal.

 

Bagaimana Cara Instal Webuzo?

Webuzo merupakan sebuah software aplikasi yang bersifat wajib untuk di-instal di VPS Anda. Memilih Webuzo juga akan lebih menghemat waktu dalam pengaturan server. Hal ini karena Webuzo memiliki teknologi canggih yang merupakan perpaduan dari semua perangkat lunak web server seperti Apache, PHP, MySQL, Apache Tomcat, PERL, MongoDB, Python, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Cara Memilih VPS Yang Terbaik

Ada beberapa tahapan dalam menginstal Webuzo seperti mempersiapkan akses SSH, instalasi, dan baru bisa melakukan konfigurasi Webuzo. Untuk menginstal Webuzo, Anda harus paham tentang perintah-perintah dasar Linux. Hal ini karena cara install Webuzo di VPS Centos ini menggunakan perintah teks untuk proses instalasinya.

 

Berikut Cara Mudah Instal Webuzo di Centos

  • Melakukan Remote VPS via SSH

Pada langkah pertama ini Anda harus melakukan instralasi dan kontrol terhadap VPS. Pastikan Anda sudah mendapatkan mendapatkan alamat IP server, username dan password untuk mengakses server. Jika Anda menggunakan OS linux, maka tinggal masukkan username dan alamat ip server melalui perintah SSH. Setelah itu, masukkan password agar dapat masuk ke dalam akun SSH tersebut.

  • Menghapus Instalasi Web Server

Jika VPS sudah terinstal di web server, maka Anda harus menghapusnya. Hal ini karena webuzo memiliki konfigurasi dan instalasi web server tersendiri. Apabila di VPS sudah terinstall Apache, Nginx atau yang lainnya maka instalasi webuzo akan gagal.

  • Instal Webuzo di VPS

Untuk melakukan instalasi Webuzo, silakan Anda tulis perintah berikut ini;

wget -N https://files.webuzo.com/install.sh

chmod 0755 install.sh

./install.sh

  • Masuk Ke Halaman Konfigurasi

Setelah instalasi berhasil, Anda akan diberikan  alamat URL https://ip_address:2004. URL tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk setup Webuzo. Langkah selanjutnya Anda bisa langsung membuka browser kemudian tulis sesuai URL yang Anda dapatkan. Untuk IP Address tersebut merupakan alamat IP dari VPS sedangkan 2004 merupakan port yang digunakan.

  • Memasukkan Identitas Lengkap

Di sini Anda bisa mengisi identitas lengkap Anda. Caranya adalah dengan mengklik URL yang  diarahkan ke halaman webuzo Initial Setup. Kemudian isikan identitas seperti; User Name, Email Address, Password, Re-enter Password, Primary Domain, dan NameServer 1 dan NameServer 2. Pada bagian License Key sebaiknya dikosongkan saja. Silakan tunggu hingga proses instalasi selesai.

  • Instalasi Webuzo Berhasil

Jika instalasi berhasil, maka  akan ada tulisan “Installation Completed Successfully”. Untuk mengakses Webuzo control panel, silahkan gunakan port 2004. Misalnya: https://namadomain.com:2004

Anda juga dapat mengakses panel enduser softaculous Webuzo dengan mengaksesnya menggunakan port 2002. Caranya sama dengan mengakses panel Webuzo admin. Hanya dengan mengakses http://alamatIP:2002 pada browser.

 

Demikianlah cara install Webuzo di VPS Centos. Yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah yang harus berurutan yang sesuai dengan kebutuhan. Webuzo juga bisa menjadi pilihan control panel yang tepat. Khususnya bagi Anda para pengguna VPS karena  memiliki interface yang mudah untuk diarahkan dan digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu susah-susah lagi dalam mengelola VPS Anda secara manual.

Related Posts