8 Cara Memilih VPS Yang Terbaik

8 Cara Memilih VPS Yang Terbaik

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah layanan yang menyewakan sebuah virtual server yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan web hosting biasa seperti ada pada kebebasan menentukan sistem operasi dan platform sehingga memberikan optimalisasi dalam pengelolaan sebuah website. Karena alasan inilah banyak pengelola website yang mencari penyedia VPS murah dan terjamin untuk menunjang performa websitenya.

VPS juga tersedia dalam berbagai macam dan juga penyedia layanan menawarkan banyak paket pilihan yang bisa dipilih oleh pelanggan dalam menggunakan server. Dengan VPS, Anda dapat memegang kendali untuk memilih sistem operasi sesuai dengan yang Anda gunakan. Yang umum digunakan biasanya adalah Linux dan Windows.

Anda juga bisa memilih server aplikasi yang digunakan dengan otomatis, seperti cPanel, WordPress, Docker atau NodeJS. Hal utama Anda dalam memilih kinerja Cloud VPS yang Anda buat dengan cara memilih paket VPS yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Ada juga Cloud VPS yang menawarkan perpaduan sempurna antara VPS tradisional dan hosting yang membuatnya menjadi tawaran layanan yang sangat populer untuk penyedia layanan dan perusahaan hosting.

Dengan Cloud VPS tidak hanya penghematan biaya yang terkait dengan platform hosting lama, tetapi Anda juga mendapatkan dapat jaminan sumber daya CPU, disk, dan memori dari platform cloud khusus. Inilah alasan kuat mengapa semakin banyaknya organisasi yang memigrasi bisnis mereka menggunakan Cloud VPS. Berikut ini cara memilih VPS agar sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kebutuhan dan Penggunaan

Yang paling penting adalah dengan menentukan tujuan penggunaan atau kebutuhan Anda.

VPS tidak hanya digunakan untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan VPS. Selain sebagai web hosting, VPS dapat digunakan untuk penghubung terhadap layanan seperti Internet of Things.

Sesuaikan Dengan Rencana

Setelah menentukan tujuan dari penggunaan, pikirkan juga perencanaan ke depan. Bisnis Anda butuh berkembang untuk tetap bisa terus berjalan. Jadi perhitungkan juga apakah ada kemungkinan sistem akan membutuhkan sumber daya yang tinggi dalam waktu dekat atau tidak.

Perencanaan ini salah satunya untuk menentukan proses migrasi yang mungkin dilakukan. Dikarenakan, proses migrasi VPS tidak lebih sederhana dibandingkan dengan shared hosting.

Sistem Operasi

Perhatikan juga sistem operasi yang tersedia.Sistem operasi menjadi faktor utama yang perlu diketahui. Beberapa penyedia VPS hanya menyediakan salah satu saja, tetapi ada beberapa penyedia layanan VPS menyediakan kedua sistem operasi ini.

Jika sistem yang ingin dipasang lebih maksimal menggunakan Windows, tentu saja harus menggunakan server Windows juga. Padahal saat ini penyedia VPS Windows jarang, lebih banyak menyediakan VPS dengan Linux.

Kapasitas Bandwidth

Banyak penyedia layanan VPS Hosting akan menentukan batas penggunaan Bandwidth setiap bulannya yang bisa digunakan. Jika penggunaan melebihi kapasitas yang ditentukan, maka akan berpengaruh terhadap kecepatan VPS, tentunya akan berkurang.

Ketika memilih VPS, pastikan Anda tidak perlu membayar budget yang lebih untuk kelebihan bandwidth yang dibutuhkan untuk penggunaan normal.

Baca Selengkapnya : Apa itu VPS Hosting?

RAM & CPU

Di dalam satu VPS tentu saja dapat menambahkan jumlah situs web di dalamnya. Anda dapat menambahkan beberapa domain sekaligus. Namun, kapasitas RAM dan CPU di dalam sebuah server VPS ada batasan.

Besar batasan ini tergantung dengan paket yang Anda gunakan. Semakin tinggi paket yang dipakai, semakin banyak situs web yang bisa ditambahkan tanpa mengalami overload. Sebuah VPS paling tidak berjalan di dalam RAM dengan kapasitas sebesar 4 GB.

Penyimpanan

Saat ini ada dua tipe penyimpanan yang banyak ditawarkan, yaitu Hard Disk dan Solid-state Drive. Penyimpanan menggunakan hard disk lebih murah ditawarkan. Namun, VPS akan lebih baik jika menggunakan SSD. SSD memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanan tradisional.

Untuk memaksimalkan RAM dan CPU memang perlu, tetapi jika tidak didukung dengan penyimpanan yang cepat untuk melayani proses data, itu menjadi tidak terlalu bermanfaat.

Informasi Lengkap

Untuk mencari informasi sebelumnya tentang penggunaan layanan VPS terbaik di penyedia web hosting dan fasilitas apa yang ditawarkan tentunya kita harus memiliki data dan riset yang benar.

Penyedia layanan web hosting tentunya memiliki rules atau Term Of Service yang sudah ditetapkan. Tidak semua penyedia mengizinkan untuk penggunaan situs terlarang yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Support Layanan

Sebuah masalah yang terjadi terkadang terjadi tidak sesuai prediksi. Ada beberapa kasus yang terinstal di VPS tidak berjalan dengan baik. Termasuk seperti belum berhasilnya pada saat melakukan instalasi WordPress.

Saat seperti ini tentunya Anda perlu memilih penyedia layanan yang bisa menawarkan layanan yang dapat dihubungi hampir setiap waktu.

Memilih VPS terbaik tidak harus yang mahal, sesuaikan dengan kebutuhan web dan fitur yang ditawarkan. Bagi situs web Anda yang sudah mempunyai trafik yang ramai, mungkin saat ini Anda bisa menggunakan VPS dibandingkan dengan shared hosting untuk lebih meningkatkan performanya.

Related Posts