fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Begini Cara Download File di cPanel dengan Mudah dan Cepat

Rianda

informasi terkait cara download file di cPanel memang cukup banyak dicari tahu. Khususnya bagi seseorang yang bergelut dalam pengembangan website. Hal inilah kemudian yang membuat tidak sedikit pada akhirnya pemilik website mencari tahu cara untuk mengunduh file dari cPanel.

Biasanya informasi ini dicari tahu bagi seseorang yang ingin memiliki back up file maupun file lain yang sekiranya diperlukan. Namun, tentu untuk dapat mengunduh di cPanel haruslah melalui beberapa proses terlebih dahulu. Lalu, bagaimana caranya? Mari simak ulasan berikut untuk informasinya:

Sekilas Tentang cPanel

Seperti yang diketahui bahwasannya website memang memiliki berbagai istilah bahkan fitur pelengkap yang digunakan untuk mengelola sistem. Melalui tools yang ada inilah nantinya website dapat dikembangnkan sesuai dengan keinginan.

Namun, pada dasarnya dalam pengembangan website pun bukan suatu hal yang mudah dilakukan semua orang. Akan membutuhkan berbagai informasi serta pemahaman terkait beberapa fitur juga sistem yang bisa dimanfaatkan dalam website itu sendiri.

Menggunakan cPanel tentu menjadi satu tools yang kemudian bisa digunakan dalam pengelolaan website ini. Pada dasarnya cPanel sendiri merupakan suatu platform yang digunakan untuk melakukan kontrol pada aktivitas dalam website.

Melalui adanya platform ini, maka nantinya pengelolaan dalam suatu hosting bisa dilakukan dengan lebih mudah. Baik pada server atau bahkan pada website itu sendiri. Akan ada berbagai fitur pendukung yang dapat digunakan dalam cPanel dalam pengelolaan website yang dibutuhkan.  Namun, hal yang perlu diketahui bahwasaannya cPanel sendiri hanya bisa digunakan pada perangkat

Bagaimana Cara Mengunduh File dari cPanel?

Menilik dari pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwasannya cPanel menjadi bagian platform penting dalam suatu website. Bagi sebagian besar pemilik website informasi terkait cara download file di cPanel ini digunakan untuk mengetahui data yang dibutuhkan.

Biasanya data yang dapat diunduh pun merupakan data yang sebelumnya memang telah diunggah sebelumnya. File yang telah diunggah tersebutlah kemudian yang bisa diubah kembali. Namun, bagaimana cara untuk mengunduh file pada cPanel tersebut? Simak ulasan berikut untuk mengetahui caranya:

1. Memiliki Akses

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu adalah memastikan bahwasannya telah memiliki akses cPanel. Nantinya melalui akun cPanel inilah pemilik website bisa melakukan kontrol serta mengunggah juga mengunduh file cPanel.

Tentunya pemilik website juga harus mengetahui nama user serta kata sandi yang benar. Apabila ada kesalahan dalam melakukan login tentu cPanel pun tidak bisa dibuka kemudian file dapat diunduh.

2. Masuk ke File Manager

Proses berikutnya supaya file dalam cPanel dapat diunduh adalah masuk ke file manager. Nantinya pada saat pengguna telah berhasil masuk ke cPanel, maka pengguna akan diarahkan pada banyak pilihan tools.

Silahkan pilih file manager yang ada tepat di bagian kiri atas untuk bisa menemukan file yang sebelumnya telah diunggah ke cPanel. Nantinya akan ada banyak pilihan file yang bisa diunduh pada panel control satu ini.

3. Mulai Download File

Apabila file manager telah menampilkan semua file yang ada, maka hal berikutnya yang perlu dilakukan tentu adalah mengunduh file. Namun, perlu diketahui bahwasannya file dalam bentuk folder haruskah dikompres terlebih dahulu.

Nantinya pengguna hanya perlu klik kanan pada file yang telah dipilih dan klik download. Tunggu beberapa waktu hingga proses pengunduhan selesai dan file berhasil disimpan pada perangkat.

Itulah tadi cara download file di cPanel yang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tentunya pengunduhan file ini nantinya dapat dilakukan apabila pengguna sudah pernah mengunggah file.

Baca Juga