fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Bingung Kenapa Google Map Tidak Bisa Digunakan dengan Tiba-Tiba? Yuk, Cek Penyebabnya Disini

Wiliam

Seperti diketahui bahwa Google Maps adalah suatu aplikasi bawaan yang telah terpasang di Hp Android. Aplikasi ini berguna untuk membantu kita dalam mencari titik lokasi tujuan, lengkap dengan peta atau arah serta jarak tempuhnya. Namun, tak jarang terjadi beberapa masalah yang dialami pengguna Google Maps dengan pesan error “Sayangnya maps telah berhenti”, Google Maps tidak bisa jalan” tidak bisa dibuka, tidak akurat, dan lainnya.

Pastinya akan sangat menyebalkan ketika aplikasi Google Maps yang memandu kita untuk sampai ke suatu tempat tujuan, tapi tiba-tiba bermasalah. Beruntung, kali ini kami akan menjawab pertanyaan mengenai kenapa google map tidak bisa digunakan, serta beberapa cara mulai dari memperbaiki Google Maps yang error, tidak bisa dibuka, tidak jalan, hingga tidak akurat.

Kenapa Google Map Tidak Bisa Digunakan

Sebelum masuk ke topik utama berupa cara mengatasi masalah kenapa google map tidak bisa digunakan, sebaiknya bizzie mengetahui kenapa google map tidak bisa digunakan dan error. Penyebab umum kenapa google map tidak bisa digunakan kemungkinan besar adalah disebabkan oleh hardware smartphone Android bizzie sendiri.

Tak menutup kemungkinan bahwa penyebab masalah kenapa google map tidak bisa digunakan terletak pada kapasitas RAM Hp Android bizzie yang penuh karena kapasitasnya kecil. Selain itu, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, memori penyimpanan yang dipenuhi cache atau sampah, maupun yang lainnya juga bisa jadi penyebab kenapa google map tidak bisa digunakan atau tidak bergerak.

Memperbaiki Masalah Kenapa Google Map Tidak Bisa Digunakan

Nah, sekarang bizzie sudah mengetahui kenapa google map tidak bisa digunakan, bukan? Jika bizzie sudah mengetahui kenapa google map tidak bisa digunakan, sekarang kami beberkan beberapa cara dari masalah tersebut. Setidaknya ada 10 cara mengatasi masalah kenapa google map tidak bisa digunakan yang akan kami bagikan. So, simak terus artikelnya, ya!

1. Update Google Maps

Aplikasi yang kadaluarsa bisa menjadi salah satu alasan kenapa google map tidak bisa digunakan. Jadi, coba bizzie buka Google Play Store, kemudian cari Google Maps, kemudian bizzie perbarui ke versi terbaru aplikasi yang tersedia untuk perangkat bizzie. Tujuannya adalah untuk memperbarui versi aplikasi akan menghilangkan bugs atau kerusakan pada aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, biasanya melakukan update aplikasi juga menghadirkan beberapa fitur dan tampilan baru yang lebih segar. Namun, sebelum bizzie memperbarui aplikasi untuk memperbaiki Google Maps error, pastikan untuk mempersiapkan memori penyimpanan smartphone bizzie.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cache di aplikasi yang bertumpuk juga menjadi alasan lainnya. Solusi terbaiknya adalah bizzie hapus data cache aplikasi. Caranya, bizzie buka Settings > Apps, lalu bizzie cari Google Maps. Pada bagian App Info, bizzie ketuk Clear Cache untuk mengatasi masalah kenapa google map tidak bisa digunakan. bizzie pun bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, seperti Clean Master atau CCleaner.

3. Restart Smartphone

Cara selanjutnya adalah dengan restart HP Android bizzie. Restart smartphone dapat memecahkan sejumlah masalah hp error. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi ampuh ketika penyebab Google Maps error karena RAM yang penuh lantaran banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

4. Cek Konektivitas

Bila ternyata HP Android bizzie sudah canggih dengan kapasitas RAM dan memori internal yang besar, mungkin akar masalah kenapa google map tidak bisa digunakan terletak pada koneksi internet bizzie. Jadi, pastikan koneksi internet berjalan stabil dan tidak lemot saat digunakan untuk mengakses Google Maps.

5. Atur Izin Aplikasi

Cara untuk memperbaiki kenapa google map tidak bisa digunakan maupun lokasi yang tidak akurat berikutnya adalah dengan mengatur izin aplikasi. Perlu bizzie ingat bahwa semua aplikasi yang berjalan di ponsel Android butuh izin (permission) sebelum berjalan dengan normal. Masalah izin ini pun bisa jadi alasan kenapa google map tidak bisa digunakan. Untuk mengatur perizinan aplikasi, silakan bizzie masuk ke Settings > Apps.

Lalu bizzie ketuk Permission atau Permission Manager, lanjutkan dengan klik Location. Pastikan betul Google Maps sudah mendapatkan izin akses lokasi. Apabila belum, bizzie berikan izin Allow all the time atau bisa juga Allow only while using the app.

6. Pastikan Fitur Lokasi Aktif

Sudah mengatur izin lokasi aplikasi seperti cara di atas tapi Google Maps masih tidak berfungsi dengan baik? Ada kemungkinan fitur lokasi smartphone Android bizzie mati. Pasalnya, apabila fitur tersebut dalam keadaan non-aktif, maka Google Maps tidak mungkin berfungsi dengan normal. Cara mengaktifkannya adalah swipe layar ke bawah guna menampilkan bar notifikasi. Kemudian, bizzie aktifkan fitur Location di sana.

7. Force Stop Google Maps

Menghentikan aplikasi secara paksa pada fitur Force Stop membuat pesan error di Google Maps mungkin dapat teratasi. Caranya, bizzie masuk ke Settings > Apps kemudian pilih Google Maps. Di bagian App Info, bizzie ketuk Force Stop atau Paksa Berhenti.

8. Hapus Data Google Maps

Menghapus data aplikasi juga menjadi salah satu cara efektif untuk memperbaiki masalah kenapa google map tidak bisa digunakan, tidak akurat, atau mengalami error. Cara melakukannya adalah bizzie masuk ke Settings > Apps, lanjutkan dengan mencari Google Maps. Kemudian bizzie masuk ke App Info > Storage Usage, lalu bizzie pilih Clear Data atau Hapus Data.

9. Wipe Cache Partition

Berkenaan dengan cara nomor 2 di atas, bizzie pun dapat memanfaatkan fitur Wipe Cache Partition untuk mengatasi kenapa google map tidak bisa digunakan. Pada dasarnya, cache seperti folder bertujuan untuk menyimpan data sementara waktu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  • Pertama, bizzie backup data-data penting di hp ke media eksternal terlebih dulu.
  • Matikan ponsel bizzie.
  • Jika sudah, bizzie tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan.
  • Lalu bizzie gunakan tombol volume untuk menavigasi menu. Selanjutnya bizzie pilih Wipe Cache Partition dengan menekan tombol power.
  • Jika penghapusan sudah selesai, dilanjutkan dengan memilih System Reboot.

10. Factory Reset

Bila semua cara di atas masih belum bisa memperbaiki masalah kenapa google map tidak bisa digunakan, satu-satunya jalan alternatif adalah dengan melakukan reset factory atau mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Sebelum melakukan cara ini, pastikan bizzie sudah mem-backup data penting ke dalam memori eksternal atau komputer bizzie. Jika sudah, bizzie masuk ke Settings > Additional Settings, kemudian pilih Factory Reset.

Tunggu beberapa saat hingga seluruh aplikasi maupun data-data bizzie akan dihapus oleh sistem. Lalu, smartphone Android bizzie pun kembali segar seperti pertama kali dibeli atau dipakai.

Nah, itu dia ulasan tentang kenapa google map tidak bisa digunakan lengkap dengan 10 cara untuk memperbaiki aplikasi yang error. Terima kasih sudah menyimak sampai selesai, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, bizzie!

Baca Juga