fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Begini Cara Melihat Pengunjung WordPress Menggunakan GA dan Plugin WP-PostViews

Wiliam

Cara melihat pengunjung wordpress di antaranya yang paling populer yaitu menggunakan GA atau Google Analytics. Apabila Bizzie sudah memiliki akun GA sebelumnya, tentu Bizzie dapat langsung ke plugin gratis penampil trafik Google Analytics yang ada di Dasbor WordPress. Kendati gratis, GA menawarkan berbagai fitur cara melihat pengunjung wordpress.

Di samping itu, Bizzie juga bisa melihat jumlah pengunjung  berdasarkan beragam tipe waktu sesuai yang diinginkan, hari, bulan, tahun, bahkan dari tanggal tertentu hingga tanggal tertentu. Juga, Bizzie dapat mengetahui dari mana datangnya pengunjung, asal negara, tipe pengunjung, hingga halaman yang terbanyak dikunjungi juga ada.

Cara Melihat Pengunjung WordPress dengan GA

Tidak kalah menarik fitur lifetime atau pengunjung yang sedang aktif saat ini juga sudah tersedia di GA. Dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya terkait cara melihat pengunjung wordpress. Sebelum itu, Bizzie harus tahu cara membuat Google Analytic seperti berikut:

Langkah pertama: Bizzie masuk ke website GA di https://analytics.google.com/. Kemudian login menggunakan akun Google Bizzie. Lalu, klik Mulai Mengukur.

Catatan: Jika Bizzie sudah memiliki GA sebelumnya di akun ini, klik tombol Admin pada sidebar kiri paling bawah, pada bagian Akun klik Buat Akun.

Langkah kedua: Isi nama akun Bizzie, bebas saja, kemudian gulir ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah kedua– Pilih Web jika akun GA ini diperuntukkan hanya melihat trafik website Bizzie. Gulir lagi ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah keempat – Isi inputan pada kolom yang tersedia lalu klik Buat untuk menyelesaikan pendaftaran web.

  • Nama Situs, bebas saja.
  • URL Situs, pilih http atau https sesuai web Bizzie menggunakan SSL atau tidak, di kolom sebelah kanannya isi sesuai nama URL domain utama website Bizzie tanpa menggunakan http atau https.
  • Kategori Industri, pilih salah satu kategori web Bizzie.
  • Zona Waktu Pelaporan, pilih Indonesia, dan dipilihan sebelah kanan sesuaikan dengan zona waktu Bizzie,
  • Setelah terisi dengan benar, Bizzi telah menyelesaikannya, dan setelah menghubungkan ke web WordPress, Bizzie sudah dapat melakukan cara melihat pengunjung wordpres baik melalui browser maupun aplikasi (Android/IOS) yang dapat Bizzie install pada gadget Bizzie.

Sebagai informasi, Bizzie dapat mendaftarkan banyak website untuk satu akun Google Analytic atau satu akun email Google.

Cara Menghubungkan Google Analytic ke WordPress

Setelah mendaftarkankan web di atas, Bizzie akan mendapatkan kode yang dapat disisipkan pada template WordPress, baik di header atau footer. Kami lebih menyukai menggunakan plugin dalam hal ini karena dengan plugin kita dapat melihat langsung trafik melalui dasbor atau halaman administrator WordPress.

Selain itu, ada pengaturan lain yang diperlukan dan Bizzie dapat baca di Plugin Gratis Keren Penampil Trafik Google Analytics di Dasbor WordPress.

Cara Kedua Melihat Pengunjung WordPress dengan Plugin WP-PostViews

Cara melihat pengunjung wordpress yang akan dijabarkan di dalam artikel ini sangat mudah, bahkan Bizzie yang pemula pun mampu menggunakan cara melihat pengunjung wordpress tanpa menemui kesulitan berarti. Syaratnya, Bizzie hanya perlu melakukannya tepat seperti yang dijelaskan. Berikut adalah cara melihat pengunjung wordpress:

  • Pertama, install dulu Plugin WP-PostViews.
  • Setelah Bizzie menginstall plugin tersebut, lalu aktifkan. Atau setelah Bizzie mendownload silahkan pergi ke Plugins => Add New, kemudian Bizzie klik tab Upload, masukkan file zip WP-PostViews yang tadi Bizzie undub (tidak usah di ekstrak), lalu setelah di upload silahkan Bizzie aktifkan.
  • Setelah plugin WP-PostViews sudah selesai ditempatkan di dalam database blog WordPress Bizzie, maka kemudian Bizzie harus meletakkan kode:

<?php if(function_exists(‘the_views’)) { the_views(); } ?>

di single.php theme editor WordPress Anda tepat sebelum kode:

<?php while (have_posts()) : the_post(); ?>

atau sejenisnya.

  • Berikutnya, silahkan Bizzie klik Update.
  • cara melihat pengunjung wordpress selesai, silahkan Bizzie buka salah satu postingan WordPress Bizzie dan lihat angka yang tertera di bagian sekitar judul postingan.

Mudah sekali bukan? Hal ini merupakan salah satu cara melihat pengunjung wordpress dengan jaminan pembaca yang banyak. Dengan menggunakan cara melihat pengunjung wordpress ini, pembaca Bizzie juga akan mengetahui tulisan mana yang sudah dibaca dengan total yang banyak dan kemudian akan ikut membacanya.

Ini juga pada akhirnya dapat mengukur tingkat popularitas tulisan dan blog Bizzie. Dengan plugin tersebut pula, Bizzie dapat menempatkan tulisan yang paling banyak dibaca berdasarkan angka terbanyak dan menempatkannya di sidebar sehingga lebih mudah ditemukan.

Fitur tersebut juga membantu pengunjung untuk menemukan tulisan mana yang paling banyak dibaca. Fitur itu juga berkaitan dengan penempatan Artikel Populer di sidebar blog Bizzie. Jadi, berdasarkan jumlah total pembaca yang membaca suatu postingan dengan jumlah terbanyak maka postingan tersebut muncul paling atas di daftar tersebut.

Tulis daftar tersebut dengan judul “Artikel Populer” dan sebagainya terserah Bizzie, lalu aktifkan widget tersebut dan tempatkan di sidebar blog Bizzie. Widget-nya sudah tersedia dan tinggal Bizzie aktifkan ketika Bizzie sudah menginstall plugin WP-PostViews. Pada akhirnya, jika Bizzie sudah mengikuti cara-cara di atas dengan baik dan benar, maka Bizzie dan pengunjung blog Anda dapat melihat jumlah total pembaca suatu postingan di WordPress.

Namun berhati-hatilah menggunakan plugin yang terlalu banyak untuk cara melihat pengunjung wordpres ini, karena dapat memberatkan kinerja server hosting Bizzie. Demikian informasi mengenai cara melihat pengunjung wordpres menggunakan GA dan plugin WP-PostViews. Selamat mencoba dan silahkan bagikan artikel ini ke media sosial Bizzie. Sampai jumpa kembali di artikel-artikel berikutnya.

Baca Juga