fbpx

Beberapa Cara Membuat Kategori di WooCommerce Secara Mudah dan Benar 

Pada suatu penelitian pada SMX West pada tahun 2020, untuk kategori produk mengalami peningkatan traffic sampai dengan 413%. Bahkan dengan tingginya persentase tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Jangan sampai untuk bizzie melewatkan potensi atau cara membuat kategori di tersebut. Pada kesempatan kali ini juga akan diberikan beberapa cara membuat kategori pada WooCommerce. Untuk anda yang penasaran dengan beberapa cara membuat kategori di WooCommerce bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Beberapa Cara Membuat Kategori di WooCommerce 

Seperti yang disebutkan pada sebelumnya bahwa ada beberapa cara membuat kategori di WooCommerce. Supaya bisa menerapkan cara yang pertama bisa menggunakan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu memilih menu “product” dan “categories”. 
  • Ketika sudah berada di halaman utama bisa memilih menu “add new category. Di dalam halaman tersebut juga akan diberikan beberapa tampilan kolom yang harus diisi. Untuk beberapa kolom yang harus diisi ini adalah name, slug, parent category, description, display time dan thumbnail. 
  • Pada saat sudah mengisi semua kolom yang tersedia bisa langsung memilih menu “add new category”. Untuk menu ini berada di bawah persis dari menu “thumbnail”.
  • Langkah selanjutnya bisa langsung masuk pada menu “product” an “all product”. Ketika berada di menu tersebut bisa langsung menambahkan beberapa produk yang akan dipilih. 
  • Di saat sudah merasa yakin bisa langsung memberikan klik pada salah satu produk pilihan dan memilih menu “edit”. 
  • Berikan centang atau ceklis pada salah satu kategori yang sesuai dengan produk. Ketika sudah yakin bisa langsung memilih menu “update”. 
  • Tunggu beberapa saat sampai dengan proses sudah selesai, Ketika sudah selesai maka akan secara otomatis menampilkan beberapa kategori produk pada halaman bizzie. 
Baca Juga :  Cara Setting Yoast SEO 2022 (Gampang & Mudah!)

Cara Membuat Kategori di WooCommerce Pada Menu Website 

Setelah menggunakan cara membuat kategori di WooCommerce yang sebelumnya dan berhasil, maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Untuk langkah atau tahap yang bisa dilakukan pada selanjutnya adalah menampilkan kategori. 

Masih sama seperti sebelumnya bahwa ada beberapa cara membuat kategori di WooCommerce yang harus dilakukan. Untuk beberapa cara membuat kategori di WooCommerce adalah:

  • Langkah utama yang bisa dilakukan adalah membuat halaman baru dengan memilih menu “pages” dan “add new”. 
  • Ketika sudah berhasil memilih halaman baru bisa langsung menambahkan kategori. Untuk pemilihan kategori ini bisa dilakukan dengan cara “adblock”. 
  • Apabila sudah yakin bisa langsung memberikan centang pada kategori yang diinginkan. Setelah yakin juga berikan lagi pada menu “done”. 
  • Supaya bisa menampilkan halam pada website bisa memilih menu “appearance” dan “menu” di . Untuk memilih dan menampilkan bisa memilih menu “primary menu. 

Pada halaman tersebut ini harus memilih menu “select a to edit”. Dengan hal tersebut juga dijadikan sebagai alat untuk memastikan menu tersebut sudah akan tampil pada bagian atas halaman website. 

  • Langkah selanjutnya yaitu memilih menu “add menu items” dan “pages”. Setelah itu bisa memberikan centang pada produk yang sudah dibuat pada sebelumnya. 
  • Di saat sudah yakin dengan pilihan produk bisa langsung memilih “save menu”. Untuk menu pilihan simpan ini berada di bagian pojok kanan bawah. 
  • Jika sudah muncul halaman kategori, maka untuk langkah selanjutnya yang bisa dipilih adalah menambah menu di halaman kategori. 

Baca Juga : Panduan Mudah Setting Paypal Woocommerce

Cara Membuat Kategori di WooCommerce Dengan Tambahan Menu

Pada salah satu kategori, biasanya ada beberapa sub kategori yang berisikan mengenai beberapa produk. Produk yang ada di WooCommerce ini hampir serupa, tapi bentuknya berbeda-beda. 

Contoh mudahnya ketika berada di kategori baju, maka ada beberapa sub kategori baju lagi. Untuk sub kategori tersebut adalah baju anak, baju laki atau perempuan dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga :  Apa itu Digital Marketing? Pengertian dan Kelebihannya

Nah, dengan pembuatan menu kategori ini dipergunakan untuk salah satu daya tarik dari kalangan masyarakat. Akan tetapi untuk menggunakan langkah ini ada beberapa cara membuat kategori di WooCommerce yang harus dilakukan yaitu:

  • Langkah pertama bisa langsung saja memilih menu “appearance” dan “menus”, 
  • Setelah itu bisa memberikan klik dan menahan pada kategori yang sudah dipilih. Arahkan lagi untuk kategori ini sampai dengan posisinya menjorok kearah kanan. Bahkan sampai bisa dijadikan sebagai sub item. 
  • Sedangkan untuk langkah yang paling akhir yaitu memberikan klik menu “save menu” . Menu kali ini berada di bagian pojok kanan bawah. 

Beberapa Tips Dalam Menerapkan Cara Membuat Kategori di WooCommerce

Supaya mendapatkan halaman dengan kategori menarik membutuhkan beberapa tips yang bisa diterapkan. Bahkan dengan tips ini dapat mempermudah bizzie untuk menemukan produk di . Beberapa tips yang bisa diterapkan pada cara membuat kategori di WooCommerce adalah:

1. Menambahkan Deskripsi Produk Pada Halaman Kategori 

Tips yang pertama bisa menambahkan deskripsi produk pada halaman WooCommerce. Dengan menambahkan deskripsi pada halaman kategori ini menjadi salah satu hal yang sangat menarik dan tidak monoton atau bosan. 

Apalagi ketika didukung dengan kemampuan copywriting yang ciamik, maka banyak sekali kalangan pengunjung tertarik. Untuk kalangan pengguna yang akan menggunakan tips kali ini bisa menerapkan trik SEO

2. Menggunakan Gambar Unik 

Tentu saja untuk tulisan saja tidak cukup dan harus menambahkan gambar unik sebagai header. Pada saat memberikan header gambar ini harus dilakukan secara relevan atau sesuai dengan produk. 

Dengan hal tersebut bizzie akan mudah untuk memahami isi dari halaman WooCommerce tersebut. Contoh mudahnya yaitu memberikan halaman dengan kategori “men” dan “women”. 

Sekian penjelasan mengenai cara membuat kategori di WooCommerce. Besar harapan dengan penjelasan di atas mengenai cara membuat kategori di WooCommerce dapat membantu bizzie ketika sedang akan terjun di dunia dagang

Baca Juga : Cara Membuat Kategori Produk di WooCommerce yang Menarik Bagi Pelanggan