fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SoftwareTechnology

Bare Metal Server : Inilah Penjelasannya

Yanti puspita

Bare metal server ialah server fisik yang berjalan pada lingkungan komputasi virtual penyedia akses langsung ke perangkat keras fisik tanpa lapisan virtualisasi tambahan. Dalam hal ini, server fisik diperuntukkan hanya untuk satu pengguna atau satu organisasi.

Hal ini berbeda dengan pendekatan virtualisasi yang biasa di temukan pada lingkungan cloud computing, seperti virtual private server (VPS) dan lainnya. Bare metal ini memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan tersebut? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengenal lebih jauh bare metal.

Kelebihan Dari Bare Metal Server

Setelah memahami pengertian dasar bare metal server, sekarang saatnya mendalami lebih jauh konsep ini dan mengapa bare metal menjadi pertimbangan penting dalam menentukan infrastruktur TI yang tepat. Berikut penjelasannya!

Performa dan Keandalan Tinggi

Bare metal server menawarkan kinerja dan keandalan tinggi karena memiliki akses langsung ke server fisik. Dalam lingkungan bare metal, sumber daya komputasi yang tersedia hanya di gunakan oleh satu pengguna atau organisasi.

Hal ini menghasilkan kinerja yang konsisten dan tidak mempengaruhi pengguna lain. Dalam beberapa kasus, seperti aplikasi dengan persyaratan I/O (I/O) yang intensif, bare metal dapat memberikan kelebihan yang signifikan di bandingkan menggunakan jenis layanan cloud lainnya.

Kendali Penuh

Bare metal ini memberi pengguna kendali penuh atas konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang digunakan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan lingkungan sesuai dengan kebutuhan mereka dan memaksimalkan kinerja aplikasi mereka.

Termasuk perlunya menginstal aplikasi pihak ketiga atau virtualisasi server. Selain itu, bare metal juga dapat di sesuaikan untuk kebutuhan yang memerlukan perangkat keras khusus.

Seperti GPU untuk tujuan komputasi intensif atau untuk aplikasi AI dan pembelajaran mesin. Bare metal mungkin merupakan solusi lebih baik karena bare metal server biasanya dapat di konfigurasi dengan GPU.

Lebih Hemat

Meskipun bare metal server mungkin tidak sefleksibel layanan cloud lainnya dalam hal skalabilitas dan fleksibilitas. Ada cara yang dapat kamu gunakan untuk mencapai tingkat skala yang di butuhkan.

Misalnya dengan kombinasi bare metal dan virtualisasi, sumber daya server di virtualisasikan menjadi beberapa server virtual, sehingga penggunaan sumber daya server menjadi lebih efisien. Lalu kamu dapat dengan cepat dan efisien memperluas kapasitas infrastruktur sesuai kebutuhan bisnis.

Lebih Aman Dibandingkan Layanan Cloud Lainnya

Bare metal server menawarkan tingkat privasi yang aman di bandingkan dengan layanan server lainnya. Dengan akses eksklusif ke perangkat keras fisik, pengguna bare metal tidak perlu khawatir dengan “tetangga yang berisik” yang dapat mengganggu kinerja atau mengancam keamanan data mereka.

Isolasi fisik yang di sediakan oleh bare metal menghilangkan risiko intrusi yang mungkin terjadi dari pengguna lain saat menggunakan VPS. Selain itu, bare metal juga memberikan kontrol penuh terhadap konfigurasi keamanan sistem.

Di dalam bare metal, perusahaan memiliki kebebasan untuk mengoptimalkan. Dan menyesuaikan langkah-langkah keamanan sesuai kebutuhan.

Dengan kontrol penuh atas konfigurasi keamanan, perusahaan dapat menerapkan firewall yang kuat, menetapkan pengaturan jaringan aman, dan mengambil langkah keamanan lainnya untuk melindungi data mereka dari potensi ancaman.

Efektivitas Biaya Infrastruktur IT dengan Bare Metal

Bagaimana hubungan bare metal server dengan efektivitas biaya infrastruktur TI? Jawabannya ada pada perbandingan antara penggunaan bare metal dan server mandiri (on-premise). Meskipun server lokal sendiri memiliki sejumlah keunggulan.

Misalnya dalam hal privasi, ada banyak kasus di mana bare metal merupakan pilihan yang lebih efisien bagi pengguna, terutama dari sudut pandang efektivitas biaya. Salah satu aspek utama yang mempengaruhi efektivitas biaya penggunaan bare metal server adalah pola pemanfaatan sumber daya.

Dalam beberapa kasus, ketika aplikasi atau beban kerja memiliki permintaan sumber daya tinggi dan terus-menerus, bare metal dapat menjadi solusi yang lebih hemat biaya di bandingkan server lokal yang memerlukan biaya investasi jauh lebih besar.

Dengan bare metal, perusahaan atau perusahaan dapat menghindari biaya pembelian, biaya pemeliharaan dan pemeliharaan serta biaya lain yang mungkin timbul. Karena penggunaan bare metal yang berjalan di cloud, proses ini biasanya di serahkan kepada penyedia layanan.

Namun, penting untuk di ingat bahwa efektivitas biaya infrastruktur TI tidak berlaku pada semua skenario. Situasi serta kebutuhan bisnis akan mempengaruhi keputusan antara menggunakan bare metal server atau server on-premise.

Sebelum mengambil keputusan infrastruktur TI yang tepat. Penting untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap beban kerja, kebutuhan sumber daya, dan keuangan perusahaan.

Dukungan Bisnis Menggunakan Bare Metal Server

Bare metal server adalah solusi infrastruktur TI yang menawarkan kinerja tinggi, kontrol penuh, dan penyesuaian lebih tinggi. Penggunaan bare metal dapat memberikan efektivitas biaya dalam situasi yang membutuhkan kinerja server tinggi dan konsisten.

Kombinasi cerdas antara bare metal server dan teknologi cloud computing dapat membantu perusahaan mencapai efektivitas biaya infrastruktur TI optimal, sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kami adalah penyedia layanan cloud.

Dengan solusi lengkap untuk membantu bisnis berkembang. Dengan beragam pilihan layanan server, mulai dari hosting, VPS hingga bare metal server dengan berbagai add-on sesuai kebutuhanmu.

Perbandingan Bare Metal Server VS Dedicated Server

Kedua layanan yaitu bare metal server dan dedicated server tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini penting untuk kamu pahami sebelum memilih antara layanan server dedicated atau bare metal. Simak beberapa perbandingannya di bawah ini.

1. Server

Dibandingkan dengan server, Dedicated Server lebih banyak menggunakan server fisik. Hal ini sesuai dengan definisi dedicated server, yaitu server yang dapat memberikan klien kendali penuh atas perangkat keras yang di gunakan.

Jadi kamu dapat menginstal OS apa pun dengan mengontrol semua aktivitasnya langsung dengan perangkat keras server. Kamu dapat mengontrolnya dengan mengubah beberapa konfigurasi seperti RAM, penyimpanan, dll. Namun proses konfigurasi pada Dedicated server memakan waktu lebih lama.

Sementara itu, bare metal cukup menjalankan seluruh konfigurasinya melalui cloud. Jika kamu menggunakan bare metal, pemeliharaan server fisik adalah tanggung jawab penyedia. Sehingga proses instalasi dan konfigurasi pada bare metal dapat di lakukan dengan cepat.

2. Fleksibilitas

Dedicated server lebih fleksibel karena hanya memerlukan akses langsung penuh ke server. Meskipun sulit bagi kamu untuk terhubung ke jaringan cloud. Sedangkan bare metal kurang fleksibel karena akses server di kontrol sepenuhnya oleh penyedia. Namun, bare metal lebih cepat dan mudah untuk kamu sesuaikan.

3. Setup

Membandingkan setup, bare metal akan memberi kamu kinerja lebih cepat. Itu berasal dari komponen perangkat keras logam yang di buat dengan lebih banyak pembaruan dan inovasi. Jadi hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk menginstallnya.

Sementara itu, dedicated server memberi kamu kinerja cepat. Itu tergantung pada kapasitas server dan keterbatasan perangkat keras yang dapat kamu gunakan. Biasanya, dedicated server memerlukan waktu setup hingga 1 x 24 jam, yang lebih lama di bandingkan bare metal.

Sudah tahukan apa itu bare metal server, kelebihan dan beberapa informasi penting di atas? Jika demikian maka kamu tidak perlu bingung mencari lagi informasi mengenai bare metal itu. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Baca Juga