fbpx

Apa itu Yahoo Indonesia ? dan Sejarahnya

Anda pasti penasaran apa itu Indonesia? dan sejarahnya. Yahoo Mail adalah pelopor penggunaan di Indonesia. Bahkan, Indonesia dikenal sebagai negara dengan pengguna Yahoo Mail terbanyak di Asia Tenggara pada puncak ketenarannya di awal tahun 2000-an. E-mail kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern

Dulu, surat menyurat hanya disimpan dalam bentuk fisik, tetapi sekarang telah digantikan oleh email.Sekarang kami membutuhkan lebih dari sekadar amplop dan perangko sebagai alat untuk interaksi sehari-hari. Selain itu, email juga lebih sederhana dan dapat terintegrasi dengan beberapa atau layanan . Namun, pada awal dekade terakhir, Yahoo Mail tampaknya telah tenggelam, kalah dari saingannya jauh sebelum menjadi perusahaan email, Yahoo adalah proyek sekelompok mahasiswa Universitas Stanford. Jerry Yang dan David Filo adalah salah satu pendiri Yahoo.

Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Official Oracle”. Pada tahun 1995 websitenya menjadi terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Pada saat itu, beberapa perusahaan telah berniat untuk berinvestasi di Yahoo, termasuk Apple Computer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems.Kehadiran Google di tahun 1998 awalnya tidak menggoyahkan Yahoo. Namun, ada kejadian tak terduga, yaitu tragedi menara WTC yang menyebabkan saham Yahoo anjlok dan terus jatuh.

Yahoo segera membersihkan diri dan menghasilkan lebih banyak inovasi untuk mempertahankan posisinya. Pada tahun 2005, Yahoo mengakuisisi Flickr, media sosial berbasis berbagi , dan meluncurkan Yahoo Messenger sebagai obrolan antar pengguna. Ini tidak mengarah pada hasil yang manis.

Terlihat pada Juni 2007, Yahoo memiliki masalah internal di dewan, keuangan dan pemasaran. Konflik ini menyebabkan kekecewaan di kalangan investor, yang mengakibatkan arus keluar modal dan memburuknya arus kas Yahoo.Sejak itu, Yahoo mulai menarik diri dari persaingan dan tertinggal jauh di belakang pesaingnya yang sebenarnya berkembang pesat, Google. Terry Semel dan Jerry Yang, dua kepala eksekutif Yahoo, dilaporkan gagal menjalankan perusahaan dan segera mengundurkan diri dari posisi mereka.Carol Bartz mengambil alih sebagai CEO Yahoo pada tahun 2008.

Baca Juga :  5 Tips Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

Baca Juga : Apa itu Webinar? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Pada tahun yang sama, Yahoo menolak tawaran pengambilalihan oleh raksasa perangkat lunak Microsoft. Carol Bartz menganggap penolakan ini sebagai keputusan terburuk dalam karirnya di Yahoo.Tahun 2012 merupakan tahun yang berat bagi Yahoo sebagai perusahaan email. Penolakan Microsoft menyebabkan kepergian Carol Bartz dari Yahoo, yang langsung digantikan oleh Scott Thompson. Itu karena tidak ada perubahan signifikan selama empat tahun masa jabatan Carol.

Hanya empat bulan kemudian, Scott diangkat, dan Marissa Mayer diangkat sebagai chief executive officer Yahoo. Penunjukan itu dilakukan karena Scott diduga memalsukan catatan akademis dan kualifikasi pribadinya saat melamar ke perusahaan Yahoo.Pada 2016, situasi keuangan Yahoo bahkan memburuk hingga merumahkan sejumlah besar . Pada Februari 2016, laporan keuangan Yahoo menunjukkan kerugian sebesar $4,4 miliar. Untuk meminimalkan kemungkinan kebangkrutan, Yahoo mengumumkan pengurangan 15% dalam tenaga kerjanya, setara dengan 1.600 karyawan.

Pada awal 2017, Verizon membeli Yahoo setelah proses penawaran yang sangat panjang yang melibatkan berbagai perusahaan dan sindikat. Operator komunikasi terkenal Verizon Communications akhirnya sepenuhnya memiliki Yahoo sebesar $4,83 miliar.Pada akhir 2019, Yahoo mengumumkan akan menutup salah satu layanannya, Yahoo Group. Ini telah mencegah pengguna Yahoo mengunggah konten ke semua program Grup Yahoo seperti Yahoo Mail dan Yahoo Messenger.

Jadi anda mengetahui apa itu Yahoo Indonesia ? dan sejarahnya.

Baca Juga : Daftar Lengkap Google Trends Terpopuler 2022