fbpx

Apa itu Webinar? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

adalah format acara yang berlangsung secara online dan juga dihadiri secara online. Dengan format ini, siapa pun hanya dengan kamera dan dapat membuat talk show, seminar, diskusi, dan lokakarya.

Webinar merupakan yang efektif itu karena dengan komunikasi yang personal dan interaktif Anda dapat memberikan rasa kedekatan kepada audiens. Tetapi pada saat yang sama Anda melakukannya dengan begitu banyak orang.

Ini memungkinkan strategi pemasaran Anda mencakup kualitas dan kuantitas pada saat yang bersamaan.

Manfaat Webinar

1. Menunjukkan citra yang lebih kompeten dari pesaing.

Sama seperti di situs web, webinar menunjukkan seberapa berpengetahuan dan mampu Anda. Hal ini kemudian membuat Anda tampil lebih serius dan ahli di bidang ini.

2. Kumpulkan petunjuk.

Sama seperti pemasaran , webinar dapat digunakan untuk mengumpulkan nama dan alamat email calon pelanggan. Cara ini memudahkan Anda dalam mengirimkan informasi .

3. Hemat waktu dan biaya iklan.

Membuat acara offline itu mahal. Banyak hal teknis yang perlu dipersiapkan. Begitulah, belum tentu acara offline lebih sukses. Jika anggaran periklanan Anda terbatas, webinar adalah solusi tepat untuk periklanan yang lebih efisien.

4. Meningkatkan kesadaran merek perusahaan Anda.

Webinar adalah media yang sempurna untuk berbagi keunggulan Anda. Anda dapat menggunakan media yang sama untuk memberikan informasi dan tips yang berguna kepada pelanggan.

Baca Juga Berikut : Apa Itu Afiliasi? Pengertian dan Cara Kerjanya

5. Hadirkan nilai lebih di calon pelanggan.

Seperti gratis dalam bentuk e-book atau daftar periksa, webinar adalah cara yang bagus untuk mendidik pelanggan. Semakin banyak orang merasakan manfaat merek, semakin mereka terlibat dan merasa perlu

Baca Juga :  Sejarah Komputer Generasi Kelima, Ini Penjelasannya

6. Kumpulkan saran dan umpan balik.

Dilengkapi dengan banyak fitur interaktif seperti obrolan, polling, polling, kuis, dan integrasi dengan Twitter, Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan audiens Anda secara instan.

Tentu saja, ada banyak manfaat menjadi pembuat webinar. Salah satunya adalah menjadi tempat dimana produk yang ingin dipasarkan akan dipasarkan, sehingga produk tersebut akan lebih dikenal dan peluang untuk membentuk relasi baru akan lebih besar.Karena tidak semua webinar bertujuan untuk memasarkan suatu produk, ada banyak webinar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau berbentuk lokakarya.

Menjadi tempat dimana Anda bisa memasarkan produk yang ingin Anda pasarkan agar produk tersebut lebih banyak ekspos dan kesempatan untuk membangun relasi baru semakin meningkat. Karena tidak semua webinar bertujuan untuk memasarkan suatu produk, ada banyak webinar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau berbentuk lokakarya.

Salah satu manfaat yang didapat presenter dari webinar adalah peningkatan jam terbang sebagai presenter. Selain itu, moderator juga dapat meningkatkan keterampilan berbicara atau berbicara di depan umum. Manfaat lainnya adalah Anda bisa berbagi ilmu agar lebih bermanfaat.

Cara Kerja Webinar

Seperti yang Anda ketahui, webinar adalah seminar atau kegiatan yang dilakukan secara online. Oleh karena itu, proses kegiatan juga dilakukan secara online. Setelah peserta mendaftar, panitia akan menghubungi peserta untuk memberikan akses atau materi yang akan digunakan selama webinar.

Berbeda dengan seminar yang harus datang ke tempat, webinar bisa dilakukan dimana saja. Namun, webinar juga memiliki sistem yang sama dalam hal aktivitasnya. Semuanya berjalan seperti seminar, ada pembukaan, puncak acara, hiburan, waktu istirahat hingga akhir.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu Domain Forwarding? Pengertian dan Fungsinya

Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Baca Juga :  5 Teknik SEO yang Wajib Diperhatikan Untuk Tingkatkan Rangking Blog