fbpx

Apa Itu Ubuntu? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang dikenal karena kemudahan saat menggunakannya. Karena linux merupakan open source, maka sistem operasi linux dapat terbilang sangat banyak yang telah dikembangkan oleh developer yang masing-masing disesuaikan dengan fungsinya.

Linux sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dapat dikatakan mirip dengan UNIX. Linux dapat terbilang sebuah sistem operasi yang cukup populer dan digunakan oleh banyak pengguna karena bersifat terbuka dan gratis untuk siapapun. Tidak hanya digunakan pada komputer atau smartphone, linux juga dapat digunakan di perangkat keras lainnya seperti mobil, desktop, server perusahaan hingga peralatan rumah tangga.

Salah satu distribusi linux dengan basis merupakan Ubuntu ini sendiri. Sistem operasi open source ini dapat anda unduh dengan gratis. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2004. Sejarah Ubuntu berasal dari filosofi Afrika Selatan dengan makna mewujudkan kepercayaan pada ikatan sehingga dapat menghubungkan semua manusia, Ubuntu diharapkan dapat menghubungkan semua interaksi manusia.

Karena dikatakan lebih aman daripada sistem operasi Windows, maka itu bagi anda pengguna yang takut apabila komputer anda memiliki masalah dengan keamanan atau malware yang umumnya menyerang windows, anda tidak perlu khawatir lagi apabila anda menggunakan sistem operasi ini.

Manfaat Penggunaan

Selain aman dari virus dan juga malware, keuntungan lainnya yang dapat anda dapatkan adalah penggunaannya gratis dan juga tidak memerlukan lisensi lagi. Namun masih banyak keuntungan dari menggunakan sistem operasi Ubuntu ini, dibawah ini anda dapat melihat kegunaan Ubuntu lainnya.

Proses Pengunduhan yang Mudah

Proses pengunduhan sangat mudah untuk dijalankan, anda dapat boot linux melalui USB flash ataupun melalui CD. Anda tidak perlu untuk melakukan perubahan pada hard drive anda dan linux akan tetap melakukan boot dengan baik. Selain itu, anda juga dapat mengunduhnya pada hardware kuno dan linux akan bekerja tanpa ada masalah, berbeda dengan sistem operasi lainnya.

Baca Juga :  Apa Itu Web Server dan Fungsinya? Yuk Simak Ulasannya

Memiliki Banyak Editor Teks

Ada berbagai macam editor teks yang tersedia pada sistem operasi Linux. Anda dapat memilih paket hardware gratis apapun seperti kode studio visual, Atom, Vim, dan lainnya apabila anda merupakan seorang programmer. Anda dapat menggunakan sebagian beda dari editor teks yang sudah tersedia secara gratis tanpa ada masalah apapun.

Banyak Browser Internet Modern

Apabila anda bekerja dengan menggunakan chrome atau firefox sebagai penunjang dari pekerjaan anda, maka anda juga dapat menggunakan web browser terbaik selain dari google chrome atau firefox di sistem operasi ini. Penggunaan Explorer atau browser lainnya juga dapat didukung oleh Linux tanpa adanya hambatan.

Mencegah Malware

Pada internet, malware dan juga virus dapat tersebar dan masuk ke PC anda hanya melalui web apapun ataupun melalui unduhan yang tidak anda sengaja. Namun sistem operasi Ubuntu ini dapat menghadapi potensi dari bahasa virus dan malware bahkan tanpa anti virus. Karena salah satu kelebihan Ubuntu ini, kebanyakan orang memilih untuk tidak mengunduh software anti virus lagi karena penggunaan sistem operasi ini terbilang sudah sangat efektif untuk mencegah virus dan malware.

Cara Penggunaannya

Sangat sederhana untuk anda menggunakan dan mengunduh sistem operasi Linux ini, pertama anda perlu untuk mengikuti dari cara Ubuntu dibawah ini:

  • Yang pertama adalah dengan masuk ke situs resminya pada browser di PC anda.
  • Selanjutnya, klik tulisan download yang berada di bagian kanan halaman.
  • Jika sudah di klik, tunggu hingga unduhan selesai.
  • Terakhir buka file yang sudah di unduh lalu lakukan instalasi pada komputer atau laptop anda.  

Lantas setelah anda mengunduh linux ini. Untuk menggunakannya ada dapat melihat langkah-langkah dibawah ini.

  • Ujilah perangkat keras dengan “Live CD” yang telah tersedia. CD ini membantu anda apabila anda tidak yakin untuk memasang sistem operasi kedua dalam komputer anda.
  • Kembali lakukan tugas yang biasa anda lakukan. Apabila anda tidak dapat memproses kata atau membakar CD, carilah solusi untuk hal-hal tersebut.
  • Pelajari lagi distribusi dari Linux. Distribusi merupakan kumpulan dari informasi yang berjalan di atas program kecil bernama kernel atau inti Linux.
  • Pertimbangkan percepatan ganda untuk membantu anda memahami partisi selagi anda menggunakan windows. Pastikan juga bila anda sudah melakukan backup pada semua data pribadi anda sebelum melakukan pengebutan ganda ini.
  • Biasakan diri anda untuk menginstall dan uninstall perani lunak, anda dapat lebih mudah memahami linux apabila sudah paham dengan manajemen paket dan juga repository.
  • Belajar untuk menggunakan antarmuka command line atau dikenal dengan terminal, terminal window ataupun shell. Terminal merupakan sekutu yang kuat tanpa batasan command prompt windows.
  • Biasakan diri anda dengan menggunakan sistem berkas atau file system dari linux, semua sistem berkas dan hard drive akan diakses melalui /dev dan bukan lagi direktori C:\ yang biasanya ada pada windows.
Baca Juga :  Computational Thinking : Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya

Melalui artikel ini, anda dapat terus belajar untuk menggunakan sistem Linux Ubuntu ini yang penggunaannya dapat menunjang aktivitas harian anda sebagai pekerja kantoran atau pebisnis .