fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

Mengenal Apa Itu RDP dan VPS Beserta Funsginya

Rianda

Informasi terkait apa itu RDP dan VPS tentu menjadi hal penting yang perlu diketahui bagi seseorang yang tengah bergelut dalam dunia web hosting. Pada dasarnya melalui informasi ini nantinya pengelolaan web pun bisa dilakukan lebih maksimal.

Namun, dua sistem ini memiliki fungsi ataupun kegunaan yang berbeda. Hal ini tentu juga menjadi informasi yang perlu diketahui supaya nantinya penggunaan sistem pun bisa dilakukan dengan maksimal. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan RDP serta VPS? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahui kegunaannya.

Mengenal RDP dan VPS

Seperti yang diketahui bahwasannya dalam dunia internet memang memiliki berbagai macam hal yang perlu diselami. Khususnya bagi seseorang yang memang membutuhkan internet sebagai media untuk mempromosikan bisnis atau bahkan untuk pekerjaan sekalipun.

RDP serta VPS adalah bagian dari sistem yang harus diketahui dari pengelolaan internet tersebut. Melalui dua sistem ini nantinya pengelolaan dalam suatu perangkat komputer pun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tentunya dengan adanya dua sistem ini, maka nantinya pekerjaan pun bisa lebih cepat dalam dikerjakan.

Pada dasarnya mengetahui apa itu RDP dan VPS memang sangat penting diketahui di era modern yang rasanya hampir semua kegiatan akan membutuhkan dukungan dari sistem canggih ini. Apalagi bagi seseorang yang bekerja dalam waktu dan pengelolaan internet untuk bisnis lebih lancar.

Namun, pada dasarnya dua sistem ini pun memiliki perbedaan makna dan fungsi yang tentunya perlu diketahui. Pada umumnya RDP sendiri merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada perangkat. Hal ini bahkan bisa dilihat melalui kepanjangan dari RDP sendiri yaitu Remote Desktop Protocol.

Hal ini berbeda dengan VPS dimana VPS sendiri merupakan suatu sistem yang digunakan untuk menyimpan data. Virtual Private Server atau VPS ini sendiri digunakan untuk melakukan pengelolaan pada suatu website supaya bisa dijalankan tanpa adanya hambatan dengan penyimpanan besar yang disediakan.

Mengenal Fungsi RDP serta VPS

Apabila sebelumnya telah mengetahui secara singkat terkait apa itu RDP dan VPS, maka mengetahui apa fungsi dari dua sistem ini tentunya juga penting. Bila dilihat lebih mendalam sebenarnya fungsi dari dua sistem ini dapat dilihat melalui pengertian singkat yang ditampilkan.

Namun, tentu akan ada perbedaan fungsi yang lebih mendetail terkait dua sistem tersebut. Lalu, apa saja fungsinya? Mari simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh terkait fungsi dari sistem RDP dan VPS:

1. Fungsi RDP

RDP akan menjadi informasi pertama yang dapat diketahui fungsinya dalam dunia website maupun sistem dalam aktivitas internet. Lalu, apa saja fungsi dari RDP ini? Berikut beberapa poinnya:

  • Melalui RDP ini nantinya seseorang bisa mengunduh atau pun mengunggah file dalam ukuran besar dan tentunya dengan kecepatan internet yang cukup baik mencapai 1000 Mbps.
  • RDP bisa digunakan untuk menjalankan aktivitas dalam suatu perangkat lain meskipun dalam jarak jauh. Namun, tentu dengan ketentuan bahwa perangkat sudah tersinkronisasi dengan RDP.
  • Kecepatan dalam sistem RDP menawarkan kecepatan terbaik sehingga aktivitas pengunduhan file tidak akan terganggu.

2. Fungsi VPS

Apabila sebelumnya telah mengetahui fungsi dari RDP, maka informasi terkait fungsi dari VPS adalah informasi berikutnya yang perlu diketahui. Umumnya fungsi dari VPS pun akan memiliki perbedaan mendasar pada beberapa poin seperti berikut:

  • Melalui VPS ini nantinya pengguna bisa melakukan pengelolaan server secara penuh dan tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain.
  • VPS ini bisa menjadi sistem yang dapat mengamankan data dari setiap perangkat sehingga tidak perlu takut akan adanya kebocoran data.
  • Pada VPS sendiri nantinya pengguna akan memiliki kendali akses secara penuh dimana hal ini juga menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem lain.

Itulah tadi sekilas informasi terkait apa itu RDP dan VPS yang tentunya sangat penting diketahui untuk membantu aktivitas dalam komputer supaya lebih optimal. Tentunya dalam pemanfaatannya nantinya pengguna bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan dari aktivitas internet.

Baca Juga