fbpx

Apa itu Proxy? Pengertian dan Fungsinya

adalah sistem yang menjadi perantara antara pengguna dan untuk menyembunyikan identitas pengguna yang sebenarnya, sehingga yang dikirim ke tujuan menggunakan alamat IP proxy dan bukan alamat IP pengguna.


Untuk memenuhi tugasnya, proxy membutuhkan server, yang disebut server proxy. Server proxy adalah layanan yang menyediakan layanan proxy, yang dapat berupa perangkat atau tertentu, dan digunakan untuk memproses permintaan menggunakan proxy.


Identitas pengguna dan alamat IP disembunyikan dengan proxy. Dalam praktiknya, proxy terutama digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs web yang telah diblokir di wilayah tertentu. Banyak perusahaan dan toko juga dapat menggunakan proxy untuk membangun jaringan perusahaan tertutup.


Server proxy biasanya terletak di antara komputer lokal dan jaringan Internet. Tanpa server proxy, informasi dari komputer Anda terlebih dahulu melewati router penyedia layanan internet (ISP) Anda dan kemudian ke server situs web yang Anda coba kunjungi.


Jadi ketika Anda mengakses situs web, permintaan Anda dikirim ke server proxy untuk diproses. Kemudian request yang datanya telah dimodifikasi diteruskan ke target. Dengan cara ini situs web benar-benar melihat alamat IP server proxy, bukan alamat IP Anda.
Proxy sendiri memiliki beberapa fitur utama yang berguna bagi penggunanya.

Fungsi proxy saat menggunakan Internet tercantum di bawah ini :

1. Mengontrol Penggunaan Internet Anak

Untuk melindungi penggunaan Internet anak-anak, orang tua dapat membatasi akses Internet anak-anak mereka menggunakan server proxy untuk mengakses situs web tertentu melalui perangkat mereka. Dengan cara ini, anak-anak bisa lebih terkontrol agar tidak mengakses situs-situs berbahaya.

Baca Juga :  Cara Menambah Kapasitas Upload Wordpress di Website

2. Kurangi Bandwidth

Pengguna bisa mendapatkan bandwidth dan internet yang lebih baik dengan server proxy. Server proxy juga dapat digunakan untuk cache web, yang dirancang untuk menyimpan salinan situs web lokal, terutama untuk situs web yang sering dikunjungi.

Baca Juga Artikel Berikut : Daftar Web Proxy Gratis Terbaik [Terbaru]

3. Memberikan Perlindungan Tambahan

Baik individu maupun organisasi dapat menggunakan server proxy untuk koneksi yang lebih aman saat menjelajahi Internet.

Tentu saja, sangat penting bagi setiap perusahaan atau otoritas untuk memiliki sistem yang menjamin keamanan data agar data sensitif tidak diteruskan ke pesaing atau negara lain.

4. Akses ke Situs Web yang Diblokir

Server proxy juga dapat digunakan oleh pengguna untuk membuka situs web yang diblokir pemerintah. Ini karena, seperti yang dijelaskan sebelumnya, permintaan yang dikirim melalui proxy melewati server proxy dan bukan server ISP yang mungkin dikendalikan oleh pemerintah.

5. Tingkatkan Keamanan Pengguna

Server proxy memiliki fitur untuk mencegah situs web merekam alamat IP asli Anda karena situs web mendeteksi alamat IP server proxy. Jadi, menggunakan server proxy sama dengan menghubungkan secara online secara anonim. Ini mengasumsikan bahwa alamat IP Anda diketahui banyak orang. Seperti disebutkan sebelumnya, alamat IP dapat memberikan informasi tentang negara dan kota asal Anda.

6. Pemantauan Lalu Lintas

Proxy dapat digunakan untuk memonitor pengguna internet yang mengakses apapun. Ini sangat cocok diterapkan di institusi pendidikan dan perusahaan untuk memantau penyalahgunaan internet.

Anda dapat menggunakan server proxy untuk menyembunyikan beberapa informasi perangkat saat menjelajah internet, lokasi pengguna dan alamat IP. Tentu masih ada fitur lain yang akan dijelaskan dalam ulasan ini.
Bahwa tidak semua server proxy membuat pengaturan yang sama. Konfigurasi server proxy juga dapat dilakukan dengan mudah, sehingga memudahkan pengguna baru untuk mengikutinya.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa Itu Proxy Server? Pengertian dan Fungsinya