fbpx

Apa Itu Proxy Server? Pengertian dan Fungsinya

Ingin tahu apa itu Proxy ? Kamu berada di jalur yang tepat. Proxy server merupakan sistem yang berfungsi untuk menjaga keamanan saat berselancar di .

Bekerja sebagai perantara , proxy akan melakukan permintaan dan penerimaan informasi dari website ke perangkat yang kamu gunakan.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih ini membuat akses internet semakin cepat secara bebas. Namun kamu harus tahu mengenai bahaya yang menyertainya, terlebih mengenai keamanan data dan kasus pencurian identitas.

Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan saat menjelajah ? Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan server proxy.

Pengertian Server Proxy

Apa itu Proxy Server? Ialah sebuah yang berfungsi sebagai perantara antara kamu dengan server tujuan. Jadi pada saat mengakses internet, kamu tidak akan langsung terhubung dengan websiter tersebut melainkan terhubung melalui server perantara.

Melalui proxy maka aktivitas internet akan lebih aman karena informasi asli kamu sudah disamarkan oleh proxy. Hal ini bertujuan agar data diri kamu tidak mudah dibobol oleh kenakalan hacker.

Kamu juga bisa menggunakan proxy server saat mengadakan sebuah . Semua koneksi bisa diatur sesuai pengaturan gateway yang sudah kamu tetapkan. Diharapkan tidak ada penyusup yang menyerang dari luar.

Secara umum ada 4 cara froxy server. Lebih lengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

Baca Juga :  Teknik SEO untuk Meningkatkan Peringkat dan Traffic

Masking

Proxy server berperan untuk menyembunyikan identidas terutama alamat IP. Nantinya saat terjadi pertukaran data melalui gateway, alamat IP akan diganti sehingga website tidak tahu alamat IP yang asli.

Filtering

Filtering disini adalah memilah informasi yang masuk. Jadi semua informasi yang menggunakan internet akan disaring sehingga tidak sampai ada malware atau virus yang masuk.

Caching

Proxy server berperan untuk menyimpan data sementara di servier. Sehingga kamu bisa mengakes kembali data yang disimpan sebelumnya. Semua data disimpan sementara berbentu cache.

Connection sharing

Proxy server berperan sebagai terminal. Dalam hal ini jika sebuah perusahaan sudah menggunakan proxy, maka semua bisa akses internet melalui satu jalur. Sehingga antar akan saling bagi akses dari server yang sama.

Manfaat Menggunakan Proxy Server

Setelah mengetahui Apa itu Proxy Server, selanjutnya akan dijelaskan mengenai apa saja manfaat menggunakan Proxy Server. Berikut ini manfaat banyak individu dan perusahaan yang menggunakan proxy server.

Mengontrol penggunaan internet bagi anak-anak dan karyawan

Setiap perusahaan atau organisasi, pasti memiliki ketentuan dan melarang karyawannya untuk menggunakan internet membuka tertentu. Sehingga semua karyawan tidak boleh menggunakan internet untuk tujuan tertentu di luar kebutuhan perusahaan.

Selain itu bisa digunakan untuk orang tua dalam memonitor aktivitas anak saat berselancar di internet. Sehingga anak-anak yang masih dibawah umur tidak mengunjungi website terlarang.

Privacy terjaga

Bagi perusahaan dan setiap individu pastinya memiliki kerahasiaan tertentu. Nah, dengan menggunakan proxy maka kerahasiaan data pribadi akan terjaga.

Kemampuan proxy server dalam mengubah alamat IP membuat server website tidak bisa mengakses data pribadi pengguna.

Meningkatkan kecepatan dan menyimpan bandwidth

Penggunaan proxy server ini memiliki kemampuan untuk menyimapan cache. Jadi ketika kamu akan mengunjungi data dari website yang sudah pernah dikunjungi, kamu tinggal membuka penyimpanan.

Baca Juga :  Cara Membuat Live Chat di Website dengan Mudah

Nah, dengan adanya penyimpanan cache ini bisa meningkatkan kecepatan website.

Bisa akses ke konten yang diblokir

Kelebihan menggunakan proxy server adalah kamu bisa mengakses semua konten yang sudah diblokir.

Baca Juga : Apa Kegunaan Hosting Untuk Website Bisnis Anda

Salah satunya kamu bisa mengakses website yang berasal dari negara lain, sehingga kamu bisa mengakses semua website dari semua negara.

Sistem keamanan yang terjaga

Keberadaan proxy server ini selain menjaga kerahasiaan data juga bisa meningkatkan keamanan. Salah satunya bisa menjaga rahasia data transaksi dan mencegah akses pada situs malware.

Selain itu kamu juga bisa menghubungkan proxy server ke VPN untuk mengakses internet lebih jauh.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu Proxy Server, sistem kerja, dan manfaatnya. Silahkan untuk menggunakan proxy server sesuai kebutuhan dan tetap memperhatikan keamanan data pada saat berselancar di internet.