fbpx

Apa Itu Hosting Unlimited, Bagaimana Cara Memilihnya?

Ketika  membuat website yang dapat dikunjungi pengguna internet, tentunya Anda memerlukan hosting dan sebagai alat bantu. Dalam dunia hosting, salah satu yang mungkin pernah Anda dengar adalah . Banyak orang yang mungkin masih bingung bagaimana  memilih hosting unlimited yang tepat dan cocok untuk website. 

Pada kali ini, kami akan membahas berbagai hal tentang hosting unlimited, baik apa itu hosting unlimited dan bagaimana cara memilih yang tepat dan sesuai dengan website yang dimiliki. 

Apa itu Hosting Unlimited?

Hosting unlimited adalah salah satu layanan hosting dimana tidak adanya batasan terhadap penggunaan disk space  hosting tersebut. Hosting ini merupakan layanan shared hosting dari Dewabiz yang di dalamnya tersedia resource tanpa batas. Karena termasuk layanan shared hosting, artinya Anda harus berbagi dengan para pengguna lain.

Dengan kata lain, walaupun memiliki resource atau sumber daya tanpa batas namun terdapat pembatasan lain yang dilakukan yaitu dengan system inodes dan beberapa syarat lainnya. Sistem ini sendiri adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan daya tentang file hosting. Jadi inodes adalah banyaknya file dan folder dalam hosting. 

Untuk memahami lebih mudah tentang hosting unlimited, Anda dapat menganalogikannya dengan sebuah rumah. Anda akan tinggal dengan beberapa keluarga, seperti orang tua dan saudara. Di dalam rumah, Anda tentu berbagi fasilitas dengan penghuni lainnya. 

Nah, rumah tersebut ibarat sebuah server, satu perangkat digunakan bersama-sama dengan anggota lainnya. Sebab tinggal bersama dalam satu wadah, Anda dan pengguna lainnya akan berbagi fasilitas server, seperti penyimpanan, kecepatan, dll. Jika salah satu pengguna memiliki aktivitas lebih tinggi, maka hal tersebut dapat berpengaruh kepada pengguna lainnya. 

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sekolah Termudah

Karena Hosting unlimited adalah layanan shared hosting makan hosting tersebut paling cocok digunakan untuk Anda yang baru saja merintis website dan belum terlalu membutuhkan spesifikasi tinggi. Sebab, biasanya orang yang baru pertama kali membuat website belum membutuhkan bandwidth, RAM, dan kapasitas penyimpanan yang besar. 

Bagaimana Cara Memilih Paket Hosting Unlimited yang Tepat?

Dalam memilih paket hosting yang akan Anda gunakan, tentu Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Sebab tak mudah menentukan paket hosting yang cocok untuk website yang Anda miliki. Biasanya, penyedia paket hosting memiliki banyak pilihan paket untuk ditawarkan. Tak heran banyak orang yang bingung mana yang cocok dan memang dibutuhkan untuk websitenya.

 Nah tenang saja, kami memiliki beberapa tips untuk menjadi salah satu Anda untuk memiliki paket hosting unlimited. Setidaknya terdapat 4 faktor yang dapat Anda perhatikan, Simak selengkapnya berikut ini:

Baca Juga : Perbedaan Hosting Berbayar dan Gratis, yang Wajib Diketahui

1. Mengetahui Terlebih Dahulu Hosting Website yang Anda Butuhkan

Pertama, Anda harus mempertimbangan tujuan dari website Anda, misalnya website pribadi, toko , developer atau website lainnya. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda kira-kira bisa mengetahui ukuran daru website yang Anda punya. Di mana, ukuran dari suatu website bergantung pada file jenis apa yang ada di dalamnya.

Ketika tujuan Anda website pribadi, pengolahannya tentu paling fleksibel. Entah mau diisi dengan informasi terkait kuliner, , review barang, maupun informasi lainnya. Nah, untuk website jenis ini, terdapat dua rekomendasi paket hosting yang cocok digunakan, yaitu paket pelajar dan paket person. 

Namun, diantara kedua tersebut, lebih disarankan untuk menggunakan paket person sebab dari segi harga lebih murah dan fasilitas yang didapatkan pun lebih lengkap. Sehingga jika Anda ingin mengubah website dengan domain lain, maka Anda tidak perlu terpaku pada batasan  jumlah addon domain. 

Baca Juga :  Cara Kerja Mail Server dan Manfaatnya untuk Bisnis

Jika tujuan Anda website toko online atau website dengan skala lebih besar, tentu Anda memerlukan kapasitas yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas dibanding website pribadi. Maka paket yang paling cocok untuk Anda gunakan adalah paket

Dengan menggunakan paket bisnis, dapat menampung setidaknya 180.000 traffic per bulan. Paket ini jyga biasanya memiliki unlimited disk space sehingga lebih lowong dalam menyimpan data. Terdapat fitur backup dan restore data serta layer keamanan lebih terjamin. 

2. Pilih Paket Sesuai Dengan Budget yang Anda Miliki

Hal lai yang perlu Anda pertimbangkan adalah budget yang Anda miliki. Tentu untuk mendapatkan hosting, baik itu limited maupun unlimited, Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Meskipun memiliki budget yang minim, tentu Anda menginginkan hasil yang optimal. 

Jadi Anda bisa memilah-milah paket mana yang cocok untuk budget yang Anda miliki. Bandingkan rincian dan spesifikasi yang ditawarkan di setiap paket sesuai dengan budget Anda. Perhatikan fitur tambahan yang dimiliki, kebijakan garansi, dan tentu perlu juga mengecek review

3. Mengetahui Lokasi Server yang akan Digunakan

Pada sebuah webhosting, tentu memiliki lokasi server masing-masing. Semakin dekat lokasi server yang digunakan pengunjung untuk mengakses sebuah website, maka kecepatan aksesnya pun akan semakin lancar. Walaupun tentu ada faktor lain yang juga mempengaruhi lancar tidaknya akses terhadap website tersebut. 

Secara umum, setidaknya terdapat 3 server yang sering digunakan dalam hosting, yaitu untuk lokasi server Indonesia disebut Hosting IIX, kemudian lokasi server singapura disebut hosting SG, dan hosting USA yang lokasi servernya di Amerika Serikat. 

Itulah berbagai penjelasan singkat terkait unlimited hosting dan tips bagaimana menentukan hosting yang sesuai dengan keperluan Anda. Pertimbanga-pertimbangan di atas semoga dapat membantu para pemilik website agar lebih mudah menentukan pilihan. 

Baca Juga : Tips Memilih Hosting yang Baik untuk Website Anda