fbpx

Perbedaan Hosting Berbayar dan Gratis, yang Wajib Diketahui

Jika Anda ingin membuat portal , ada pilihan hosting yang bisa Anda pertimbangkan, yakni versi berbayar dan gratis. Lantas, apa sebenarnya perbedaan hosting berbayar dan gratis? Apa keuntungannya menggunakan hosting berbayar?

Perbedaan Hosting Berbayar dan Gratis

perbedaan hosting berbayar dan gratis

Berikut beberapa perbedaan dari layanan produk web hosting berbayar dan yang versi gratis.

1. Dukungan Teknis

Perbedaan web hosting berbayar dan gratis pertama terletak pada dukungan teknis. Jika Anda memilih hosting yang versi berbayar, Anda akan mendapatkan dukungan teknis (technical support) secara penuh.

Pihak hosting provider umumnya menyediakan tim teknis untuk membantu klien yang mengalami masalah atau gangguan teknis.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika situs mengalami down atau tidak bisa diakses. Tinggal laporkan saja kepada tim technical support, mereka akan segera menangani masalah website Anda.  

Sebaliknya, untuk layanan hosting versi gratis, tidak tersedia dukung teknis dari platform pembuat website.

Jika website mengalami masalah, misalnya pada tampilannya atau situs tidak bisa diakses. Anda tidak bisa komplain kepada pihak web provider. Anda harus berusaha sendiri untuk memperbaikinya.  

2. Kualitas Server Website

Dari sisi kualitas, hosting berbayar pastinya sangat terjamin. Tak rugi jika Anda memilih menggunakan website berbayar. Beberapa keuntungan yang akan didapat, antara lain spesifikasi , lokasi, serta jaminan kualitas.

Keuntungan lainnya, ada banyak opsi paket server yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya paket shared hosting hingga paket server untuk kebutuhan traffic besar.

Baca Juga :  Cloud VPS VS Cloud Hosting, Manakah yang Sesuai Bisnis Anda?

Bagaimana dengan kualitas server website di hosting gratis?

Jangan banyak menuntut akan mendapatkan server dengan kualitas terbaik jika Anda menggunakan web hosting versi gratis.

Pastinya, kualitas server website yang tersedia sangat terbatas. Provider tidak menyediakan pilihan server website berkualitas sesuai yang Anda inginkan.

Untuk hosting gratis, server yang tersedia biasanya ada di luar negeri. Seperti Blogspot.com dan Wordpres.com, dua platform ini menyediakan akses server hosting di luar negeri.

3. Keamanan Data Pengguna

Satu lagi perbedaan hosting berbayar dengan versi gratis terletak tingkat keamanannya. Untuk versi berbayar tentu memiliki tingkat keamanan yang tinggi. dan informasi pengguna, misalnya, sudah pasti terjamin keamanannya.

Untuk itu, jika Anda pelaku atau profesional, memilih platform web hosting berbayar adalah pilihan tepat. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih hosting berbayar.  

Hal yang tidak akan didapatkan untuk yang lebih memilih web hosting gratisan. Dari sisi keamanan, provider web hosting tidak menjamin adanya keamanan data dan informasi yang ada di website.

Anda pun tidak bisa komplain jika file, data, atau informasi tiba-tiba hilang dari tampilan di website. Bisa jadi, pihak provider menghapus data Anda tanpa sepengetahuan Anda.

4. Kelengkapan Fitur Website

Perbedaan web hosting berbayar dengan yang gratisan juga bisa Anda lihat pada kelengkapan fitur website-nya.

Untuk hosting versi berbayar tentu memiliki fitur website yang lengkap. Anda bisa memilih aneka fitur yang tersedia di paid hosting sesuai yang diinginkan.

Kondisi yang sangat berbeda Anda menggunakan hosting versi gratisan. Selain fitur yang sangat terbatas, Anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan pihak penyedia platform website gratis ini.

Baca Juga :  8 Aplikasi Editing Video untuk Tablet dan Smartphone

Sebagai contoh, di platform WordPress.com, Anda tidak bisa menggunakan fitur . Anda pun tidak bisa sesuka hati berkreasi mengubah tampilan website di Blogger.com dan WordPress.com, karena terikat dengan aturan layanan.

5. Opsi Monetisasi Iklan

Perbedaan terakhir antara hosting berbayar dengan gratis ada pada opsi monetisasi iklan. Untuk web hosting berbayar, masalah ini hampir tidak ada kendala. Anda bisa memasang iklan, misalnya, iklan Google .

Sebaliknya, jika Anda menggunakan hosting gratis, Anda tidak bisa memasang iklan di website Anda. Platform WordPress.com tidak mengizinkan para blogger gratis untuk memasang iklan Google Adsense, dll.

Itulah 5 perbedaan hosting berbayar dan gratis. Jika Anda membutuhkan web hosting berbayar dengan harga terjangkau, Anda dapat menghubungi DewaBiz  untuk layanan terbaiknya.