Apa Itu Domain? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Domain? Berikut Penjelasannya!

Pernahkah Anda bertanya apa itu domain? Yes, Anda bisa menemukan penjelasannya dalam artikel ini. Internet itu ibarat alam semesta, dimana didalamnya ada banyak rumah. Nah rumah di ‘semesta digital’ ini ada banyak jenisnya, salah satunya yaitu website. Ya betul sekali, website ini bisa diibaratkan sebagai rumah, dimana ada bagian-bagian yang menyertainya. Salah satu bagian terpenting dari website yaitu domain. Jika Anda belum paham apa itu domain, Anda bisa menemukan informasinya dalam artikel ini!

Apa Itu Domain? Mari Kita Simak Penjelasannya!

Jika Anda masih bingung apa itu domain, maka kami akan memberikan definisi yang paling mudah untuk dimengerti. Sederhananya, domain merupakan alamat website yang ada di internet. Agar orang-orang bisa mengakses website yang ada di internet, maka website tersebut butuh alamat. Nah alamat inilah yang disebut domain. Namun berbeda dengan alamat yang ada di dunia fisik yang mana penamaannya cukup panjang, alamat website ini penamaannya pada umumnya singkat seperti www.dewabiz.com.

Bagaimana? Sampai sini sudah cukup paham bukan, apa itu domain? Tapi tunggu dulu, ada banyak aspek lain yang mesti Anda ketahui tentang domain. Perlu Anda ketahui, fungsi domain bukan hanya sebagai alamat. Domain juga bisa menjadi senjata marketing dan branding yang sangat ampuh. Mengenai fungsi lain domain selain alamat website, akan kami bahas agak belakangan.

 

Definisi Domain Dari Sisi Teknis

Domain memang hal yang sangat lumrah, namun masih banyak orang yang belum bisa memahami domain dari segi teknis. Misalnya, masih banyak yang menyamakan domain dengan URL dan IP address. Padahal ketiganya berbeda, meskipun ada hubungannya. Untuk memurnikan pendefinisian domain, coba cek perbedaan antara domain dengan IP address dan URL.

Perbedaan Domain dan IP Address

Domain dengan IP address itu berbeda. Metaphor dari hal ini yaitu domain merupakan rumah dan IP address merupakan jalan/peta. Jika Anda memiliki rumah, maka agar orang bisa sampai ke rumah Anda, maka dibutuhkan jalur transportasi atau peta yang jelas menuju rumah Anda. Bagi pengguna hosting DewaBiz, tentu tak asing lagi dengan hubungan antara domain dengan IP address. Jika Anda punya hosting dan domain di tempat berbeda, maka domain mesti diarahkan ke IP address dari server hosting.

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan Domain COM

Jika domain berisikan alfanumerik, maka IP address itu murni berisikan numerik. IP address merupakan set aturan baku berisikan instruksi numerik. Alamat IP ini memang sulit dipahami oleh manusia, tapi mudah dimengerti oleh komputer. Domain sendiri berfungsi sebagai penghubung IP address, dimana domain merupakan bagian dari URL dan terhubung dengan IP address.

Perbedaan Domain Dengan URL

Sedianya, URL ini bisa dianalogikan alamat rumah secara keseluruhan. URL itu mencakup keseluruhan sumber daya lokasi yang berisikan informasi yang detail. Sedangkan domain merupakan bagian dari URL. Jadi bisa dianalogikan domain ini sebagai pemilik rumah atau nomor rumah. Contoh URL yaitu https://dewabiz.com/, dimana terdapat domain didalamnya yaitu dewabiz.com.

 

DNS

Untuk memahami domain lebih jauh, Anda ‘pun sedianya mesti memahami DNS. DNS (Domain Name System) merupakan perangkat pendistribusian database yang terdapat di komputer yang digunakan untuk menerjemahkan nama-nama domain agar sesuai atau terhubung dengan IP address. DNS ini memudahkan pengguna internet untuk mengakses informasi yang ada di internet.

Dahulu, jika Anda ingin mencari informasi di internet, maka Anda mesti memasukan IP address langsung di browser. Namun kini dengan adanya DNS, Anda bisa mencari informasi hanya dengan mengetikan nama domain di browser. Domain ini jauh lebih mudah diingat daripada IP address.

 

Cara Kerja Domain

Apa itu domain dan bagaimana cara kerjanya? Fungsi utama domain selain shortcut menuju web server yaitu terkait user experience. Pengguna internet dapat dengan mudah mengakses website dengan mengetikan kata atau frasa tertentu dengan akhiran TLD (.com, .net, dll), misalnya seperti dewabiz.com. Link domain ini terhubung dengan jaringan, sehingga pengguna bisa mengakses informasi yang diinginkan. Domain ini memiliki tiga bagian yang masuk dalam struktur domain secara keseluruhan yaitu sub-domain prefix, subdomain (opsional), domain label/second level domain, dan ekstensi domain/top level domain.

Contoh: www.dewabiz.com

  • Sub-domain prefix: www
  • Domain label: dewabiz
  • Ekstensi domain: .com

 

Registry, Registrar, dan Registrant

Registry merupakan organisasi yang mengurus dan mengatur domain TLD. Sudah tahu apa itu domain TLD? Ya, TLD merupakan singakatan dari top level domain. TLD merupakan jenis domain atau ekstensi domain yang levelnya paling tinggi dan tidak bisa dimiliki secara free (kecuali ada promo dari registrar). Contoh dari TLD yaitu .com, .net, .org, dan lainnya. Nah registry ini tugasnya juga membuat domain TLD beserta fitur-fitur didalamnya. Salah satu registry yang paling populer yaitu ICANN dan VeriSign.

Dibawah registry ada yang namanya registrar. Jika tugas registry mengatur dan membuat TLD, maka registrar ini tugasnya yaitu mempublikasikan dan menjual domain ke publik. DewaBiz merupakan representasi dari registrar, dimana Anda bisa membeli domain dengan mudah.

Istilah lain yang berhubungan dengan domain yaitu registrant. Registrant ini merupakan pembeli domain. Jika Anda membeli domain murah di DewaBiz, itu artinya Anda merupakan registrant. Registrant ini bisa melakukan set-up domain lewat registrar.

 

Tips Memilih Domain Yang Tepat

Fungsi rumah memang simpel, yaitu sebagai tempat tinggal. Namun ketika Anda ingin membeli rumah, apakah Anda hanya memikirkan rumah dari sisi fungsinya saja? Tentu tidak bukan? Anda mesti memilih rumah yang lokasinya strategis, desainnya bagus, dan tentunya sesuai ekspektasi Anda secara keseluruhan. Nah hal tersebut berlaku juga untuk domain. Fungsi domain memang simpel, namun memilih yang tepat itu yang agak sulit. Agar Anda tidak salah pilih nama domain di DewaBiz, coba cek beberapa tips berikut ini!

Sesuaikan Budget

Apapun mesti dimulai dari budget yang Anda miliki. Untuk mengukur budget pembelian domain, Anda mesti paham dua opsi pembelian domain. Pertama, beli domain yang belum didaftarkan. Kedua, beli domain yang sudah didaftarkan oleh orang lain. Opsi pertama tentu harganya relatif lebih murah, misalnya jika Anda membeli domain di DewaBiz, Anda tinggal mengeluarkan uang Rp. 153.900. Namun jika Anda berniat membeli domain yang sudah didaftarkan orang lain, maka harganya bisa berkali-kali lipat lebih tinggi. Sebenarnya relatif, mungkin ada saja registrant yang menjual domainnya dengan harga murah.

 

Brainstorming

Jika Anda tak ingin menyesal, ada baiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih nama domain. Oleh karena itu, solusinya yaitu Anda mesti brainstorming terlebih dahulu. Jadilah seorang analis dan juga seniman secara bersamaan, karena pemilihan nama domain juga berhubungan ide-ide kreatif. Domain yang Anda pilih mesti ditujukan untuk hal tertentu, misalnya jualan kah, kampanye kah, blog kah, dan lainnya! Coba tulis oleh Anda ide-ide yang berhubungan dengan bisnis Anda, apapun yang ada dalam pikiran Anda tuliskanlah! Berikut beberapa clue untuk memudahkan Anda!

  • Hindari tanda penghubung, misal domain-berkualitas-sekali.com itu merupakan domain yang sangat tidak recommended.
  • Kebanyakan orang lebih suka ekstensi domain populer seperti .com atau .net. Jadi jika Anda ingin main aman, Anda bisa keep ekstensi domain populer.
  • Sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang. Semakin pendek maka semakin mudah diingat.

 

Gunakan Bantuan

Jika Anda kesulitan menemukan nama domain yang tepat, Anda bisa menggunakan bantuan dari beberapa website yang menyediakan layanan rekomendasi nama domain. Beberapa website yang bisa Anda manfaatkan yaitu BuyDomain, BrandBucket, Brandpa, dan lainnya.

 

Domain SEO-friendly

Domain bisa juga menjadi salah satu elemen terpenting untuk optimasi website. Mengapa seperti itu? Ada beberapa aspek. Domain yang didalamnya terdapat kata kunci bisa mendapatkan backlink dari anchor text dari website-website lain. Selain itu, domain dengan kata kunci tertentu juga bisa meningkatkan kredibilitas website. Misalnya, domain jasajualbelilele.com, pasti mendapatkan trust lebih dari konsumen dibanding dengan domain yang tidak terdapat kata kunci didalamnya. Jadi jika level trust meningkat, maka level CTR (click-through rate) ‘pun jadi meningkat.

 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda masih bertanya apa itu domain? Tentu tidak bukan? Oke, jika sudah paham, tugas Anda selanjutnya yaitu menyiapkan nama domain dan membeli domain di website beli domain murah Indonesia yaitu DewaBiz. DewaBiz menyediakan berbagai ekstensi domain yang Anda butuhkan. Jadi jangan tunggu hingga orang lain mendaftarkan domain Anda, ayo segera registrasikan di DewaBiz!

Related Posts