Teknik Riset Simpel untuk Memilih Domain

Menentukan sebuah nama domain yang disukai oleh mesin pencarian dan orang lain, membuat kita harus berpikir keras. Karena nama domain ini adalah sebuah merek dagang yang nantinya akan membantu dalam bidang bisnis Anda.

Nama domain juga ini menjadi sebuah ciri khas yang nantinya akan mengangkat diri Anda dalam bidang bisnis yang dijalanka. Oleh sebab itu, memilih domain tidak boleh sembarang dan asal-asalan. Maka, kami memberikan saran atau teknik riset yang simple untuk memilih domain buat Anda.

Berikut ini adalah cara menentukan domian yang baik dan benar!

image by domain.me

“teknik ini mungkin tidak seutuhnya benar, mungkin anda juga memiliki pemikiran untuk riset domain, tapi ini adalah saran dari kami”

1. Pilih ekstensi yang benar

Sementara itu, ada banyak ekstensi domain dan banyak web hosting beriklan menggunakannya, seandainya domain dengan ekstensi lain tidak lagi gratis.

Menurut saya, itu bukan keuntungan. Mengapa? Sebagian besar pengguna web terbiasa memiliki alamat web .com atau .id di belakang alamat web dan kemudian memasukkan nama perusahaan Anda. Akhiran .net sudah jauh lebih jarang, tetapi masih umum.

“Dan apabila Anda hanya mengambil .biz, .info atau .org ketika Anda benar-benar sudah tidak tersedia lagi .com dan .id. Banyak domain spam menggunakan ujung ini, jadi Anda harus membiarkannya sendiri”

Ujung baru yang eksotis memiliki satu-satunya keuntungan yaitu harganya lebih mahal dan pemiliknya kemudian mendapat lebih banyak keuntungan.

2. Tanda hubung, umlaut, atau angka?

“Siapa pun yang mendaftarkan versi dengan tanda hubung atau umlaut harus memiliki counter yang sesuai tanpa tanda hubung”.

Jika Anda tidak mengamankan rekanan yang sesuai, Anda berisiko bahwa pesaing mendaftar dan menggunakan domain. Maka hampir tidak mungkin untuk mendapatkan kembali domain tersebut. Konsekuensi kedua mungkin bahwa vendor domain akal mendaftarkan domain ini dan menjualnya kembali hanya dengan harga mahal. Ada domainbrokers yang berspesialisasi dalam hal seperti itu!

Angka sering merupakan tambahan yang populer, sehingga Anda tidak harus menggunakan domain.id yang mahal. Check24.id mungkin adalah domain nomor paling populer. Pencitraan merek yang baik pasti dimungkinkan dengan domain angka yang baik.

3. Nama fantasi atau domain kata kunci?

Anda sering mendengar bahwa Anda harus memasukkan kata kunci yang dicari calon pelanggan dalam nama domain untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google. Itu sebagian benar, tetapi hanya sebagian.

Siapapun yang sebenarnya memiliki kata kunci dalam bentuk murni (yaitu tanpa tanda hubung, angka atau lampiran lainnya!) Sebagai nama domain, dengan mudah membuatnya menjadi Top10. Jika Anda mencari “liburan”, holiday.id akan masuk dalam 10 besar. Siapa pun yang melekat pada kata kunci-nya sudah 24 atau bekerja dengan tambahan lain yang menguap sedikit keuntungan untuk ini.

Dalam praktiknya, sayang, masih sering melihat nama domain seperti Webdesigner-Seo.id yang digunakan hanya untuk memuat kata kunci. Sayangnya, “nama kata kunci” yang panjang seperti itu menimbulkan kesan yang meragukan pada pelanggan.

Selain itu, branding hampir tidak mungkin dilakukan dengan nama domain seperti itu.

“Orang-orang seperti Amazon, Zalando atau Applesemua nama-namanya menjadi branded, yang sangat terkenal hari ini. karena mereka adalah merek yang sudah tidak diragukan”.

Tentu saja, butuh waktu lama untuk menjadi merek yang branded. Tetapi efeknya jauh lebih baik dengan nama khas seperti “dewabiz” daripada dengan “hosting-murah.id”.

Jangan pedulikan jika nama itu tidak membangkitkan semangat Anda. Ini akan datang secara otomatis seiring waktu, apabila branding belum bekerja untuk Anda!

4. Pilih nama yang sederhana

Nama domain atau nama perusahaan harus mudah untuk diucapkan dan idealnya, orang harus tahu sama bahkan ketika mendengarkan bagaimana menulis domain tersebut. Itu hal penting, Anda nantinya harus mencapai kesadaran yang lebih besar. Tanyakan kepada teman atau kenalan bagaimana mereka akan menulis nama perusahaan Anda. Jika ada terlalu banyak perbedaan, pikirkan apakah itu masuk akal!

5. Pastikan untuk melakukan pencarian merek dagang

Saat memilih nama domain, pastikan Anda tidak melanggar hak merek dagang apa pun. Sebelum membeli, anda bisa mengecek nama domain yang dimaksuda oleh Anda dipara penyedia domain. Biasanya mereka sudah memiliki fitur untuk cek ketersediaan domain.

6. Fantasi dan konotasi

Jadi dan sekarang kita sampai pada gaya bebas! Nama fantasi itu hebat dan nantinya membantu menjadi merek yang mapan dan terkenal. Bahkan lebih baik jika namanya menunjukkan tentang perusahaan Anda!

Ini berarti tidak memiliki kata kunci, tetapi memiliki arti dalam namanya. dewabiz.id melakukannya dengan sangat baik, misalnya. Saya langsung tahu apa isi halaman itu. Ini sebenarnya memiliki keunggulan peringkat, karena banyak pengguna juga melihat nama domain di Google.

“Nama-nama terkenal, yang seharusnya menemukan hasil yang diinginkan, terus mendapatkan diklik dan kemudian mencapai peringkat yang lebih baik dalam jangka panjang”.

Ringkasan – Teknik Riset Simpel untuk Memilih Domain

  • Yang terbaik adalah memilih ekstensi .ID atau .COM
  • Jika domain sudah diambil, cobalah cari yang lain
  • Hindari tanda hubung, umlaut, atau angka jika memungkinkan
  • Domain dengan kata kunci dalam nama itu baik, tetapi tidak disarankan
  • Pastikan nama Anda mudah ditulis setelah mendengarkan
  • Lakukan pencarian merek dagang
  • Cobalah untuk membawa konotasi yang ada hubungannya dengan bisnis Anda

Itulah sedikit teknik riset simple untuk memilih domain. Anda bisa mengecek nama domain yang ingin digunakan untuk membuat website didewabiz. Terima kasih!