fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Apa Itu DNS Cloudflare? Simak Penjelasan dan Fungsinya

Rianda

Pertanyaan berupa apa itu DNS cloudflare memang tidak jarang ditanyakan oleh orang yang berkecimpung dalam dunia website. Mengingat ketika melakukan pengelolaan website, satu diantara beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah kecepatan serta keamanan.

Hal semacam keamanan maupun kecepatan tersebut, ternyata dapat dipastikan dengan beberapa langkah mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan yang namanya cloudflare. Bagi yang penataan dan ingin mengetahui pembahasan selebihnya bisa simak bacaan berikut:

Apa Itu DNS Cloudflare?

Bagi orang yang kerap berkecimpung dalam dunia website mungkin sudah bukan hal asing lagi jika mendengar istilah cloudflare. Namun bagi orang yang masih baru atau awam, tidak jarang masih bingung dengan istilah tersebut.

Dengan begitu beberapa diantaranya masih memiliki pertanyaan seperti apa itu DNS cloudflare dalam dunia website. Istilah DNS cloudflare sendiri dapat dipahami, sebagai suatu penyedia jaringan untuk melakukan pengiriman konten tertentu.

Hal semacam ini, sering juga disebut dengan nama Content Delivery Network yang diketahui cukup terkenal dalam skala dunia. Kata yang kemudian sering disingkat menjadi CDN Ini merupakan suatu jaringan yang mempunyai fungsi untuk melakukan pengiriman konten dari server menuju website.

Bisa juga dibilang bahwa yang namanya cloudflare ini akan berperan menjadi proxy antara pihak website dengan pihak visitor. Cloudflare ini, ternyata juga mempunyai server yang berjumlah banyak dan tersebar di berbagai negara.

Perkara semacam inilah yang membuat website bisa loading dengan cepat. Untuk lebih mudahnya, cloudflare ini akan mengambil peran sebagai penghubung antara pihak pengunjung dengan pihak server website. Penggunaan cloudflare ini bukan tanpa alasan, melainkan mempunyai beberapa tujuan.

Diantaranya seperti untuk bisa terhindar dari serangan berbahaya yang diciptakan oleh pengunjung website. Dalam hal ini pengunjung website sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti berikut:

  • Pertama ada visitor, merupakan pengunjung pada umumnya.
  • Kedua adalah robot, merupakan suatu program untuk melakukan pengunjungan ketika website guna memindai tiap halaman website. Hal ini mampu menghabiskan bandwidth dari website itu sendiri.
  • Ketiga yaitu attackers, merupakan suatu pihak yang mempunyai tujuan untuk melakukan serangan kepada website tertentu.

Fungsi DNS Cloudflare

Ketika cloudflare dalam keadaan aktif di suatu website. Maka nantinya dengan cara otomatis nameserver akan mengikuti nameserver dari cloudflare tersebut. Untuk itulah dalam hal ini cloudflare mempunyai fungsi penting dalam website seperti berikut:

1. Mengarahkan Visitor Pada Sambungan Tercepat

Fungsi pertama dari cloudflare adalah membantu mengarahkan visitor kepada center paling dekat. Dengan kondisi yang demikian bisa membuat website mampu diakses lebih cepat bahkan dua kali lipat ketimbang tanpa menggunakan cloudflare.

2. Mengawasi Lalu Lintas Berbahasa Pada Suatu Website

Pada dasarnya cloudflare ini nantinya akan melakukan penerimaan akses serta analisa terhadap pengunjung yang datang. Apakah kiranya pengunjung tersebut berbahaya atau justru sebaliknya. Perkara yang bisa dilihat dari IP dan lainnya. Jika terjadi ancaman, maka cloudflare akan melakukan blokir padanya.

3. Sebagai Cache Konten Statis

Fungsi lain dari cloudflare adalah mampu menjadi cache dari konten yang bersifat statis pada suatu website. Contoh kecilnya adalah seperti pada gambar, CSS, kemudian JavasCript dan lainnya. Cache sendiri merupakan suatu teknologi guna melakukan penyimpanan konten website menjadi data sementara.

Demikian pembahasan terkait apa itu DNS cloudflare dalam dunia website. Beberapa pemilik website tertarik untuk menggunakan cloudflare ini bukan tanpa alasan. Pasalnya cloudflare ini mempunyai beberapa fungsi penting bagi website yang memakainya, seperti mampu melakukan analisis pengunjung dan lainnya.

Baca Juga