fbpx

7 Alasan Harus Membuat Website Hemat Biaya Dibandingkan Opsi Gratisan

Jika Anda memiliki keterbatasan anggaran untuk membangun sebuah , maka kata “gratis” tentu sangat menarik. Namun harus Anda ingat pula bahwa opsi gratisan ini mengundang konsekuensi yang mungkin terlalu Anda sepelekan. Lalu adakah cara untuk membuat website hemat biaya jika Anda tak ingin memilih opsi Rp. 0 tersebut? Silakan disimak.

Mengapa Anda Sebaiknya Membuat Website Hemat Biaya Ketimbang Opsi Gratisan?

Seiring perkembangan Anda nantinya, tentu ini adalah harapan Anda, maka website pun juga harus ikut dikembangkan.

Website gratisan yang cenderung mengutamakan kemudahan pengunaan pun juga memiliki keterbatasan dalam hal pengembangannya. Ya, ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya membuat website hemat biaya saja daripada memilih opsi website gratisan.

1. Gratisan, biayanya disertai iklan

Ini karena bagaimanapun layanan tesebut juga membutuhkan pemasukan. Iklan ini bisa membuat pengunjung Anda kabur karena mengklik iklan milik layanan website builder gratisan tersebut. Parahnya lagi, Anda tidak bisa mengontrol bagaimana iklan tersebut ditampilkan sehingga bisa mengurangi impresi terhadap website Anda.

2. Pilihan desain yang terbatas

Layanan semacam ini biasanya hanya menawarkan tema tampilan sederhana dengan opsi kustomisasi yang terbatas. Saat pemilik website menginginkan lebih, akan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Biaya ini pun juga tak menentu besarannya yang bisa memberi kesan sebagai sebuah jebakan. 

Baca Juga :  Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection Bagian 1

3. Nama domain yang terkesan menumpang

Hal ini akan membuat website Anda terkesan dikelola oleh amatir alias tidak profesional. Pengunjung akan melihat bahwa domain Anda juga mencatumkan layanan website gratisan tersebut. Bukankah lebih baik jika memiliki nama domain yang bersih dan sesuai dengan brand Anda?

4. Fungsionalitas terbatas

Tak hanya opsi desain tampilan yang terbatas, belakangan Anda juga akan menyadari bahwa opsi tersebut juga memiliki lebih banyak batasan lainnya.

Menebus keterbatasan fungsional website, maka Anda harus membayar biaya yang tak lagi membuatnya benar-benar gratis. Misalnya, website gratisan untuk Anda ternyata tidak bisa diintegrasikan dengan layanan pengiriman atau lainnya.

5. Portabilitas yang juga terbatas

Yang dimaksud dengan portabilitas di sini adalah pada saat Anda membutuhkan yang lebih kuat untuk menunjang traffic dan fitur-fitur tambahan.

Hal ini sangat mungkin terjadi pada saat bisnis Anda semakin berkembang. Seringkali untuk melakukan migrasi dari dan domain gratisan ke layanan hosting lainnya dan seringkali memaksa Anda untuk membangun ulag website dari nol.

6. Dukungan SEO yang juga kurang

Tidak semua layanan pembuatan situs gratis mudah terindeks , sehingga situs akan sulit bersaing di halaman hasil pencarian. Selain itu, Anda mungkin juga harus menerapkan ulang secara total lantaran tidak bisa melakukan migrasi layanan website dengan mudah.

7. Ketersediaan dukungan dan layanan pelanggan 

Seorang praktisi sekalipun, kadang juga memerlukan bantuan teknis atau layanan pelanggan saat membuat sebuah website. Dengan memilih opsi gratisan, Anda pun harus siap untuk duduk lebih lama karena besar kemungkinan kedua layanan ini tidak akan tersedia untuk Anda.

Tips Membuat Website Hemat Biaya

Ya, masih ada opsi yang lebih ramah jika Anda enggan berurusan dengan beberapa kekurangan di atas. Anda bisa memilih membuat website hemat biaya, sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Cek Pemilik Domain yang Sudah Digunakan Orang Lain 

Pilihannya tentu saja dengan berlangganan hosting terpercaya, sehingga Anda memiliki situs yang menampilkan brand Anda secara maksimal, bisa ditemukan di pencarian internet, meyakinkan pengunjung dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Jadi pada intinya, Anda hanya perlu menemukan layanan hosting dan domain yang benar-benar terpercaya dan profesional. Tak selalu menerapkan banderol mahal pada layanannya.

Baca Juga : Cara Memperpendek Link Website dengan Mudah

Mereka pasti juga menawarkan paket yang lebih terjangkau yang bisa Anda bandingkan dan pertimbangkan secara seksama. Sehingga website builder ataupun yang Anda gunakan nantinya bisa memberikan kinerja terbaik dan bisa digunakan jangka panjang.  

Selain itu, ada beberapa tips yang juga bisa Anda coba untuk lebih menekan biaya, antara lain:

  • Manfaatkan promosi yang biasanya disertai dengan potongan harga untuk paket hosting
  • Anda yang langsung berlangganan setahun, biasanya bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon
  • Jika Anda yakin bahwa situs Anda akan sangat ramai selama beberapa tahun mendatang, maka berlangganan paket tambahan juga bisa menjadi opsi penghematan lainnya ketimbang berlangganan paket tahunan yang lebih mahal
  • Dengan merekomendasikan kepada orang lain, Anda juga bisa mendapatkan potongan harga setelah mereka berlangganan paket

Kesimpulan

Tak menutup kemungkinan pula bahwa Anda menemukan cara lain untuk membuat website hemat biaya. Intinya, Anda tak harus mengorbankan banyak hal demi mendapatkan situs yang benar-benar efektif dan efisien dengan harga yang terjangkau.

Namun tentu saja, kebutuhan setiap orang maupun bisnis bisa berbeda, jadi keputusan tetap ada di tangan Anda.