fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Hosting

Simak Fitur Fitur cPanel Hosting Agar Dapat Dikenali

Rianda

Ada berbagai fitur fitur cPanel hosting yang bisa para pemilik website maksimalkan untuk mengelolah situs yang dimiliki. Terlepas dari layanan domain atau hosting yang digunakan, rata-rata penyedia layanan memang sudah memberikan fitur yang lengkap. 

Fitur-fitur bisa diakses melalui control panel dari layanan cPanel itu sendiri. Namun, sayangnya banyak pemilik website yang tidak terlalu mengenal fitur yang diberikan. Akhirnya, fitur-fitur tersebut tidak bisa dimaksimalkan penggunaannya. 

Berikut adalah berbagai fitur yang bisa diakses dari cPanel hosting. Fitur ini dapat memaksimalkan penggunaan website yang dimiliki. 

1. Bandwidth 

Bandwidth adalah besaran atau kapasitas yang bisa dilewati oleh trafik paket data pada jaringan kabel internet. Fitur inin memuat nilai maksimal besar transfer maksimal yang bisa dilakukan dalam sebuah proses pertukaran data pada website. 

Dengan fitur yang ada di cPanel, para pemilik website bisa dengan mudah melakukan pengecekan. Bahkan lingkup pengecekannya ada pada berbagai aktivitasnya. Mulai dari aktivitas HTTP, POP, FTP, dan sebagainya. 

Jika disederhanakan, fitur ini merupakan media agar para pemilik website lebih mudah dalam mengolah dan mengatur kebutuhan dalam web hosting. 

2. File Manager 

Sesuai dengan namanya, fitur File Manager memiliki fungsi untuk mengelola file dan direktori data yang ada di dalam website. Tampilan fitur ini sangat identik dengan file manager yang ada pada PC dengan basis Windows. 

Prinsip kerjanya pun tidak jauh berbeda. Pada fitur ini, para pemilik website bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan data. Misalnya, mengupload dan menyimpan data baru. 

Bahkan, pada fitur ini para pemilik website bisa melakukan penghapusan data sampai dengan pengeditan. Semua aktivitas ini bisa dilakukan tanpa memerlukan akses FTP apalagi aplikasi pihak ketiga. 

3. Disk Usage 

Pada penggunaan website, setiap pengguna memiliki kapasitas folder tersendiri untuk melakukan penyimpanan. Tentu saja, para pengguna perlu mengetahui seberapa besar kapasitas disk yang sudah digunakan dan masih tersisa. 

Karena itu, pada cPanel terdapat fitur yang bernama Disk Usage. Fitur ini berfungsi sebagai akses pemantau kapasitas yang masih tersisa pada disk dan setiap folder yang digunakan. Jadi, para pengguna bisa memantau penggunaan kapasitas. 

Selain itu, fitur ini bisa memberi informasi pada para pengguna file mana yang paling memakan tempat pada folder. Dengan begitu, para pengguna tahu, file mana yang paling memakan space dari database. 

4. FTP Session Control 

Fitur fitur cPanel hosting berikutnya adalah FTP session control. FTP merupakan jaringan yang memungkinan sambungan dari server internet maupun komputer. Melalui jaringan ini, website bisa diakses dari luar server. 

Dengan adanya fitur ini, para pemilik website bisa gampang untuk mengetahui siapa saja yang mengakses website melalui FTP. Apakah sambungan tersebut sudah disetujui dan diketahui oleh pemilik website atau tidak. 

5. Backups 

Pencadangan file adalah suatu hal yang terpenting untuk dilakukan para pemilik website. Karena setiap website memiliki kemungkinan yang sama besar untuk mengalami crash. Kemudian, kehilangan semua atau sebagian data yang ada di dalam situs. 

Karena itu, dengan menggunakan fitur backup dalam cPanel. Para pemilik website bisa menyelamatkan data pada website jika saja terjadi crash atau masalah tertentu pada website. 

Fitur fitur cPanel hosting yang sudah disebutkan di atas bisa dipastikan selalu ada pada setiap layanan hosting. Dengan memaksimalkan fitur fitur tersebut, para pemilik website bisa memaksimalkan performa dan keamanan akses website. 

Baca Juga