fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Generasi Cashless Sulit Menabung? Mungkin Kamu Butuh Info ini!

Wiliam

Zaman sekarang teknologi semakin maju, ini turut berpengaruh pada kegiatan finansial manusia khususnya kaula muda. Tak bisa dipungkiri jika penggunaan dana tunai tak lagi trend, yang mana istilah cashless kian banyak digunakan. Apa itu cashless? Untuk Anda generasi-Z pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut.

Sebagian besar masyarakat sekarang lebih praktis melakukan transaksi dengan cara cashless, baik melalui transfer bank ataupun menggunakan e-wallet. Bahkan menurut data, pertukaran dana digital jumlahnya lebih besar dari dana tunai. Jadi,sampai sini sudah paham lah ya seberapa trend ya pembayaran digital.

Disamping semua kemudahan yang ditawarkan penganut cashless, ada beberapa orang yang menganggap jika menganut gaya hidup ini sulit untuk menabung, apa iya? Sebenarnya, ini kembali lagi kepada masing-masing individu. Pasti semua ingin mencapai gilas sebagai financial freedom di hari tua bukan? Satunya-satunya yang bisa dilakukan adalah menabung dari sekarang.

Lalu apa saja tip ampuh menabung untuk para kaum cashless? Ikuti Tips berikut supaya Anda gak boros yuk:

1. Membuat Rekening untuk Masing-Masing Pengeluaran

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah membuat dua atau beberapa rekening berbeda untuk masing-masing pengeluaran setiap harinya. Misalnya dengan membuka dia macam, yakni untuk tabungan dan satunya untuk operasional hidup sehari-hari.

Keduanya harus diisi dengan tujuan berbeda agar saat butuh, Anda tidak sembarang menggunakan. Rekening tabungan ya digunakan untuk menyimpan uang yang konsisten dilakukan, baik itu setiap minggu ataupun setiap bulan. Pastikan jumlahnya sama tiap bulannya agar bisa memenuhi target finansial Anda.

Penggunaan uang di rekening tabungan sebisa mungkin hanya digunakan jika ingin menyalurkan ya dalam bentuk deposito, investasi lain yang menguntungkan maupun ke dalam tabungan berjangka.

2. Jangan Lupa Menyisihkan Uang untuk Investasi

Selanjutnya yang harus Anda terapkan adalah jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk investasi. Apalagi jika Anda seorang pekerja dengan gaji rutin per bulan, miliki lah kesadaran jika investasi itu penting untuk hari kemudian. Jumlahnya tidak harus banyak, yang penting konsisten dan berkelanjutan.

Di saat sudah gajian, ingat untuk menyisihkan sebagian uang untuk investasi. Apalagi zaman sekarang ada banyak sekali produk dan layanan investasi yang memudahkan. Tersedia platform digital yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. 

Misalnya investasi jangka pendek yang bisa Anda coba adalah P2P Lending. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat dengan modal yang tidak banyak.

Atau jika ingin coba investasi jangka panjang, mungkin reksadana atau saham bisa jadi solusi terbaik. Penganut investasi emas juga tidak ada salahnya menginvestasikan uangnya ke dalam logam mulia yang penyimpanannya lebih mudah dan awet.

3. Investasikan Dana melalui Tabungan Berjangka

Selanjutnya yang bisa Anda coba adalah saat terasa sulit menabung di tengah gempuran cashless, adalah tabungan berjangka. Anda bisa membuat rekening tabungan berjangka di bank. Pada prosesnya, pihak bank akan secara rutin menarik saldo di rekening Anda ini untuk dipindahkan dalam tabungan berjangka.

Kabar baiknya, Anda tidak akan tergiur untuk mengambil tabungan tersebut apabila belum sampai pada batas waktu yang sudah ditentukan. Dengan demikian, Anda pasti mau tidak mau harus menabung sejak awal rekening berjangka dibuat hingga waktu yang ditentukan nanti. Ini bisa jadi Tips menabung untuk anda yang merasa sulit dengan aktivitas tersebut.

4. Beri Batasan Top Up Setiap Harinya

Kebiasaan mengeluarkan uang tanpa memastikan batas minimal setiap harinya bisa membuat Anda sangat boros. Untuknya, buatlah batas maksimal top up e-Wallet Anda setiap harinya. Namun sebelumnya, pastikan sudah hitung semua biaya operasional yang diperlukan dalam sehari mulai dari biaya tol, ongkos pulang pergi, uang makan, hingga uang jajan.

Kalau sudah menentukan biaya operasional yang dibutuhkan setiap hari, tentu ada gambaran berapa yang harus disisihkan untuk ditransfer ke e Wallet. Sisa dari uang penghasilan Anda bisa dialokasikan untuk tabungan, sekiranya nanti ada keperluan mendadak yang memerlukan banyak dana.

5. Pentingnya Komitmen

Yang tak kalah penting dari keseluruhan tips  diatas adalah komitmen dalam menabung meskipun menganut sistem cashless. Awal-awal mungkin akan terasa sulit, apalagi Anda belum membuat ksi pengeluaran yang jelas setiap harinya.

Siapapun tidak akan berhasil menabung jika sedari awal tidak punya komitmen untuk menyisihkan uang. Selain itu, target finansial jadi salah satu motivasi agar bisa hidup hemat dan menabung. 

6. Buatlah Batas Limit per Harinya

Tips terlahir adalah jangan lupa untuk membuat batas limit per hari. Maksudnya disini adalah untuk yang menggunakan kartu kredit. Buatlah batas yang harus dipakai setiap harinya, anggaplah 30% dari liur yang sudah ditentukan. Kalau sudah ada limit ini, Anda tentu tidak harus membayar tagihan kartu kredit melebihi jumlah tersebut.

Memang terasa susah di awal, dengan anggapan bisa saja ada pengeluaran tambahan. Nah, kalau mendapati kondisi ini tak apa untuk menjadi nya lebaran di bulan depannya. Mungkin limit kartu bisa diubah atau paling baik menyiapkan dana darurat berupa uang tunai di dompet.

Ini akan menghindarkan Anda dari pembayaran cicilan diluar batas maksimal kartu kredit yang sudah di poskan sebelumnya.

Jadi bagaimana? Melalu tips diatas tentu bisa jadi insight untuk kaum cashless melalui untuk menyambung sedari sekarang. Kondisi finansial setiap orang tidak ada yang tahu, untuk itu penting sekali menyiapkan dana tabungan untuk berbagai keperluan di masa mendatang. Terbit untuk Anda yang punya target masa depan, tabungan jadi kunci utama.

Baca Juga