fbpx

Apa Itu Hosting? Pengertian dan Manfaatnya

Hal-hal paling mendasar dari persoalan pembuatan . Jadi, Apa Itu ?

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah space disk atau tempat di yang digunakan untuk menyimpan data-data website kita. Baik berupa website perusahaan, pribadi, , dan lain sebagainya.

Setiap yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.

Hosting disebut juga Web Hosting / sewa hosting yang merupakan penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet.

Data disini dapat berupa file, gambar, , /program/script dan database. untuk memudahkan anda memahami apa itu hosting. Hosting dapat kita ibaratkan sebagai contoh sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall mengontrak ruangan, prasarana, listrik, telepon dan fasilitas lainnya supaya orang-orang dapat membangun usaha. Setiap toko pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya

berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 6m x 10m)

dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting seperti .com menyediakan hardware, (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website anda.

Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan disk space (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan

websitenya masing-masing.

Terkadang anda bertanya, jika ada hosting yang gratis, kok harus pakai yang berbayar?

hosting berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis.

Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak dikehendaki, dan yang lain sebagainya.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Lupa Pasword Gmail, Dijamin Ampuh!

Nah, lalu bagaimana cara yang terbaik untuk menggunakan hosting?

Cara yang terbaik untuk menggunakan hosting adalah dengan menyewa hosting terlebih dahulu. Cara mendapatkannya sangatlah mudah, silahkan anda klik di dewabiz.com.