fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

7 Penyebab Kamera Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Digunakan

Rianda

Saat ini, Zoom merupakan aplikasi atau program yang paling banyak digunakan untuk melakukan video call secara masif. Tetapi, saat memulai melakukan meeting dengan Zoom, terkadang kamera laptop atau webcam tidak dapat digunakan. Ternyata, ada banyak sekali penyebab kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom digunakan.

Bayangkan ketika waktu meeting video call akan segera berlangsung, sementara itu pembaca masih mencoba untuk mengatasi masalah pada kamera laptop. Tentunya, ini akan sangat meresahkan, apabila pembaca tidak punya waktu atau alasan untuk tidak dapat menghadiri meeting tersebut. Berikut beberapa penyebab kamera laptop tidak berfungsi dalam Zoom:

1. Pilihan Turn Off My Video Aktif Saat Join Meeting

Pada saat memasuki meeting video call Zoom, biasanya akan muncul kotak username dan nama yang akan dipampangkan dalam meeting. Dibawahnya, terdapat opsi Turn Off My Video, yang biasanya tidak diaktifkan secara default.

Namun, apabila user mengaktifkan opsi Turn Off My Video, kamera tidak akan berfungsi saat meeting berlangsung. Karena itu, pastikan opsi tersebut dibiarkan kosong agar kamera laptop dapat merekam pembaca saat meeting video call.

2. Belum Mengizinkan Akses Kamera Pada Laptop

Terkadang, operasi sistem yang digunakan pada laptop tidak mengizinkan akses kamera pada aplikasi secara default. Karenanya, pemilik laptop harus melakukan setting secara manual agar laptop mengizinkan program seperti Zoom untuk membuka kamera laptop.

Cara mengatur akses kamera cukup mudah, hanya perlu mengunjungi Windows Settings dan pilih bagian Privacy. Lalu, pilih Kamera, dan pastikan toggle untuk Allow apps to access your camera hidup. Pemilik laptop juga dapat menyetel akses kamera pada aplikasi secara individual pada kolom selanjutnya.

3. Ada Program Lain Yang Sedang Menggunakan Kamera

Salah satu penyebab kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom yang paling sering ditemui adalah halangan dari program lain. Ketika menjalankan Zoom, mungkin pembaca juga menghidupkan program-program lainnya secara bersamaan.

Kemungkinan besar, program-program itu diam-diam membutuhkan akses kamera. Karena itu, tutup program lain yang tidak diperlukan saat menggunakan Zoom. Jika pembaca memiliki program yang mungkin membutuhkan kamera seperti Skype atau Discord, pastikan aplikasi tersebut juga ditutup.

4. Program Atau Browser Yang Belum Up-to-Date

Program aplikasi atau browser yang digunakan saat ini mungkin belum up-to-date. Developer sering menyisipkan perubahan pada Zoom secara bertahap, yang mungkin tidak dapat digunakan jika tidak menggunakan versi paling terbaru.

Selain itu, ada lebih baiknya untuk selalu melakukan update pada browser maupun program. Hal ini bertujuan agar kemungkinan laptop atau kamera laptop diretas akan berkurang.

5. Lupa Menghidupkan Camera Access Pada Zoom

Kadang-kadang, user Zoom sering mematikan akses kamera saat menggunakan Zoom untuk sekedar chatting dengan teman. Tanpa disadari, mematikan akses kamera juga akan berlaku bagi semua video call yang dimasuki di lain waktu.

Karena itu, pastikan jika kamera sudah berjalan saat mengunjungi meeting video call pada Zoom. Pembaca dapat mencoba melakukan restart dengan mengklik Stop Video, lalu klik Start Video lagi.

6. Ada Gangguan Pada Zoom Atau Laptop

Terkadang, restart dapat menjadi solusi bagi program atau laptop yang sedang memiliki kendala. Apalagi jika program atau laptop selalu hidup dan digunakan tanpa dimatikan hingga berhari-hari. Maka itu, pembaca dapat coba melakukan restart pada program Zoom atau laptop, kemudian mencobanya kembali.

7. Kamera Laptop Mengalami Masalah

Tidak selamanya penyebab kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom digunakan ada pada program atau laptop. Kamera laptop sewaktu-waktu dapat mengalami masalah atau kerusakan, apabila jika pernah mengalami benturan. Meski demikian, setidaknya pastikan jika driver untuk kamera laptop selalu up-to-date.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom digunakan. Sebenarnya, memang banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan kamera laptop tidak berfungsi secara keseluruhan. Karena itu, kamera laptop merupakan bagian komponen dari laptop yang perlu dijaga agar tetap awet dan dapat digunakan.

Baca Juga