fbpx

7 Cara Memasang Meta Title dan Description di WordPress

adalah salah satu CMS yang sudah besar yang ada di dunia. Sudah banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan WordPress dengan persentase 41%. Saat ini juga banyak sekali macam-macam besar yang juga menggunakan CMS WordPress. 

Akan tetapi untuk mengoptimasi WordPress membutuhkan optimasi ketika membuat konten website. Ada satu cara memasang dan description di WordPress yang bisa diterapkan para pelaku. Untuk satu cara tersebut adalah melakukan optimasi meta description dan title. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara memasang meta title dan description di WordPress. Untuk bizziebi yang penasaran dengan cara memasang meta title dan description di WordPress simak penjelasan dibawah ini. 

Pengertian Cara Memasang Meta Title dan Description di WordPress

Meta title dan description adalah salah satu cara untuk melakukan optimasi ketika ingin membuat sebuah judul dan deskripsi. Dengan menggunakan meta title dan description juga bisa memberikan hasil konten yang lebih baik. 

Dengan adanya meta title dan juga description ini bisa memberi tahu kepada pihak robot mengenai isi dari artikel tersebut. Untuk melakukan optimasi ini biasanya membutuhkan judul dan deskripsi yang sebelumnya sudah ditargetkan. 

Menggunakan cara memasang meta title dan description di WordPress kali ini bisa membuat para pengunjung bisa melakukan pengetikan kata kunci pada sebuah website. Bahkan dengan cara tersebut juga memberikan peluang untuk tampil pada SERP Google. 

Macam-Macam Cara Memasang Meta Title dan Description di WordPress

Saat ini juga banyak dari kalangan masyarakat yang merasa penasaran untuk memasang meta description dan juga meta title. Akan tetapi juga masih banyak dari kalangan masyarakat yang mempraktekkan pada salah satu wordpress saja. 

Baca Juga :  Cara Mencari Ide Domain dan Rekomendasi Tool yang Bisa Anda Coba

Untuk menerapkan plugin wordpress bisa menggunakan beberapa alat seperti Yoast, AIO dan juga Rankmath. Namun tidak semua alat yang sudah disebutkan ini memberikan hasil secara ciamik. Untuk salah satu alat yang mudah diakses secara cepat dan mudah hanya milik

Ada beberapa cara memasang meta title dan description di WordPress yang bisa dilakukan dan diterapkan ketika melakukan penulisan . Cara memasang meta title dan description di WordPress adalah:

1. Login WordPress 

Langkah utama yang bisa diambil dan harus dilakukan adalah melakukan login pada akun wordpress terlebih dahulu. Ketika belum merubah cara log in wordpress bisa menggunakan cara termudah yaitu dengan menghubungi admin. 

2. Melakukan Install Yoast SEO 

Setelah proses log in maka bizzie bisa langsung mengunjungi menu “plugins” dan “add new”. Di dalam halaman tersebut juga bisa mencari kolom pencarian yaitu “yoast seo”. 

Ketika sudah menemukan Yoast Seo bisa langsung melakukan install dan kemudian akan aktif secara otomatis. Ketika sudah berhasil maka untuk halaman dashboard menu akan muncul menu “SEO”. 

3. Membuat Postingan Baru 

Ketika dua cara di atas sudah berhasil maka bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Untuk langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel yang terbaru. 

Untuk memberikan meta title dan description bisa mencarinya pada bagian bawah artikel. Ketika sudah mengaktifkan keduanya, maka akan secara otomatis bisa langsung aktif dan muncul meta title dan description.

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Di WordPress Termudah untuk Seller Pemula

4. Melakukan Optimasi Meta Title dan Description 

Ada satu contoh yang bisa digunakan ketika akan . Contoh mudahnya yaitu ketika terdapat judul “10 rekomendasi tempat wisata terbaik dan sejuk”. Maka untuk fokus utama yang muncul adalah “rekomendasi tempat wisata murah”. 

Untuk bagian “fokus keyword” ini bisa diisikan dengan target dari keyword tersebut. Selain itu, di bagian tersebut juga bisa diisi dengan rekomendasi kata kunci kata-kata tempat wisata murah. 

Baca Juga :  Apa Itu Google Site Kit? Ketahui Pengertian dan Kegunaannya

Meta title dan description ini hampir sama ketika ingin membuat judul pada artikel. Selain itu, untuk tahap ini juga sering ditambahkan site title. Para bizzie bisa melakukan edit serta mengganti judul dengan lebih baik supaya banyak mendatangkan pengunjung. 

akan tetapi juga ada satu hal yang harus diperhatikan untuk menerapkan hal tersebut. Satu hal yang harus dipastikan adalah tidak dilakukan dengan cara berkepanjangan karena akan mengganggu pada SERP Google. 

5. Menggunakan Tips Pada Saat Menuliskan Meta Title dan Description 

Pada langkah ini bisa dilakukan atau di isikan sesuai dengan target dari kata kunci tersebut. Ketika menuliskan meta title sangat disarankan dengan menggunakan URL yang pendek dan mudah diingat. Sedangkan untuk ukuran panjang dari judul artikel secara baik adalah 580 pixel atau setara dengan 52 karakter. 

6. Tips Menuliskan Meta Description 

Langkah selanjutnya adalah menuliskan meta description. Pada saat menuliskan meta description ini bisa disikan dari beberapa konten yang sudah dibuat pada sebelumnya. 

Tentu saja dalam penulisan meta description ini tetap harus fokus pada keyword yang harus ada. Bahkan untuk ukuran panjangnya kurang lebih 920 pixels atau setara dengan 12-158 karakter. 

7. Melakukan Publish Artikel 

Paling akhir yang harus dilakukan adalah mempublish artikel. Tentu saja untuk langkah yang akhir ini bisa dilakukan ketika beberapa langkah sebelumnya sudah benar-benar selesai. 

Setelah melakukan publish artikel jug harus sering-sering melakukan pemantauan ranking. Dengan pemantauan ranking bisa dijadikan untuk menentukan keyword yang dibutuhkan pada SERP Google. 

Untuk saat ini memasang meta title dan description juga bisa dilakukan dilakukan tanpa menggunakan plugin. Satu hal yang dibutuhkan adalah script yang masih baru saja. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara memasang meta title dan description di WordPress. Besar harapan dengan penjelasan cara memasang meta title dan description di WordPress bisa membantu kalangan masyarakat khususnya penulis WordPress ketika ingin menuliskan meta title dan description.

Baca Juga : Fakta Menarik tentang WordPress yang Belum Banyak Diketahui