fbpx

6 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak dengan Cepat

seperti apa cara tidak bergerak yang tepat dan dapat di coba dengan mudah. Kita tahu, bahwa kerap sekali ada banyak sekali masalah pada laptop, selain laptop mati total, masalah ringan seperti freeze, hang dan lag pun pastilah sering bizzie temui.

Meskipun demikian, dalam hal ini jangan terlalu khawatir, jika misalnya ada masalah laptop hang karena bizzie bisa mengatasinya dengan mudah mengatasinya dengan beberapa metode berikut yang akan di jelaskan.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Masalah hang tidak bergerak sebenarnya bisa disebabkan pada laptop sudah tidak bisa memproses , baik pada penggunaan chipset yang mungkin saja terlalu maksimal, maupun memori RAM yang sudah di ambang batas.

Biasanya laptop dengan sistem operasi Windows akan kerap mengalami masalah hang tidak bergerak, dimana ini berbeda dengan laptop dengan MacOS yang bisa dikatakan sangat minim masalah seperti ini.

Kondisi laptop hang ini pun nytanaya bisa diketahui saat booting atau memakai program. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop hang tidak bergerak yang tepat itu?

1. Melalui BIOS

  • Ketika laptop hang, maka segera lakukan restart. Apabila tidak bisa, maka silakan lakukan force shut down dengan cara menekan dan menahan tombol power pada laptop.
  • Nanti laptop akan mati. Hidupkan dan masuk ke BIOS.
  • Untuk bisa masuk ke BIOS, pada masing-masing laptop itu bisa saja berbeda. Bisa tekan tombol F2, F8, atau F12. Sehingga pastikan terlebih dahulu.
  • Nanti program akan masuk ke BIOS, kemudian silakan pilih Advanced BIOS Features.
  • Selanjutnya cari menu BIOS , lalu pilih Disable
  • Kemudian klik simpan, lalu tekan enter, lalu nyalakan laptop seperti biasa.
Baca Juga :  Cara Verifikasi dan Menggunakan Bing Webmaster [Terlengkap]

2. Cara mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak Melalui Task Manager

  • Mengatasi laptop hang bisa juga dengan menggunakan Task Manager yang mana ini merupakan sebuah langkah termudah dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+ALT+DEL secara bersamaan.
  • Selanjutnya silakan pilih Task Manager, lalu kemudian tunggu sampai program ini terbuka.
  • Selanjutnya pilih yang mengalami hang.
  • Lalu klik End Task yang ada di pojok kanan bawah.
  • Terakhir aplikasi yang hang nantinya akan berhenti beroperasi.

3. Mengatasi Lewat Fitur Run

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak dengan menggunakan fitur Run Command yaitu dengan cara:

  • Pertama silakan masuk pada halaman Desktop.
  • Kemudian klik kanan pada Desktop, lalu buat New Shortcut.
  • Selanjutnya masukan kode: %windir%\system32\shutdown.exe –s –t 0 untuk mengaplikasikan shutdown. Atau juga bisa %windir%\system32\shutdown.exe /r /t 00 untuk mulai restart.
  • Klik Next dan Shortcut pun berhasil dibuat.

4. Cara Mengatasi Laptop Hang tidak Bergerak saat Starting

  • Pertama apabila misalnya hal ini terjadi saat starting dan tidak teratasi, silakan bersihkan RAM pada laptop.
  • Namun apabila misalnya masih tetap tidak berhasil, hang ini bisa jadi karena kerusakan hardware pada motherboard. Untuk memperbaikinya yaitu dengan memperbaiki motherboard atau menggantinya.

5. Mengatasi Hang Not Responding

Umumnya hang ini terjadi karena aplikasi yang memakan resource atau crash. Disini bizzie hanya perlu mengatasinya dengan:

  • Pertama silakan tekan tombol CTRL + Alt + Del atau Shift + Ctrl + Esc secara bersamaan pada keyboard.
  • Kemudian silakan masuk ke Task Manager.
  • Lalu cari aplikasi yang Not Responding tersebut, kemudian pilih End Task.
  • Tunggulah dan nanti laptop akan berjalan dengan normal setelah End Task.

6. Cara Mengatasi Laptop Hang tidak Bergerak saat Bermain Game

  • Tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan, kemudian nanti Task Manager akan terbuka, lalu pilih aplikasi game yang hang.
  • Selanjutnya pilih End Task yang ada di pojok kanan bawah, dan aplikasi game akan berhenti beroperasi serta kembali normal
Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Instagram yang Lupa Password Secara Cepat dan Mudah

6 Penyebab Utama Laptop Menjadi Hang

1. Masalah pada driver 

Driver yang ketinggalan zaman tentu saja bisa menjadi alasan seringnya laptop bizzie menjadi hang atau freeze. Hal ini dikarenakan, driver akan digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi di dalam laptop.

Apabila misalnya driver  yang diinstal pada sistem laptop bizzie tidak diperbarui, maka laptop tersebut nantinya mungkin akan hang ketika mencoba memutar video.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Website Overload 

2. Banyak Program yang Terbuka

Setiap program di laptop bizzie tentunya memerlukan sumber daya internal dan eksternal agar berfungsi dengan baik. Apabila misalnya beberapa program berjalan secara bersamaan, tentulah laptop itu tidak akan mempunyai cukup memori atau daya komputasi untuk mendukung semuanya. 

3. Overheating 

Panas yang berlebih pun nyatanya bisa memperlambat laptop hinga akhirnya menyebabkan laptop hang. Suhu yang cukup tinggi ini pun bahkan bahkan bisa merusak integrated circuit pada sistem prosesor laptop dan membuatnya tidak dapat digunakan. 

4. RAM tidak cukup

Apabila misalanya laptop bizzie kerap sekali hang dan freeze secara teratur, mungkin alasannya adalah karena laptop tersebut tidak mempunyai RAM yang cukup. Kapasitas RAM ini tentulah akan mempengaruhi sistem untuk tetap berjalan dengan lancar.

5. Pengaturan BIOS 

Selain itu adanya perubahan pada pengaturan BIOS pun dketahui bisa menyebabkan masalah yang dapat menyebabkan sistem pada laptop berubah ke dalam mode freeze. 

6. Bermasalah pada perangkat eksternal 

Perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, kamera USB, dan lainnya yang rusak dan terhubung ke sistem pun juga diketahui bisa menyebabkan laptop hang atau akan melakukan booting berulang yang terjadi secara acak.

Apakah saat ini bissie mengalami maslaah pada laptop seperti hang tidak bisa bergerak? Jangan panik karena cara mengatasi laptop hang tidak bergerak yang sudah dijelaskan di atas bisa bizzie coba.

Baca Juga : Cara Mengatasi your Connection Is Not Private Dengan Mudah