fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressDomain

6 Cara Ganti Domain WordPress Gratis dan Lengkap

Wiliam

Akan tiba saatnya untuk sebuah bisnis berkembang dan mulai melakukan penawaran produk maupun layanan baru. Nah, untuk saat ini yang sedang terjadi adalah strategi marketing harus melakukan perubahan. Salah satunya adalah harus paham dengan cara ganti domain WordPress gratis sesuai brand miliknya.

Selain membuat alamat website yang lebih mudah dibaca. Nama domain ini juga menjadi salah satu wakil dari sebuah brand yang bizzie miliki. Maka dari itu, sebisa mungkin harus mencerminkan tujuan dan misi dari brand tersebut.

Untungnya untuk langkah penggantian domain WordPress ini tidak sulit dilakukan. Di dalam artikel kali ini akan dibahas lengkap dan jelas mengenai cara ganti domain WordPress gratis.

Cara Ganti Domain WordPress Gratis

Cara ganti domain WordPress gratis ini sebenarnya tidak sulit dilakukan. Akan tetapi, bizzie mungkin harus melakukan perubahan kode PHP website. Pada proses modifikasi kode yang satu ini bisa sangat membahayakan website, ketika caranya salah. Maka dari itu, pastikan bizzie mengikuti cara ganti domain WordPress gratis dengan teliti. Ikuti beberapa cara ganti domain WordPress gratis, sebagai berikut :

●      Mendapatkan nama domain yang baru.

●      Menambahkan domain baru ke dalam hosting.

●      Salin semua file WordPress dari domain yang lama.

●      Merubah URL dan alamat website di dalam WordPress.

●      Perbaikan dan mengatur ulang struktur URL.

●  Redirect domain lama ke yang baru.

Semua point yang sudah disebutkan diatas ini akan dijelaskan lebih detail di kesempatan kali ini. Namun, bizzie harus memastikan sudah memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Backup Website

Backup website bizzie sebelum melakukan perubahan besar. Dengan melakukan cara ganti domain WordPress gratis ini bisa melakukan pemulihan website apabila terjadi suatu kesalahan. Ketika tidak dilakukan backup, bizzie berisiko kehilangan semua data website dan harus melakukan dari awal lagi.

Website WordPress ini juga terdiri dari dua komponen utama, yaitu website dan database. Maka dari itu, sebelum melakukan transfer konten website lama ke baru harus melakukan backup terlebih dahulu.

2. Akses Dashboard Hosting atau FTP Client

Ketika ingin melakukan pergantian domain WordPress, bizzie membutuhkan akses ke dalam dashboard akun hosting. Di dalam dashboard inilah bizzie akan menambahkan alamat domain yang baru.

Selain itu, bizzie juga bisa menggunakan FTP Client untuk melakukan upload backup website. Untuk melakukannya, bizzie harus konfigurasi filezilla client terlebih dahulu. Setelah semuanya selesai, bizzie bisa melakukan upload dan mengelola file yang lebih besar dengan jarh jauh dari perangkat komputer.

3. Nama Domain Baru

Pastikan untuk bizzie sudah melakukan riset yang tepat sebelum melakukan pembelian domain baru, mulai dari mencari register kredibel sampai dengan menentukan ekstensi yang sesuai dengan alamat website. Sebaiknya, untuk bizzie bisa membuat daftar nama domain yang potensial dan mengecek ketersediaan menggunakan domain checker.

Apabila semua syarat yang sudah disebutkan diatas sudah lengkap, maka bizzie bisa melanjutkan ke cara ganti domain WordPress gratis. Sebagai berikut penjelasan lebih lengkapnya :

1. Mendapatkan Domain Baru

Untuk membeli nama domain baru, maka bizzie bisa langsung saja mengetikkan nama domain yang diinginkan. Bizzie juga bisa melihat apakah nama domain tersebut tersedia maupun tidak. Bahkan, untuk bizzie juga bisa melihat sejumlah saran nama domain alternatif dan biayanya.

2. Menambahkan Nama Domain Baru dan Upload Backup

Cara ganti domain WordPress gratis selanjutnya, yaitu menambahkan nama domain baru ke dalam paket hosting yang sudah tersedia. Ada dua pilihan cara untuk melakukan backup, yaitu :

●      Menggunakan aaPanel.

●  Menggunakan cPanel.

3. Copy Semua File Inti WordPress Pada Domain Lama

Proses transfer konten dari website lama ke baru ini sangat mudah, karena bisa menggunakan fitur backup. Apalagi, bizzie tidak perlu melakukan pergantian provider hosting. Download file backup bizzie dari dashboard hosting dan copy folder domain lama ke baru.

4. Mengubah URL dan Alamat Website

Cara ganti domain WordPress Gratis yang berikutnya, adalah melakukan pembaharuan URL dan alamat website lama. Pada cara yang satu ini sangat membantu dan memberikan user experience yang sangat optimal bagi para pengunjung website tersebut. Bahkan, dengan cara tersebut bisa mempermudah proses crawler website untuk menemukan dan indeks konten.

Ada beberapa pilihan opsi untuk melakukan cara yang satu ini. Salah satunya, yaitu mengakses dashboard admin WordPress dan melakukan pembaharuan database WordPress menggunakan phpMyAdmin.

5. Mengatur Ulang Struktur URL

Sampai cara ganti domain WordPress gratis kali ini, bizzie sudah berhasil melakukan pergantian alamat dan URL website. Pada langkah selanjutnya, yaitu pembaharuan struktur URL.

Apabila struktur dibiarkan dan tidak diganti sama sekali. Maka dari itu, postingan dan halaman website mungkin akan memberikan tampilan error 404 di setiap para pengunjung melakukan percobaan masuk di dalam halaman tersebut.

Eror ini bisa terjadi, ketika server tidak dapat mengambil postingan maupun halaman yang diminta karena resource tidak ditemukan. Maka dari itu, bizzie harus melakukan perubahan struktur URL alamat website agar konten bisa diakses oleh para pengunjung.

6. Redirect Domain WordPress Lama Secara Permanen

Cara ganti domain WordPress gratis yang paling akhir adalah membuat 301 redirect. Pada cara yang satu ini akan mengalihkan URL dari domain yang lama ke domain baru. Bahkan, untuk pengalihan ini akan turut transfer nilai ranking halaman, sehingga upaya melakukan SEO ini tidak sia-sia di saat pindah ke domain baru.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara ganti domain WordPress gratis. Semoga bisa membantu bizzie yang ingin mengembangkan website menjadi lebih baik dan tidak kalah dengan kompetitor.

Baca Juga