fbpx

5 Macam Plugin Backup WordPress Terbaik 

kini mempunyai banyak macam dan fungsinya masing-masing. Ada juga salah satu hal penting harus diketahui bahwa plugin ini dipergunakan untuk proses backup. 

Saat ini ada beberapa wordpress terbaik yang dapat dipilih oleh bizzie. Melakukan backup menjadi satu hal yang wajib dilakukan oleh bizzie yang mempunyai layanan

Dengan melakukan backup kali ini mempunyai satu tujuan yang penting yaitu supaya mengantisipasi beberapa hal tidak diinginkan. Salah satu hal yang sering terjadi adalah terkena hack, virus atau masih banyak lainnya, 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai plugin terbaik. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

5 Macam Plugin Backup WordPress Terbaik 

1. BackupBuddy 

Plugin backup wordpress terbaik yang pertama ada pada BackupBuddy. BackupBuddy  kini menjadi salah satu plugin yang sudah lama berada di wordpress. Sejak tahun 2010 BackupBuddy sudah berhasil mengamankan lebih dari 1,2 juta pengguna wordpress. 

Untuk proses penggunaan plugin kali ini juga cukup mudah. Langkah yang dapat dilakukan adalah memberikan beberapa klik supaya proses backup dapat berjalan secara otomatis. 

Pada proses backup kali ini dilakukan secara penuh supaya semua database maupun file bisa langsung terbackup. Sedangkan untuk bizzie yang ingin mengarahkan file backup ke lokasi lain juga dapat dilakukan dengan restore wordpress secara mudah. 

Selain itu, bizzie juga dapat melakukan backup secara terjadwal dan sehingga tidak perlu lagi proses manual. Ada juga kemampuan lain yang didapatkan pada plugin kali ini yaitu pada permasalahan optimasi database. 

Bizzie yang memilih fitur premium akan otomatis mendapatkan 1GB penyimpanan secara gratis pada Stash Live Storage. Dengan penyimpan tersebut membuat bizzie dapat melakukan backup secara berkala. Sehingga untuk perubahan atau modifikasi pada post sudah terbiasa terjadi ketika menggunakan plugin satu ini. 

Baca Juga :  Cara Setting Plugin Autoptimize

2. BlogVault 

Plugin backup wordpress terbaik kedua ada BlogVault. BogVault adalah salah satu plugin yang saat ini sedang populer. Untuk proses backup yang ada di BlogVault ini tidak terlalu membebani dari server hosting. 

Selain itu, pada fitur kali ini juga dapat membuat BlogVault ini lebih dikenal dengan as a service. Pada saat melakukan backup dengan menggunakan BlogVault bisa dilakukan secara otomatis. 

Bahkan untuk setiap hari yang ingin melakukan backup pun juga bisa dengan menggunakan unlimited on demand. Unlimited on demand merupakan salah satu fitur yang dapat memberikan kemungkinan proses backup dapat dilakukan dengan hanya memperbaharui file saja. 

Tentu saja dengan hal tersebut dapat menghemat server load dan memastikan bahwa semua performa berjalan secara optimal. Selain itu, dengan menggunakan proses backup kali ini membuat plugin dapat melakukan recover website. 

Bizzie yang menggunakan BlogVault kali ini akan diberikan masa penyimpanan sampai dengan sembilan puluh hari. Sehingga, di saat terjadi permasalahan yang tidak disengaja semua atau file tetap terjaga secara amana. 

3. BoldGrid Backup

Plugin backup wordpress terbaik ketiga ada pada BlogGrid Backup. BoldGrid Bakcup kini menjadi salah satu yang paling sederhana. Pada plugin kali ini dapat dilakukan untuk bizzie yang ingin membuat file backup di sebuah website. 

Selain itu, plugin kali ini juga menjadi solusi ketika melakukan wordpress backup. BoldGrid Bakcup ini sudah terkenal pada sebuah . Pada saat menggunakan plugin ini dapat diatur untuk melakukan kegiatan backup secara otomatis. 

Sedangkan untuk bizzie yang ingin melakukan backup secara manual juga bisa menggunakan BoldGrid Backup. Dengan memberikan satu klik saja sudah dapat memindahkan file pada web hosting lainnya. 

Lebih menariknya lagi bahwa BoldGrid Backup mempunyai proteksi kesalahan. Proteksi kesalahan kali ini dapat membuat backup website sebelum terjadinya update. Pada saat proses update gagal, maka secara otomatis website akan kembali kepada versi yang sebelumnya.

Baca Juga :  Plugin Cadangan WordPress Terbaik Tahun 2019

Baca Juga : Plugin Page Builder WordPress Terbaik dan Paling Populer

4. VaultPress 

Plugin backup wordpress terbaik keempat ada pada VaultPress. Pada awalnya plugin yang satu ini menjadi produk yang dikebangkan secara mandiri oleh Matt Mullenweg. 

Matt Mullenweg saat ini sedang menjadi co founder dari wordpress. Akan tetapi, VaultPress kini sudah berhasil menjadi bagian produk dari Jetpack. Plugin yang satu ini tidak bisa digunakan secara gratis oleh bizzie. Artinya untuk bizzie yang ingin menggunakan VaultPress harus mengeluarkan sedikit biaya. 

Ada banyak fitur yang didapatkan ketika menggunakan VaultPress. Tentu saja semua fitur di VaultPress ini dapat mendukung dalam proses backup website Contoh fitur yang diberikan yaitu keamanan dan masih banyak lainnya. 

Vaultpress juga mempunyai pilihan beberapa paket yang dapat dipilih oleh bizzie. Semua paket yang tersedia kali ini tinggal disesuaikan kembali dengan kebutuhan serta keinginan. 

5. Duplicator 

Plugin backup wordpress terbaik yang paling akhir ada pada Duplicator. Duplicator dapat mempermudah bizzie untuk melakukan backup ke dalam sebuah file dengan format zip. Sehingga, bizzie juga dapat melakukan proses unduhan secara offline. 

Setelah proses unduh secara offline, maka bizzie bisa memindahkan server ke media penyimpanan lainnya. Dengan hal tersebut dapat menjaga file ketika sewaktu-waktu terjadi kesalahan. 

Ada satu fitur yang sangat menarik ketika menggunakan Duplicator. Satu fitur tersebut adalah sebelum melakukan duplikasi memerlukan konfigurasi pada sebelumnya. Dengan fitur tersebut juga hampir sama dengan staging yang memberikan kemungkinan untuk dapat membuat website lain meski server masih sama. 

Untuk bizzie sedang mencari plugin backup wordpress terbaik bisa memilih salah satu diantara yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, pilih salah satu plugin yang menurut bizzie paling mudah untuk digunakan. 

Nah, sekian penjelasan mengenai macam-macam plugin backup wordpress terbaik. Besar harapan dengan penjelasan di atas dapat mempermudah bizzie yang ingin menggunakan plugin. 

Baca Juga : Cara Memasang Google Maps di Website Secara Mudah dan Cepat