fbpx

5 Cara Melindungi Website dari Hacker Biar Lebih Aman

Peretasan masih menjadi salah satu ancaman utama internet saat ini. Tak hanya mengincar pengguna saja, hacker juga sering mengincar website. Lalu bagaimana cara melindungi website dari hacker?

Inilah Cara Melindungi Website dari Hacker

Saat ini, hacker bukan lagi sekedar iseng mengganti tampilan website atau mencuri data pengguna saja. Peretas ini juga berusaha untuk memanfaatkan website untuk dijadikan relay spam atau bahkan untuk menyediakan file ilegal.

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, prnting bagi para pemilik situs untuk mengetahui cara melindungi website dari hacker.

Nah, begini kiat dan cara untuk mencegah serangan peretas terhadap website Anda

1. Gunakan plugin keamanan

Besar kemungkinan situs Anda menggunakan CMS seperti yang terkenal akan yang begitu banyak pilihan.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan ketersediaan plugin untuk mengoptimalkan keamanan website, seperti halnya SiteLock. Plugin ini dapat digunakan untuk mengenali malware, memindai virus, mendeteksi adanya celah keamanan website dan sebagainya.

2. Aktifkan HTTPS

Anda yang belum mengetahui, HTTPS adalah protokol untuk menjamin keamanan data yang diterima pengguna berasal dari server yang sesuai.

Hal ini memastikan bahwa data tersebut tidak dicegat atau diubah oleh pihak lain saat ditransfer. Protokol ini mencegah hacker untuk mengambilalih sesi login pengguna dan melakukan tujuan mereka.

3. Update Software

Pastikan bahwa software yang digunakan selalu dalam kondisi up-to-date untuk memastikan keamanan dalam kondisi optimal.

Baca Juga :  Mengenal Visual Code Studio dan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Pembaruan perangkat lunak seringkali dihadirkan juga untuk menutup celah keamanan yang seringkali dimanfaatkan peretas. Hal ini menjadi lebih penting apabila Anda menggunakan pihak ketiga di website.

4. Kelola sandi  

Anda pasti sudah memahami bahwa admin ataupun server harus dibuat seunik dan serumit mungkin agar tak mudah ditebak atau dikerjai oleh hacker.

Selain membuat sandi minimal 8 karakter, kombinasi huruf kapital dan angka, sangat disarankan Anda untuk selalu memperbarui sandi. Pembaruan sandi ini bisa dilakukan secara teratur sesuai keinginan.

Jika Anda bermasalah dengan mengingat kata sandi ini, bisa memanfaatkan penyimpanan sandi baik itu yang berupa aplikasi ataupun layanan lainnya. Pastikan saja penyimpanan sandi tersebut juga diamankan dengan enkripsi, misalnya SHA. Bisa pula dengan keamanan tambahan dengan menggunakan kata sandi salt + pada website. 

5. Uji keamanan website 

Cara berikutnya yang juga dipandang penting untuk dilakukan adalah dengan menguji keamanan website. Anda bisa menggunakan alat keamanan atau pengujian pena. Beberapa alat ini bisa Anda akses secara gratis.

Baca Juga : Cara Mengubah Permalink di WordPress yang Aman 

Pengujian dilakukan dengan mekanisme yang mirip apa yang dilakukan oleh hacker, yaitu mencoba menyusup ke situs dan mencoba semua eksploit yang mungkin ada. Contoh alat keamanan gratis ini antara lain Netsparker, OpenVAS, SecurityHeaders.io hingga Xenotix XSS Exploit Framework.   

Kiat Menjaga Keamanan Website

Selain menerapkan cara-cara di atas, masih ada beberapa tips yang juga perlu Anda pertimbangkan untuk lebih mengamankan website.  

  • Rajin backup; seringkali diremehkan, cadangan data website bisa menjadi lapisan keamanan terakhir seandainya situs Anda benar-benar dikacaukan hacker
  • Gunakan Firewall; aplikasi ini bisa menjadi lapisan pertama untuk mengamankan website, dengan menyaring spam dan bot maupun serangan dari situs lain  hingga memblokir IP address secara otomatis
  • Aktifkan Secure Socket Layer (); yaitu protokol terenkripsi untuk mentransfer data di antara website dengan database
  • Gunakan profesional; berbagai langkah dalam cara dan kiat di atas, mungkin bisa lebih mudah Anda lakukan jika menggunakan layanan hosting berkualitas  
Baca Juga :  Apa Itu Supplier? Pengertian dan Tugasnya

Kesimpulan

Bagaimana, saat ini Anda pasti sudah memiliki rencana apa yang harus dilakukan untuk melindungi website dari hacker.

Website yang sudah menjadi aset, memang layak untuk diamankan sebaik mungkin. Bahkan tak sedikit pula pemilik website yang memandang pengamanan situs ini sebagai .