fbpx

5 Cara Cek Broken Link 

Pada saat bizze akan membangun dan merancang website, ada salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Untuk satu langkah penting tersebut adalah melakukan broken

Broken link yaitu sebuah tautan yang ada di halaman . Secara umum untuk broken link dapat digunakan untuk memberikan laporan error 404 pada browser. Ketika situs atau website bizzie mempunyai broken link yang berlebih, maka mesin pencarian akan memberikan tayangan berada di posisi paling atas. 

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara cek broken link. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan cara cek broken link bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Sekarang ini perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Maka dari itu, untuk melakukan cara cek broken link bisa dengan menggunakan beberapa perangkat. Untuk beberapa perangkat atau tools yang dapat dilakukan dalam menerapkan cara cek broken link adalah:

1. Online Broken Link Checker

Cara cek broken link pertama bisa dengan menggunakan broken link checker. Pada saat bizzie sudah mengunjungi situs akan langsung diberikan beberapa kolom untuk memasukkan beberapa alamat website. Tentu saja dengan melakukan pengecekan tersebut bisa mengetahui keberadaan dari broken link tersebut. 

Menariknya lagi pada saat bizzie menggunakan Online Broken Link Checker ada beberapa fitur yang sangat membantu. Untuk beberapa fitur yang dapat digunakan adalah:

  • Dapat melakukan pengecekan broken link dengan pada website maupun blog. 
  • Mempunyai unlimited page scan ketika melakukan pengecekan broken link pada sebuah website. 
  • Memberikan hasil lokasi link serta masalah yang sedang dihadapi oleh sebuah website. 
  • Online Broken Link Checker dapat digunakan pada dengan sistem Windows, Mac OS, Linux dan juga iOS. 
Baca Juga :  Cara Reset Password WordPress di cPanel

2. Broken Link Check Plugin

Cara cek broken link kedua bisa dengan menggunakan . Pada saat akan menggunakan cara cek broken link kali ini hanya bisa diterapkan pada website yang berbasis

Selain itu, untuk plugin pada Broken Link Checker ini dapat memberikan fungsi untuk melakukan monitor. Menariknya lagi broken link ini juga dapat digunakan untuk memeriksa semua link secara internal maupun eksternal. 

Pada plugin di Broken Link Check kali ini mempunyai interface yang sangat intuitif. Sehingga semua para pengguna lebih cepat untuk memahami pada semua kegunaan di setiap menu. 

Untuk bizzie yang ingin mengubah link sudah rusak juga bisa dengan menggunakan cara cek broken link satu ini. Maka dari itu, tidak perlu lagi melakukan perubahaan pada setiap link secara manual lagi. 

Ketika menggunakan Broken Link Check Plugin juga dapat mencari link dengan menggunakan URL serta anchor text. Dirasa dengan cara tersebut akan lebih efisien ketika melakukan monitor serta memperbaiki website yang rusak. 

3. ScreamingFrog

Cara cek broken link ketiga bisa menggunakan Screaming Frog. Pada saat menggunakan alat yang satu ini akan membantu bizzie untuk melakukan penelusuran pada semua link. 

Beberapa hal yang dapat ditelusuri adalah link yang masalah dan optimasi pada sebuah website. Selain itu, dengan menggunakan Screaming Frog juga dapat melakukan pemeriksaan link yang sudah rusak. 

Bisa dikatakan juga bahwa Screaming Frog ini sebagai alat untuk melakukan audit pada sebuah website. Maka dari itu, terdapat fitur yang sangat lengkap di alat satu ini. 

Baca Juga : Cara Mengubah Permalink di WordPress yang Aman 

Banyak yang merasakan bahwa dengan menggunakan Screaming Frog sangat membantu dan efektif untuk melakukan pemeriksaan pada link yang rusak. Akan tetapi, juga ada beberapa kalangan masyarakat lain yang menggunakan Screaming Frog dengan tujuan lain. 

Baca Juga :  Panduan Cara Migrasi Blogger ke WordPress dengan Cepat dan Aman

Tujuan lain yang dimaksud adalah dengan menggunakan Screaming Frog dapat melakukan optimasi konten. Sehingga website bizzie bisa dijadikan sebagai mesin pencarian. 

Untuk bizzie yang ingin menggunakan Screaming Frog ini tidak perlu berbayar atau alias gratis. Screaming Frog juga dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan sampai dengan 500 URL. Apabila menggunakan versi yang berbayar dapat melakukan pengecekan URL tanpa terbatas. 

4. W3C Link Checker

Cara cek broken link keempat bisa dengan menggunakan W3C Link Checker. Pada alat yang satu ini sangat penting di saat akan melakukan pemeriksaan broken link di beberapa bagian tertentu. 

Bizzie juga dapat melakukan pengaturan seberapa alat yang satu ini digunakan ketika sedang mencari kerusakan pada link. W3C Link Checker dirasa sangat berguna ketika akan melakukan audit di beberapa website. Alat yang satu ini juga sudah sangat populer pada kalangan praktisi dan auditor website. 

5. Google Search Console

Cara cek broken link yang paling akhir bisa dengan menggunakan Search Console. Console merupakan salah satu alat yang dapat dipergunakan secara gratis. 

Sangat disarankan untuk bizzie yang ingin melakukan pemeriksaan link rusak pada sebuah website dengan menggunakan Google Search Console. Akan tetapi, supaya tetap bisa menggunakan alat ini harus melakukan terintergasi terlebih dahulu dengan situs milik bizzie. 

Pada saat menggunakan Google Search Console terdapat fitur Coverage yang berguna untuk melakukan identifikasi masalah pada link secara real time. Selain itu, bizzie juga akan diberikan notifikasi melalui email ketika terjadi error. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai macam-macam cara cek broken link yang dapat dipilih oleh bizzie. Besar harapan dengan penjelasan di atas dapat membantu bizzie yang ingin melakukan pengecekan broken link.

Baca Juga : Memperbaiki Permalink di WordPress [Mudah dan Lengkap]