fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

3 Cara Memasang Meta Slider di WordPress, Dijamin Website Makin Cakep!

Wiliam

Ketika Bizzie mengunjungi sebuah halaman website terkadang menemui gambar bergerak secara otomatis. Bagian tersebut biasanya menampilkan informasi terkait promo atau gambaran produk. Ketika Bizzie menjumpainya di halaman blog umumnya digunakan untuk menampilkan feature image artikel terakhir. Fitur untuk menampilkan gambar bergerak ini biasa disebut sebagai sliders (meta slider) atau dikenal juga dengan nama carousel.

Slider di website dapat Bizzie dipasang dengan mudah. Selain itu, meta slider juga mempunyai beberapa manfaat tersendiri bagi website Bizzie. Agar lebih mudah memahami, kami akan menguraikan apa saja langkah-langkah atau cara memasang meta slider di wordpress.

Cara Memasang Meta Slider di WordPress

Sejatinya ada begitu banyak macam plugin slider yang telah disediakan oleh WordPress. Namun, tetapi pada artikel ini kita akan menggunakan bantuan plugin Master Slider untuk cara memasang meta slider di wordpress. Master slider mempunyai banyak fitur di dalamnya. Plugin ini pun cukup mudah untuk digunakan bahkan bagi orang awam sekalipun. Berikut adalah cara memasang meta slider di wordpress menggunakan plugin Master Slider di WordPress:

Cara Pertama: Membuat slider di WordPress dan Menambahkan Media yang Hendak Digunakan

Pertama-tama, cara memasang meta slider di wordpress yakni, Bizzie harus menginstall master slider melalui menu plugin yang tersedia di dashboard WordPress, “Dashboard » Plugin » Add New”. Jika plugin in sudah terinstall dan diaktifkan, kemudian Bizzie cari tab Master Slider di dashboard.

Ketika Bizzie membuka menu ini, Bizzie akan menemukan seluruh daftar slider yang aktif di WordPress. Namun, apabila kosong berarti belum ada slider aktif di dalam WordPress. Bizzie tinggal klik Create New Slider guna menambahkan slider baru ke dalam website Bizzie. Saat tombol “Create New Slider” Bizzie klik, akan muncul jendela untuk memilih tipe slider yang ingin Bizzie buat.

Bizzie memiliki 8 pilihan slider, termasuk horizontal slider dengan dan tanpa thumbnails. Kemudian, Bizzie dapat memilih Sample Sliders sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh di artikel ini kita akan menggunakan Slider with Horizontal Thumbnails. Lalu, Bizzie  akan diarahkan ke pengaturan slides.

Cara memasang meta slider di wordpress pada tab ini, Bizzie dapat menambahkan ke slider dengan menggunakan WordPress uploader, atau dengan memilih gambar yang sudah ada di media penyimpanan Bizzie. Bizzie dapat menambahkan gambar atau foto ke dalam slide menggunakan menu ini.

Jika sudah, gambar slider sudah siap digunakan, tetapi Bizzie jangan langsung menutup menu, karena terdapat beberapa pengaturan yang perlu Bizzie sesuaikan. Cara memasang meta slider di wordpress yang pertama berhasil.

Cara Kedua: Mengkonfigurasikan Slider WordPress

Masih menu yang sama, cara memasang meta slider di wordpress berikutnya ketika Bizzie gulir ke bawah, maka terdapat pengaturan slider lainnya. Bizzie dapat menyesuaikan tampilan dan berbagai tambahan fitur melalui menu di bawahnya. Pilihan pengaturan yang pertama ialah Background.

Di bagian background tersebut, Bizzie dapat mengkonfigurasi gambar background, warna, teks, sert file mode untuk setiap slider. Selain itu, Bizzie dapat memilih Thumbnail dari background yang Bizzie tambahkan.

Di samping tab Background, akan ada tab Video and Link. Tab ini digunakan untuk menambahkan link URL saat klik gambar oleh pengunjung website. Bizzie dapat memilih untuk menampilkan halaman sumber gambar atau mengarahkannya ke halaman yang lain lewat tab ini. Atau di sampingnya lagi Bizzie dapat menambahkan informasi terkait dengan slide menggunakan Slide Info.

Informasi yang Bizzie tambahkan di sini akan muncul di dalam slider ketika pengunjung menjangkau slide yang spesifik di website. Jika Bizzie sudah selesai memasukkan beberapa pengaturan tambahan, ini berarti cara memasang meta slider di wordpress telah Bizzie selesaikan. Hal yang perlu Bizzie lakukan sekarang akan melakukan review terhadap slider yang sudah Bizzie buat. Caranya tinggal gulir saja ke bawah dan Bizzie dapat melihat gambar serta tampilan slider yang nantinya muncul di website.

Jika sudah di Tab Slides, Bizzie dapat melanjutkan pengaturan melalui Tab Slider Setting, Slider Control, serta Slider Callbacks. Ketiga tab ini dapat Bizzie gunakan untuk mengatur berbagai pengaturan slider lainnya. Contohnya di dalam Slider Setting, Bizzie dapat mengatur nama slider, ukuran slider, dan metode yang digunakan slider saat berjalan di website.

Di dalam pengaturan ini Bizzie juga dapat mengatur pemotongan” maupun penyesuaian ukuran gambar secara otomatis berdasarkan ukuran yang disesuaikan sebelumnya. Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, jangan lupa klik Save Changes agar pengaturan yang sudah Bizzie buat tidak hilang. cara memasang meta slider di wordpress yang kedua selesai.

Cara ketiga: Menampilkan Slider di Halaman Manapun yang Diinginkan

Langkah atau cara memasang meta slider di wordpress terakhir yang perlu Bizzie lakukan adalah, menambahkan slider ke dalam halaman atau unggahan yang hendak diberi slider di dalamnya. Setelah Bizzie selesai membuat slider tadi, berikutnya akan ada list slider yang telah dibuat. Setiap list memiliki shortcode di sampingnya.

Maka dari itu, Bizzie tinggal menyalin shortcode yang tersedia lalu menambahkannya ke dalam halaman atau postingan. Untuk memperoleh shortcode, silakan Bizzie buka Tab Master Slider yang terdapat di dashboard WordPress. Salin shortcode slider yang ingin Bizzie tambahkan, lalu buka editor halaman atau unggahan, kemudian tempelkan shortcode di mana saja untuk memunculkan slider di WordPress.

Setelah Bizzie masukkan, pastikan Bizzie tidak lupa klik “Update” guna menerapkan perubahan yang dilakukan. Bizzie dapat membuat slider di WordPress sebanyak mungkin dengan menggunakan plugin Master Slider. Untuk menghapus slider yang sudah tidak Bizzie pergunakan lagi, silakan masuk ke tab Master Slider, kemudian pilih delete atau ikon keranjang sampah. Cara memasang meta slider di wordpress selesai.

Nah, itulah 3 cara memasang meta slider di wordpress yang dapat Bizzie praktikkan. Semoga dengan mengetahui cara-cara di atas, website Bizzie semakin terlihat cantik dan banyak pengunjung. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Baca Juga