fbpx

3 Cara Flush DNS Secara Mudah dan Cepat 

Bagi kalangan masyarakat yang awam dengan dunia teknologi pasti merasa sangat kesulitan ketika mendengar cara . Memang pada kenyataannya untuk cara flush DNS ini memang tidak mudah. 

Dalam segi teknis nya untuk cara flush DNS ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan semua kalangan masyarakat bisa melakukan cara flush DNS. Pada saat melakukan cara flush DNS ini tidak membutuhkan pengetahuan secara teknis. 

Untuk saat ini banyak sekali yang tersedia pada halaman . Dengan banyaknya tutorial membuat kalangan masyarakat merasa terbantu. Pada kesempatan kali ini juga akan dibahas secara jelas dan detail mengenai cara flush DNS. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan cara tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Lebih Dekat Cara Dengan DNS 

DNS adalah singkatan dari Name System. Untuk web yang ada pada semua perangkat komputer ini berfungsi menyimpan file yang berasal dari mesin pencarian. 

Untuk file cache pada DNS ini berisikan mengenai beberapa informasi yang sering disebut juga dengan Resources Records (RR). Semua yang pernah dikunjungi dan yang disajikan ini berbentuk kode ASCII. 

Ada beberapa komponen yang ada di dalam cache DNS. Untuk beberapa komponen tersebut seperti resource data, jenis record, nama dari record, time to live, class dan juga panjang data resource. 

Ketika pertama kali para pengguna OS membuka atau mengunjungi website akan otomatis tersimpan file cache dari DNS tersebut. Dengan adanya cara tersebut dapat mempermudah maupun mempercepat proses DNS lookup dengan melakukan me resolve domain ke alamat IP. Sehingga dengan hal tersebut membuat halaman web bisa melakukan loading dan mengunjungi alamat IP lebih cepat. 

Cara Flush DNS Pada Perangkat Windows

Pada saat menggunakan perangkat komputer dengan sistem windows ini terbilang sangat mudah ketika melakukan cara flush DNS. Akan tetapi ada satu hal yang harus diingat ketika akan menerapkan cara flush DNS pada perangkat windows. 

Baca Juga :  Cara Install CloudPanel di Debian 10 Buster

Satu hal yang perlu diingat adalah selalu mengaktifkan run as administrator. Dengan melakukan pengaktifan ini bisa dipergunakan untuk membuka CMD dan bizzie diberikan izin untuk mengakses semua keamanan dari sistem tersebut. 

Ada beberapa cara yang harus dilakukan ketika akan mengaktifkan flush DNS pada perangkat windows. Untuk cara mengaktifkan flush DNS pada windows adalah:

  • Langkah utama bisa melakukan tombol windows + R secara bersamaan. Ketika bingung bisa langsung saja melakukan klik kanan pada menu start. Setelah itu bisa langsung memilih menu RUN. 
  • Pada saat sudah berada di menu RUN bisa langsung saja mengetikkan cmd yang berfungsi untuk membuka command prompt pada windows. Ketika belum memiliki hak administrator bisa menekan ctrl+shift+enter. 
  • Ketikan lagi ipconfig atau flushdns pada bagian kolom CMD tersebut. Setelah proses mengetik sudah selesai bisa langsung menekan tombol enter. Sistem dari command ini akan melakukan flush DNS dan reset cache secara otomatis. 
  • Setelah semua proses sudah selesai dan berhasil, bizzie bisa langsung melihat pesan konfirmasi yang ada pada command prompt. 

Cara Flush DNS Pada Perangkat Linux 

Secara biasa atau default untuk perangkat linux tidak mempunyai tugas untuk menyimpan DNS yang berbentuk cache. Ketika ingin melakukan install layanan DNS bisa dilakukan secara manual.

Ada satu hal yang harus dilakukan ketika ingin melakukan cara satu ini. Untuk satu hal tersebut adalah sudah mempunyai atau menggunakan hak administrator terlebih dahulu. Untuk cara flush DNS lebih lengkapnya adalah:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan pada cara flush DNS pada linux adalah menekan tombol ctrl+alt+t. Lakukan ketiga tombol tersebut secara bersamaan. Dengan menekan tiga tombol bersamaan ini bisa langsung membuka jendela dari terminal perangkat. 
  • Setelah berada di halaman utama bisa langsung membuka command yang dipergunakan untuk menghapus file cache DNS. Untuk kode command harus mempunyai subdirektori init.d. 
Baca Juga :  Cara Mengatasi Error 404 dengan Menonaktifkan Tema dan Plugin

Setelah proses di atas sudah selesai maka bisa langsung melakukan cara flush DNS dengan menggunakan systemd. Untuk cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Lakukan tombol ctrl+alt+t secara bersama-sama. Setelah melakukan tombolan secara bersama-sama akan langsung otomatis membuka jendela terminal dari perangkat tersebut. 
  • Pada saat sudah berada di halaman utama bisa langsung mengetikan command terlebih dahulu. 
  • Masukkan kembali command prompt pada kolom yang tersedia. Untuk memasukan kode command prompt kali ini berfungsi untuk mengetahui command yang sebelumnya sudah berhasil atau belum. 

Baca Juga : Cara Setting DNS di Control Panel, Mudah Kok!

Cara Flush DNS Menggunakan Google Chrome 

Pada chrome sendiri mempunyai tugas menyimpan cache DNS secara terpisah dari segala jenis perangkat yang digunakan. Dengan melakukan cara flush DNS dapat membantu ketika terjadi masalah

Untuk kalangan masyarakat yang menggunakan google chrome sebagai alat pencarian utama harus sering melakukan flush dns. Tentunya untuk cache yang ada di flush DNS google chrome ini berbeda-beda. 

Sekaligus juga cara yang dilakukan dan diterapkan pada kali ini juga berbeda. Untuk cara flush DNS pada google chrome adalah: 

  • Langkah utama tentunya membuka google chrome. Ketika sudah berada di menu utama bisa langsung memasukkan url chrome://net-internals/#dns. 
  • Ketika sudah berhasil masuk dengan menggunakan url tersebut bisa langsung masuk pada pengaturan internal net. Di dalam pengaturan tersebut bisa langsung memilih clear host cache.

Dengan menggunakan beberapa cara yang sudah di atas akan sangat mudah untuk diterapkan. Lebih menariknya lagi tidak membutuhkan banyak waktu untuk menerapkan beberapa cara tersebut. 

Sekian penjelasan mengenai cara flush DNS. Besar harapan dengan penjelasan diatas dapat membantu kalangan masyarakat dan bizzie untuk melakukan flush DNS pada beberapa perangkat yang digunakan.

Baca Juga : Rekomendasi DNS Tercepat Agar Browsing Makin Lancar