fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

2 Cara Menghapus Menu di WordPress yang Mudah Dilakukan

Wiliam

WordPress merupakan salah satu aplikasi yang berbasis web dan bisa digunakan secara gratis untuk keperluan membuat blog maupun website bisnis atau organisasi. Di dalam website resmi WordPress, disebutkan bahwa WordPress merupakan sebuah perangkat lunak kode terbuka yang bisa bizzie gunakan untuk menciptakan situs cantik, blog maupun app.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara menghapus menu di WordPress. Sedangkan, untuk bizzie yang sudah mempunyai situs WordPress dan ingin menghapus beberapa menu bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Sejarah WordPress

Tahun ini WordPress diciptakan oleh dua orang developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Bahkan, di tahun ini dan tepatnya 27 Mei 2003 WordPress sudah berhasil merilis versi yang pertama yaitu 0,7.

Memasuki di tahun 2004 dan tepatnya 22 Mei 2004, untuk WordPress versi 1.2 ini kembali merilis dengan membawa fitur baru yaitu moderasi komentar dan review post. Pada tahun 2005 dua versi sudah dirilis secara berturut-turut, yaitu versi 1.5 di tanggal 17 Februari 2005 dan versi 31 Desember 2005.

Tahun 2007, WordPress merilis versi 2.1 dan mempunyai fitur autosave, spell check dan beberapa fitur lainnya. Sedangkan, di tahun 2008 untuk WordPress ini diperkenalkan dengan sistem widget dan shortcode API. Pada akhirnya di tahun 2015-2020, untuk WordPress mengeluarkan versi 4.2 dan 5.4.1 di tanggal 29 April 2020.

Fungsi WordPress

1. Untuk Membuat Blog

Kegunaan pertama dari WordPress adalah untuk membuat blog. Baik itu WordPress berupa CMS maupun WordPress.com ini banyak digunakan untuk membuat blog. Contohnya, seperti portal uang yang banyak sekali menggunakan WordPress.

  1. Untuk Membuat Toko Online

Bagi yang belum banyak yang tahu, WordPress ini juga banyak sekali digunakan untuk membangun website toko online dengan menggunakan plugin WooCommerce. Pada plugin yang satu ini bisa digunakan secara gratis dan mempunyai banyak sekali macam-macam fitur, yaitu :

●      Halaman produk, checkout dan keranjang.

●      Pembayaran yang aman dengan menggunakan kartu kredit dan metode alternatif.

●      Opsi pengiriman yang bisa dikonfigurasi dan termasuk tarif datar.

●      Terintegrasikan dengan konten dan perdagangan di semua situs menggunakan blok modular.

●      Perhitungan pajak secara otomatis.

2. Untuk Membuat Forum

Sebelum membuat portal uang, maka juga banyak sekali forum yang sudah menggunakan plugin bbPres di dalam WordPress. Akan tetapi, untuk beberapa alasan forum ini sekarang sudah tidak diaktifkan lagi.

Untuk membuat forum menggunakan CMS WordPress ini tidak harus lagi menggunakan plugin bbPres. Akan tetapi, juga ada beberapa plugin lain seperti Buddypress, Dw Question dan Answer, WP Symposium Pro dan masih banyak yang lainnya lagi.

 Cara Menghapus Menu di WordPress Menggunakan Dashboard Admin

●  Login Dashboard Admin WordPress

Pertama, bizzie bisa melakukan login terlebih dahulu di dalam dashboard admin WordPress. Misalnya, namadomain.com/wp-admin.

●  Memilih Menu

Selanjutnya, bizzie bisa memilih menu “tampilan” dan “menu”.

●  Memilih Menu yang Dihapus

Ketika mempunyai beberapa menu, silahkan memilih salah satu menu terlebih dahulu yang akan dihapus.

●  Menghapus Menu

Selanjutnya, memilih “hapus menu” di bagian yang paling bawah sendiri.

Cara Menghapus Menu di WordPress Menggunakan Template

Ketika ingin menghapus menu di WordPress secara permanen, maka juga bisa dilakukan menggunakan template. Ada beberapa cara menghapus menu di WordPress yang bisa digunakan, yaitu :

●      Menggunakan penyunting tema.

●      Menggunakan file manager.

●  Menggunakan FTP.

Akan tetapi, kali ini akan dibahas yang paling mudah yaitu menggunakan menu “penyunting tema” yang ada di dalam dashboard admin WordPress. Sebagai berikut cara menghapus menu di WordPress harus bizzie lakukan :

●  Memilih Menu Penyunting Tema

Pertama, bizzie bisa langsung melakukan login terlebih dahulu. Setelah itu, memilih menu “tampilan” dan “penyunting tema”.

●  Cari File

Apabila menggunakan cara menghapus menu di WordPress kali ini, sebaiknya sudah paham terlebih dahulu mengenai beberapa fungsi kode yang ada di dalam file tersebut. Sangat tidak disarankan, ketika masih pemula atau belum mengerti sama sekali. Selanjutnya, bizzie bisa mencari file sebagai berikut :

  1. Header.php yang digunakan untuk menghapus menu di dalam kolom header.
  2. Footer.php yang digunakan untuk menghapus menu di dalam footer.

Misalnya, ketika bizzie ingin menghapus menu home yang ada di kolom menu header. Maka dari itu, bizzie bisa langsung membuka file header.php terlebih dahulu.

●  Mencari dan Hapus Code untuk Menu

Setelah itu, cari dan hapus kode yang akan digunakan untuk menampilkan halaman menu. Pada contoh kali ini akan menghapus hanya di bagian menu utamanya saja. Untuk meyakinkan, ketika kode yang dihapus sudah benar. Maka dari itu, bisa melihat menu “inspect element (Q) dan sebagai berikut caranya :

  1. Buka halaman home.
  2. Klik kanan.
  3. Pilih inspect element (Q).
  4. Klik pada icon “kursor”.
  5. Arahkan ke menu “header” yang akan dihapus.
  6. Selanjutnya, bizzie akan diberikan tampilan menu yang akan dihapus.
  7. Maka, bisa langsung saja hapus semua kode yang ada di dalam tag html tersebut.
  8. Bizzie juga bisa menghilangkan dengan cara menambahkan CSS.
  9. Terakhir pembaharuan berkas.

Satu hal perlu diingat, bahwa setiap template WordPress yang digunakan ini mempunyai tata letak dan kode menu yang tidak sama atau berbeda-beda. Jadi, bizzie bisa menyesuaikan sendiri.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara menghapus menu di WordPress. Besar harapan bisa membantu bizzie yang ingin menghapus menu yang sudah tidak digunakan lagi. 

Baca Juga