fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

2 Cara Download Database di VPS yang Mudah dan Aman!

Wiliam

Pada saat ingin melakukan download database di VPS, bizzie harus melakukan backup agar semua data tersimpan aman. Selain itu, di saat menggunakan VPS untuk proses back up nya berbeda dengan shared hosting.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 3 cara download database di VPS. Sedangkan untuk bizzie yang ingin tahu perihal database di VPS bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Download Database di VPS

Sebagai berikut beberapa langkah atau cara download database di VPS yang bisa bizzie lakukan, sebagai berikut:

1. Download Database di VPS

Cara download database di VPS yang pertama, yaitu melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak hilang. Sebelum melakukan backup data, bizzie harus masuk terlebih dahulu ke dalam direktori website yang ingin dilakukan backup.

Di dalam cara download database di VPS kali ini bizzie bisa melakukan backup data website di dalam direktori var/www/html/wordpress. Masukkan juga perintah dibawah ini didalam direktori WordPress.

~# cd /var/www/html/wordpress 

Selanjutnya, bizzie juga bisa memulai proses backup database dengan perintah sebagai berikut :

~# mysqldump -u nama_user -p  Nama_Database > Nama_Database.sql

Dari perintah diatas, bizzie bisa melakukan backup database dengan format “Nama_Database”. Bizzie juga bisa menggantinya dengan “Nama_Database” sesua dengan keinginan.

Setelah memasukkan semua perintah yang sudah disebutkan diatas, bizzie juga harus meminta untuk memasukkan password database tersebut. Untuk memastikan file SQL yang sudah selesai di backup, bizzie bisa menggunakan perintah dibawah ini :

Is-a

2. Cara Download Database di VPS

Untuk cara download database di VPS selanjutnya, yaitu menggunakan direktori website. Sebelum melakukan backup, bizzie harus berada di server yang sudah terinstall ZIP. Apabila bizzie belum install ZIP, maka bisa menggunakan perintah dibawah ini untuk memasang ZIP di server bizzie :

~# sudo apt-get install zip

Setelah itu, bizzie masuk ke dalam direktori yang ingin dilakukan backup. Pada cara download database di VPS yang satu ini bisa diterapkan di dalam direktori WordPress. Masukkan juga perintah dibawah ini untuk masuk ke direktori yang akan dilakukan backup, sebagai berikut:

# zip -r wp.zip wordpress/*

Untuk penjelasan dari perintah diatas, yaitu :

●       wp.zip : nama file ZIP

●       wordpress : adalah direktori yang akan di arsipkan.

●       /* : adalah perintah untuk arsip apa yang ada di dalam direktori WordPress.

Untuk memastikan proses backup ini berhasil dan sukses, bizzie bisa melakukan pengecekan menggunakan perintah sebagai berikut:

Is

3. Download File Backup

Apabila semua proses cara download database di VPS sudah berhasil, maka bizzie bisa download menggunakan alamat website atau IP server tersebut. Pilih salah satu nama domain atau IP server yang sesuai dibawah ini :

http://IP_Server/Nama_Filehttp://Nama_Domain.com/Nama_Filehttp://199.33.54.31/wp.ziphttps://dewabiz.com/wp.zip

Setelah download hasil backup, maka bizzie harus memastikan untuk menghapus file backup yang ada di server tersebut. Untuk hal ini dilakukan agar terhindar dari kemungkinan hasil backup di download orang yang tidak bertanggung jawab. Bizzie bisa menghapus file backup menggunakan perintah dibawah ini

# rm Nama_File

Cara Download database di VPS Menggunakan WinSCP

Untuk cara download database di VPS kali ini berbeda dengan sebelumnya. Selain itu, untuk cara download database di VPS kali ini lebih mudah dan tidak ribet. Ketika bizzie belum install WinSCP, maka bisa download terlebih dahulu. Sebagai berikut cara download database di VPS yang harus bizzie lakukan:

1. Login Server

Cara download database di VPS pertama yang harus dilakukan adalah login server terlebih dahulu. Untuk login server, bizzie harus mengisi beberapa informasi sebagai berikut:

●       Host nama : alamat IP dari server yang bizzie gunakan.

●       Post number : port SSH dari server yang bizzie gunakan.

●       User name : user dari server yang bizzie gunakan.

●       Password : password dari server.

2. Memindahkan User Root ke Direktori

Apabila bizzie sudah berhasil login, maka bisa langsung saja memindahkan user root ke direktori. Untuk cara yang bisa dilakukan adalah klik /<root>. Setelah itu, bizzie akan diberikan tampilan banyak file direktori /<root>.

3. Memilih Direktori yang Akan di Backup

Setelah itu, bizzie bisa langsung saja mencari folder yang akan di back up. Untuk beberapa langkah yang harus bizzie lakukan adalah mencari folder var lalu www dan yang paling terakhir adalah html.

Apabila bizzie sudah berada di direktori website, pilih direktori yang ingin dilakukan backup dengan cara melakukan klik kanan di bagian direktori dan download. Selanjutnya, akan ada pilihan untuk memilih lokasi download file sesuai dengan keinginan.

Berikan klik pada kolom “ok” agar proses download berlangsung. Pastikan bizzie mempunyai koneksi jaringan internet yang stabil dan lancar agar proses download bisa berlangsung dengan cepat.

Sebab, untuk koneksi atau jaringan internet yang buruk ini bisa mengganggu proses download. Bahkan, untuk file yang di backup pun juga tidak akan bisa dibuka atau disebut dengan error.

Memang untuk cara download database di VPS ini memang terkadang membuat pemula bingung harus melakukan langkah yang mana terlebih dahulu. Tidak ada salahnya, untuk bizzie yang belum banyak paham mengenai cara download database di VPS bisa menggunakan jasa layanan.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara download database di VPS. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin download database lebih cepat dan aman.

Baca Juga