fbpx

10 Tahapan Cara Membuat Blog yang Berhasil di Tahun 2022

Tak sedikit orang yang enggan memulai karena menganggap proses pembuatannya yang rumit. Padahal, cara membuat bisa dikatakan cukup sederhana melalui 10 tahapan saja. Memulai sebuah blog yang efektif di 2022 ini bisa Anda lakukan hanya beberapa menit atau jam saja. 

Apa Saja Tahapan yang Harus Dilakukan dalam cara membuat Blog Ini?

Blog adalah bentuk yang lebih fokus pada konten berupa tulisan. Oleh karenanya, cara membuat blog memerlukan kemampuan menulis yang baik.

Namun demikian, bukan jenis tulisan teknis yang rumit karena orang cenderung membaca postingan blog yang membahas informasi praktis berdasar pengalaman nyata. Mengelola blog membutuhkan cukup banyak waktu dan energi, namun tidak demikian untuk mengawalinya.

Tidak percaya? Berikut ini tahapan cara membuat blog sederhana yang perlu Anda lakukan untuk bisa membuat sebuah blog yang efektif di tahun ini:

1. Tentukan niche

Sebelum memberi nama dan membangun blog, jelas Anda harus menentukan apa yang akan Anda tulis dalam blog tersebut nantinya. Ini disebut sebagai niche blog yang bukan sekedar topik atau segmentasi pasar semata. Niche meliputi bagaimana cara Anda dalam membahas topik, latar belakang pembahasan yang unik serta calon pembaca postingan.

2. Lakukan riset

Meskipun Anda sudah ahli tentang niche yang dipilih, bukan berarti Anda bisa membuat blog tersebut berhasil dengan mudah. Anda bisa mempelajari blog sejenis yang sudah berhasil lebih dulu. Dari temuan Anda, coba analisa apakah blog Anda mampu menawarkan sesuatu yang lain dari blog tersebut atau tidak. Hal ini berhubungan dengan tingkat kompetisi antar blog-blog sejenis di .

Baca Juga :  GTMetrix Untuk Menganalisis Kecepatan Website

3. Buat nama blog

Pemberian nama pada blog juga memerlukan perumusan agar jelas representatif dan mudah diingat. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa nama yang akan Anda gunakan belum dipakai pada blog atau website lain.

Untuk itu, Anda bisa mencatat beberapa kata kunci yang relevan dengan niche serta beberapa kata lain yang mungkin terlintas. Setelah mendapat calon nama, Anda bisa menggunakan domain search tool untuk memeriksa ketersediaan nama blog tersebut

4. Perencanaan konten

Perencanaan konten juga baiknya dilakukan pada saat Anda akan membuat blog. Tujuannya agar konsistensi postingan tetap terjaga seiring waktu. Perencanaan konten ini bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan segala informasi relevan kemudian menyortirnya untuk mendapatkan topik paling penting sesuai dengan niche.

Anda bisa membuat kalender editorial dengan cara sebagai berikut:

  • Membuat daftar topik utama kemudian melakukan pemetaan (brainstorming) untuk masing-masing topik
  • Membuat daftar momen-momen penting sesuai yang releban dengan blog, misalnya jika blog Anda tentang ecommerce, bisa memasukkan momen seperti Harbolnas atau lainnya
  • Menggunakan website atau majalah terkemuka sebagai referensi pembuatan kalender editorial, biasanya bisa ditemukan di bagian Tentang Kami atau Periklanan
  • Membuat jadwal topik-topik pilihan Anda sesuai dengan kalender editorial tersebut

5. Menentukan platform blogging

Untuk tahapan yang satu ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk bisa menentukan manakah platofrm blogging yang paling ideal. Anda bisa menentukan berdasar kebutuhan, anggaran dan anggaran yang ada. Pilihan populer ada atau menggunakan layanan website builder yang belakangan makin banyak diperkenalkan.

6. Membeli Hosting

Apabila Anda sekedar membuat blog pribadi dan tak harus memiliki kinerja maksimal, mungkin pembelian hosting bisa dikesampingkan. Namun jika Anda mengharap lebih, maka membeli hosting bisa dikatakan sebagai tahapan wajib. Layanan ini bertanggungjawab untuk menampung segala file blog Anda di internet dan ikut mempengaruhi kinerja blog nantinya.

Baca Juga :  Apa itu Google Keyword Planner

7. Mulai proses membuat blog

Dengan tahapan cara membuat blog yang sudah Anda jalani di atas, maka memulai pembuatan blog pun sudah terbilang mudah saja. Proses pembuatan blog ini tak jauh berbeda dari pembuatan website pada umumnya, hanya saja disesuaikan dengan platform yang Anda pilih sebelumnya. 

8. Mulai menulis

Setelah blog Anda sudah siap, Anda pun bisa langsung membuat tulisan sebagai kontennya. Anda pun bsia melihat kembali kalender editorial yang Anda buat tadi. Anda bisa mulai dari judul artikel yang menarik, gambar-gambar yang mengilustrasikan topik dan informasi-informasi yang berguna. Artikel juga bisa dibuat dalam format heading dan sub-heading dengan daftar dan poin-poin dalam pembahasannya disertai dengan beberapa eksternal dan sebagainya.

9. Publish!

Setelah yakin bahwa konten artikel Anda sudah cukup menggoda pembaca, penuh informasi relevan yang bermanfaat, bebas typo dan bersih dari kalimat-kalimat tak berarti, saatnya untuk meng--kan tulisan tersebut. Menerbitkan tulisan ini semudah klik tombol Publish saja. Namun pastikan pula Anda sudah melengkapi bagian judul dan media yang dimaksudkan dan meta description.

10. Promosikan blog Anda

Jika Anda menginginkan blog dikenal dan dibaca banyak orang, maka perkenalkanlah ia ke publik. Meskipun tidak ada cara yang paten dalam mempromosikan blog, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih dan kombinasikan agar blog Anda bisa menarik perhatian dan dikunjungi orang.

Baca Juga : Inilah Cara Membuat Dofollow Backlink yang Benar

Antara lain dengan menerapkan SEO, promosikan ke sosial media, , penulis tamu, periklanan PPC dan sebagainya.

Akhir Kata

Itulah 10 tahapan sederhana dalam cara membuat blog di tahun 2022. Ya, sesederhana itu saja. Namun untuk melakukannya dibutuhkan niat yang cukup dan bukan sekedar baca-baca saja. Mulailah membuat blog sekarang juga.