fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Membuat Website SEO Friendly

Yanti puspita

Mengejar posisi teratas di mesin pencari dapat di lakukan dengan mudah jika Anda menerapkan Website SEO-Friendly. Sangat sering di bahas bahwa untuk mendapatkan peringkat di search engine selain penggunaan advertising hanya bisa di lakukan dengan SEO.

Namun, apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah teknik yang di gunakan untuk mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari menggunakan teknik penentuan posisi kata kunci.

Dengan menerapkan optimasi mesin pencari, website yang bebas pengunjung bisa mendapatkan banyak pengunjung. Meskipun tidak segera terjadi dalam waktu singkat, itu permanen dan berlangsung lama. Bagi Anda yang penasaran dengan SEO dan tertarik untuk menerapkannya, mungkin informasi berikut ini bisa membantu.

Apa itu SEO Friendly ?

SEO Friendly adalah cara agar konten website Anda muncul di halaman pertama (1) pencarian dengan menerapkan optimasi mesin pencari atau SEO. Seperti namanya, SEO Friendly bertujuan untuk mengoptimalkan pencarian keyword dalam konten website di situs mesin pencari seperti Google.

Misalnya, ketika Anda mengunggah konten “5 makanan kucing terbaik” dengan keyword “kucing”, harapannya yaitu ketika seseorang mencari kucing di Google, situs web Anda akan muncul di pencarian pertama. Lalu bagaimana cara membuat website SEO friendly? simak terus artikel ini.

Cara Membuat Website SEO Friendly

Setidaknya ada sepuluh beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat website yang SEO friendly. Penasaran? mari simak cara berikut ini.

Buat navigasi yang mudah

Pada dasarnya Anda membuat situs web untuk memberikan informasi tentang produk dan layanan Anda kepada calon pembeli. Dan penelitian menunjukkan pengunjung situs web menyukai platform di mana informasi mudah di temukan.

Khusus untuk website SEO Friendly, bahkan berpindah dari satu halaman ke halaman lain harus mudah, lancar, jelas dan intuitif yang memudahkan pengguna.

Pilih domain yang SEO friendly

Soal pemilihan nama domain untuk situs SEO Friendly juga harus mencerminkan persepsi dan riset industri yang sering di lakukan oleh target pasar terhadap produk Anda. Jika bisnis Anda adalah perangkat lunak atau layanan TI, pilih nama domain yang relevan dan mencerminkan layanan TI.

Harapannya adalah audiens target Anda dapat mengidentifikasi dengan merek Anda secara online dan menganggap bahwa situs web Anda dapat di percaya di bidang atau industri itu. Gunakan ekstensi domain populer seperti .com dan .id atau sesuaikan domain dengan konten situs web Anda seperti .edu untuk institusi pendidikan atau .org untuk organisasi.

Jangan gunakan tanda baca pada nama website seperti toko-serba-ada.com karena domain ini hanya akan mempersulit pengguna untuk menemukan website Anda.

Hosting yang memadai

Yang tidak kalah penting dalam pembuatan website SEO Friendly adalah keberadaan hosting yang handal. Hosting situs web yang Anda pilih akan menentukan konsistensi pengalaman situs web yang Anda tawarkan kepada pengunjung, baik organik maupun iklan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mencegah kesalahan server, waktu tunggu halaman, dan menghindari rasio pentalan yang tinggi, Anda memerlukan hosting yang tepat yang dapat Anda andalkan. Dengan hosting yang berkualitas tinggi, kecepatan loading tidak lagi menjadi masalah. Dan harus di ingat bahwa semakin baik kinerja situs web, semakin tinggi tingkat keterlibatan pengunjung.

Buat konten yang ringan namun menarik

Konten yang terlalu banyak di bicarakan dan menggunakan istilah asing cenderung membuat pembaca malas dan cepat bosan saat membaca. Buat konten yang ringan, mudah di pahami dan bermanfaat. Cari referensi sebanyak mungkin untuk menemukan topik yang menarik dan relevan dengan target audiens Anda.

Tidak hanya itu, agar website Anda SEO friendly, Anda menyediakan konten yang memudahkan pembaca untuk mengekstrak informasi dari website Anda. Misalnya, gunakanlah judul dan subjudul untuk menunjukkan di mana informasi paling spesifik yang dapat ditemukan.

Oleh karena itu, pengunjung akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda dan akan selalu kembali setiap kali mereka membutuhkan informasi lebih lanjut.

Buat website yang mobile-responsive

Pengunjung mengakses website menggunakan berbagai gadget. Mulai dari handphone, tablet, laptop hingga komputer desktop dengan berbagai sistem operasi dan bahasa coding. Oleh karena itu, website SEO Friendly Anda harus dapat diakses dari berbagai perangkat ini tanpa masalah dengan desain dan tampilan situs web yang dapat menyesuaikan skala layar pengguna.

Memiliki website yang mobile-responsive akan berpotensi untuk memenangkan persaingan dengan yang lain di bidang yang sama.

Kecepatan website

Siapa pun pasti tidak menginginkan situs web yang terlalu lambat saat masuk. Waktu loading website akan sangat mempengaruhi kompatibilitas SEO. Memiliki situs web yang lambat akan menyebabkan rasio pentalan yang tinggi dan calon pelanggan akan beralih ke pesaing Anda.

Sekarang, jika Anda ingin membuat website yang SEO friendly, Anda harus melakukan audit SEO menyeluruh pada situs web Anda untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda.

Biasanya, gambar atau foto dapat menghambat website Anda karena ukuran file yang besar. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengompres ukuran gambar untuk membantu memuat situs web lebih cepat.

Dan tahukah Anda bahwa Google selalu memprioritaskan situs web yang memuat paling cepat, karena berusaha untuk selalu memberikan pengalaman pengunjung terbaik. Dampaknya jelas akan diterjemahkan ke dalam lebih banyak interaksi pengguna seperti konversi, langganan buletin, pengisian formulir kontak.

Terhubung dengan media sosial

Hubungkan situs web ke media sosial merek Anda untuk mendukung situs web yang SEO Friendly. Keberadaan media sosial dapat menjadi alat periklanan dan keterlibatan yang baik untuk situs web Anda.

Menghubungkan situs web Anda dengan media sosial akan membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, meningkatkan visibilitas dan peluang konversi Anda.

Berikan keterangan untuk konten visual dan video

Tahukah Anda bahwa teknologi mesin pencari untuk membaca informasi gambar dan video masih primitif? Akibatnya, konten visual atau video seringkali tidak terbaca oleh mesin pencari. Nah, untuk menyiasatinya, berikan keterangan pada foto atau video tersebut untuk memastikan mesin pencari ini menangkap informasi tentang foto atau video tersebut.

Juga, gunakan kata kunci yang relevan untuk menyisipkan subtitle untuk gambar dan video Anda. Menambahkan keterangan ini akan membantu peringkat foto dan video Anda selama pencarian organik.

Buat konten baru secara teratur

Mesin pencari selalu menyukai konten baru! Itulah mengapa secara teratur mengunggah konten ke situs web sangat penting untuk membuat situs web yang SEO Friendly. Apa alasannya?

  • Pertama, pembaca dengan senang hati mengunjungi website Anda untuk membaca artikel terbaru yang diupload semoga bermanfaat bagi mereka.
  • Kedua, Google akan tahu bahwa situs web Anda sudah aktif dan akan merekomendasikannya ke halaman pencarian.

Menambahkan link internal dan eksternal adalah salah satu cara untuk membuat website yang SEO friendly. Keduanya dapat membangun kepercayaan untuk situs web Anda karena tautan internal ini dapat bertindak sebagai pendukung atau dukungan untuk konten dan merek Anda.

Baca Juga