fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralWebsite

Cara Membuat Website Company Profile Dengan Mudah

Yanti puspita

Website company profile merupakan kebutuhan utama bagi bisnis di era digital. Saat ini, memiliki kehadiran online untuk bisnis Anda sangat penting. Faktanya, hingga 66% konsumen melakukan riset online sebelum melakukan transaksi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membuat website company profile yang baik agar bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih besar.

Pada artikel kali ini kami akan membahas segala hal tentang website bisnis dan cara membuat website company profile untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Jangan khawatir, caranya cukup mudah dan Anda juga bisa membuatnya sendiri! Siap meluncurkan situs web bisnis Anda? Simak detailnya di bawah ini!

Apa itu Website Company Profile

Website company profile merupakan situs yang menyajikan profil perusahaan atau bisnis secara keseluruhan. Dengan adanya website company profile, masyarakat akan dengan mudah untuk mendapatkan informasi terkait produk dan juga perusahaan.

Selain memberikan gambaran umum tentang perusahaan, website ini juga bisa menunjukkan kredibilitas, membuka peluang bisnis yang lebih besar, dan juga meningkatkan keuntungan dengan menarik pelanggan.

Manfaat lain dari website company profile adalah bisa meningkatkan ekuitas merek ataupun kepercayaan pada merek. Membangun kepercayaan konsumen itu penting. Faktanya, 81% konsumen merasa mereka harus memercayai suatu merek sebelum melakukan pembelian. Untuk itu, bangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda dengan website yang terpercaya.

Bagaimana Cara Membuat Website Company Profile?

Membuat website company profile saat ini tidaklah sulit, bahkan untuk pemula tanpa pengetahuan coding sekalipun. Untungnya, WordPress merupakan CMS pembuat situs web yang praktis dan juga mudah digunakan.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membuat website company profile, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Web hosting: layanan online yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi web di internet. Hosting menyimpan semua file website pada server yang bisa diakses secara online.
  • Nama domain: alamat yang membawa pengguna ke situs web yang mereka tuju. Nama domain diakhiri dengan ekstensi .com, .co.id, dll., yang Anda ketik pada bilah alamat browser saat membuka situs.

Belum punya hosting dan domain? Cek paket hosting murah dan berkualitas DewaBiz untuk website bisnis Anda. Hosting di DewaBiz bisa gratis selamanya jika berlangganan di DewaBiz.  Setelah hosting dan domain Anda siap, Anda dapat mulai membuat situs web Anda. Berikut cara membuat website company profile yang bisa Anda ikuti:

Instal WordPress

Platform paling populer yang digunakan dalam membuat website adalah WordPress. Saat ini, WordPress mendominasi pasar CMS dan digunakan oleh lebih dari 40% situs web di internet. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan CMS lain, namun WordPress adalah platform yang paling mudah untuk digunakan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini DewaBiz akan memberikan tutorial cara membuat website company profile menggunakan WordPress sehingga pemula pun bisa dengan mudah untuk mengikutinya.

Langkah pertama untuk membuat situs web adalah menginstal WordPress. Jika Anda sudah memiliki hosting dan domain, Anda dapat menginstal WordPress secara otomatis dari layanan cPanel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke situs web dengan mengetik: yourdomain.com/cpanel di browser Anda
  • Buka Penginstal Aplikasi Softaculous
  • Klik tombol Instal Sekarang
  • Pilih domain tempat Anda ingin menginstal WordPress
  • Tetapkan detail nama dan deskripsi situs web
  • Tetapkan nama pengguna dan kata sandi WordPress
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai

Masuk Ke Dasbor WordPress

Setelah instalasi berhasil, login ke dashboard WordPress Anda dengan mengetik yourdomain.com/wp-admin/ di browser Anda. Masukkan username dan juga password akun Anda, kemudian Anda akan diarahkan ke dashboard WordPress.

Pilih Tema

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam membuat website company profile adalah pemilihan tema website. Pemilihan tema penting untuk penyesuaian situs web. Sebelum memilih tema, periksa kriteria berikut untuk tema yang bagus untuk situs web Anda:

  • Responsif: tema dapat menyesuaikan tampilan website sesuai dengan ukuran layar pengunjung saat dilihat dari PC, ponsel, atau tablet.
  • Ramah SEO: tema harus mendukung aspek SEO situs web agar mudah diindeks oleh Google.
  • User-friendly: website memiliki navigasi yang jelas sehingga pengunjung dapat mengaksesnya dengan mudah.
Cara memilih tema di WordPress:
  • Buka dashboard WordPress Anda dengan URL: namadomainkamu/wp-admin/
  • Klik menu Appearance lalu Tema di sisi kiri dasbor
  • buka menu tampilan wordpress
  • Klik tombol Tambah Baru untuk menambahkan tema baru
  • Pilih tema berdasarkan kategori, misalnya Populer, Terbaru, dan Favorit. Anda juga bisa mencari tema pada kolom Cari Tema dengan mengetikkan nama tema yang Anda inginkan.
  • Arahkan kursor Anda ke tema yang ingin Anda gunakan, lalu Instal.
  • Klik Aktifkan untuk mengaktifkan tema.
  • Kunjungi situs Anda untuk memeriksa tampilan tema.

Tema bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan branding perusahaan. Tidak perlu menggunakan yang mahal, beberapa tema WordPress gratis dengan fitur-fitur keren bisa membuat website company profile Anda terlihat profesional.

Sesuaikan Tampilan Website

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan tampilan website agar lebih nyaman dilihat dan mudah diakses pengunjung. Beberapa hal yang perlu diingat saat menyiapkan tampilan situs web company profil Anda adalah:

Skema Warna

Mencocokkan skema warna situs web Anda dengan merek Anda sangat penting untuk membuat website company profile. Karena menurut penelitian, skema warna merupakan elemen visual yang d iperhatikan konsumen pada website profil perusahaan.

Selain itu, mencocokkan skema warna situs web Anda dengan merek Anda juga akan membantu untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap bisnis Anda.

Menu Navigasi

Selain tampilan website, Anda juga harus memastikan halaman internal website terpampang jelas pada menu navigasi. Menu navigasi merupakan bagian yang berisi tautan untuk mengarahkan Anda ke halaman internal situs web.

Halaman seperti Tentang Kami, Kontak, Produk, dan juga Testimonial harus ada pada menu navigasi agar pengunjung dapat menemukannya dengan mudah.

Lengkapi Informasi Dan Identitas Perusahaan Anda

Setelah memilih tema dan juga mengatur tampilan website Anda, langkah selanjutnya adalah mengisi informasi dan juga identitas perusahaan Anda. Lengkapi nama website Anda, deskripsi, favicon, dan juga logo situs company profile. Caranya adalah:

  • Buka dasbor WordPress Anda
  • Klik pada menu appearance dan pilih customize
  • Klik Identitas Situs, lalu lengkapi Judul Situs, Tagline Perusahaan, dan unggah Logo dan Ikon Situs

Selain melengkapi hal di atas, informasi berikut juga harus ditampilkan di website company profile:

  • Produk: tampilkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan tambahkan juga penjelasan tentang produk tersebut agar pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi.
  • Visi & Misi : membuat visi dan misi perusahaan untuk menonjolkan nilai dan tujuan dari perusahaan.
  • Unique selling point: tambahkan keunggulan atau sesuatu yang membedakan bisnis Anda dari pesaing lain.
  • Detail perusahaan: alamat kantor, informasi kontak (nomor telepon, alamat email, dll.).

Buat Halaman Web

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman situs web yang diperlukan. Profil perusahaan web harus memiliki halaman Tentang Kami, Kontak, dan juga Produk. Akan lebih baik jika Anda menambahkan halaman Testimonial dari pelanggan untuk meyakinkan calon pelanggan.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang cara membuat halaman di WordPress:

  • Masuk ke dasbor WordPress
  • Pilih Halaman, lalu klik Tambah Baru
  • Masukkan judul halaman dan deskripsi
  • Anda dapat menambahkan gambar/video dengan mengunggah file di Perpustakaan Media

Publikasikan Halaman

Anda telah memilih tema, mengatur halaman Anda, dan menyediakan situs Anda dengan informasi perusahaan. Setelah semuanya siap, publikasikan halaman situs web dengan mengklik Publikasikan pada kanan atas.

Setelah membuat website, apa lagi yang perlu dilakukan agar website company profile Anda menjadi lebih optimal?

Anda selalu ingin website perusahaan Anda dikunjungi oleh banyak calon pelanggan bukan? Oleh karena itu, website harus berada di posisi terbaik, bahkan di halaman pertama hasil pencarian Google. Agar situs web Anda mendapat peringkat terbaik di mesin pencari, Anda perlu mengoptimalkan aspek SEO halaman situs web Anda.

Baca Juga