fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Fungsi Web UI Beserta Karakteristiknya

Yanti puspita

Web UI – User Interface merupakan tampilan visual dari produk yang menghubungkan antara sistem dengan penggunanya (user). Sistem ini bisa berupa website, aplikasi ataupun yang lainnya.

Antarmuka pengguna Atau UI adalah layar yang berisi bentuk, warna, dan font yang didesain semenarik mungkin. Nah, karena UI adalah penampilan produk yang dilihat oleh penggunanya, maka tampilannya harus menarik.

Singkatnya, desain antarmuka pengguna harus diperhatikan. Analoginya seperti ini. Halaman depan rumah menunjukkan rumah, letak pintu utama dan jendela. Nah, UI adalah tampilan yang bisa Anda lihat di website dan blog.

Apa Fungsi Web UI (User Interface)

Secara teknis, empat komponen dasar antarmuka pengguna (Web UI) adalah:

  • Tata letak – penempatan elemen antarmuka pengguna yang digunakan.
  • Warna – untuk desain antarmuka pengguna secara keseluruhan.
  • Tipografi – kombinasi huruf yang digunakan dalam antarmuka pengguna.
  • Grafik – ikon yang digunakan untuk mengilustrasikan penggunaan sistem.

Oleh karena itu, layar UI didesain dengan mempertimbangkan aspek desain yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, tata letak, gambar logo, warna, dan tipografi menjadi penting. Dengan pilihan yang tepat, Anda dapat mempercantik tampilan aplikasi.

Nah, semua elemen yang mempercantik tampilan tersebut termasuk dalam elemen UI. Selain UI aplikasi, UI halaman website juga harus menarik. 

Jangan khawatir, dalam artikel ini Anda akan belajar tentang fungsi web UI hingga jenis UI. Mari simak penjelasan berikut ini.

1.      Menciptakan Kesan Bagus Bagi Pengguna Web UI

Jika Anda datang ke toko dengan etalase yang rapi, Anda pasti akan merasa nyaman saat berbelanja. Karena Anda dapat dengan cepat menemukan produk yang Anda inginkan yang hanya bisa di lakukan dengan web ui.

Nah, seperti halnya di toko, aplikasi, dan situs web, peran UI adalah memberikan kesan yang baik agar pengguna merasa nyaman. Jika produk Anda memiliki antarmuka pengguna yang baik, pengguna pasti akan melihat bahwa situs web Anda ramah pengunjung.

Di sisi lain, jika situs web atau aplikasi Anda memiliki antarmuka pengguna yang buruk, pengguna akan ragu untuk menggunakan atau mengunjunginya. Anda memutuskan untuk beralih ke situs lain yang terlihat lebih baik. 

2.      Memberikan Pengalaman Pengguna yang Baik

Tentunya selain terlihat bagus, produk juga harus mudah digunakan agar bermanfaat bagi penggunanya. Tidak hanya untuk penggunaan pertama, tetapi juga untuk penggunaan selanjutnya.

Oleh karena itu, tugas user interface adalah memastikan pengalaman penggunan yang lebih baik di setiap halaman situs web yang di buka.

Saat mendesain web user interface, Anda dapat menentukan lokasi menu, tombol, dan elemen lainnya. Dengan cara ini, mendukung navigasi yang baik di situs web atau aplikasi. 

Pentingnya Web UI bagi Sebuah Produk

Produk Anda harus memiliki tampilan web antarmuka pengguna atau user interface yang baik untuk mendukung tujuan berikut:

·         Memudahkan Interaksi Pengguna Dengan Produk

Pada dasarnya, web UI mencakup semua elemen visual produk. Ini termasuk desain layar, tombol, ikon, gambar, teks, dan elemen visual lainnya yang berfungsi sebagai jembatan antara produk dan pengguna.

Uesr Interface pada suatu produk, baik aplikasi maupun situs web, sangat penting karena antarmuka pengguna memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan produk.

Tampilan user interface yang baik tentunya memudahkan user untuk berinteraksi dengan produk. Jika interaksi interface berjalan dengan baik maka kebutuhan dan tujuan pengguna dalam menggunakan produk bisa terselesaikan.

Tidak sampai disitu saja, jika pengguna puas maka akan meningkatkan loyalitas pengguna. Oleh karena itu, produk dengan user interface yang baik menonjol dari produk lain.

Oleh karena itu, banyak perusahaan digital mulai menciptakan solusi fungsional yang elegan dan ramah pengguna. 

·         Meningkatkan Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis

Tujuan utama dari setiap bisnis yakni untuk meningkatkan penjualan dan personal branding juga. Pengembangan Web UI adalah salah satu cara untuk mendorong pertumbuhan ini.

Desain Web UI dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah pengguna. Karena Web UI di rancang untuk kepuasan dan kesenangan pengguna, ini memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis Anda. 

Web UI yang baik juga meningkatkan reputasi produk. Oleh karena itu, Web UI dalam produk apa pun sangat penting untuk kesuksesan bisnis. 

·         Meningkatkan Kualitas Branding

Terlepas dari kenyataan bahwa kegunaan Web UI penting dalam hal interaksi dan pertumbuhan bisnis, itu adalah ciri khas produk. Sederhananya, kita bisa menyebutnya sebagai merek. Misalnya website tentang produk fashion, kuliner dan teknologi.

Elemen tampilan user interface yang sesuai dengan konsep produk tentunya lebih mudah di kenali oleh pengguna. Desain Web UI harus lebih dari sekedar cantik dan menarik. Namun, desain Web UI secara langsung mencerminkan nilai dan kualitas produk.

Persaingan yang semakin meningkat dalam bisnis memaksa setiap bisnis untuk bersaing untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan menghibur. 

Karakteristik User Interface yang Baik

Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi, situs web, blog, atau produk digital lainnya, Anda juga perlu memastikan bahwa pengunjung Anda menyukai Web UI Anda. Untuk memastikan hal tersebut, Anda perlu mengetahui ciri-ciri user interface yang baik.

Berikut penjelasan fitur apa saja yang di butuhkan untuk membuat desain web user interface yang baik. 

·         Jelas dan Ringkas

Website yang bagus harus memiliki user interface yang jelas tapi, Anda juga harus memperhatikan desain yang ringkas. Jika Anda membuat definisi dan penjelasan terlalu panjang, situs Anda akan terlihat berantakan. Pengunjung juga akan menghabiskan waktu membaca deskripsi website Anda.

·         Desain Responsive

Desain web UI yang responsif memungkinkan pengunjung untuk melihat situs web Anda dengan benar di berbagai perangkat seperti desktop dan seluler.

Sederhananya, saat pengunjung website membuka website Anda di layar mobile mereka, tampilan website Anda menyesuaikan dengan resolusi perangkat mobile mereka.

Desain yang tidak menarik ini menyulitkan pengunjung untuk melihat konten situs Anda. Situs Anda juga merupakan situs e-niaga. Pengunjung dapat segera meninggalkan situs Anda. 

·         Informasi Terstruktur

Pernahkah Anda melihat pameran tata letak yang sangat ramai dan lengkap dengan data, tetapi sekarang tidak lagi tertata dengan baik? Sekarang, mari kita evaluasi 2 foto di bawah ini untuk mengintip, seperti apa catatan yang saling bergantung.

Mungkin terlihat bahwa foto tata letak utama menunjukkan data yang tidak terstruktur dan tumpang tindih. Hal ini dapat menyulitkan pelanggan untuk mengasimilasi data.

Anda dapat menambah panjang font untuk sejumlah data yang di sorot. Untuk menghindari duplikasi, jangan terdiri dari beberapa faktor yang tidak terlalu penting sehingga terkesan berantakan.

·         Memiliki Konsistensi

Konsistensi dalam tata letak UI internet dapat membantu pelanggan memahami tampilan dan pengalaman situs internet Anda. Pengguna dapat meneliti fitur tombol, ikon, dan tab untuk situs internet Anda.

Jika format halaman web Anda tidak konsisten, pelanggan harus meneliti fungsi-fungsi tersebut dari awal. Beberapa halaman situs internet seharusnya memiliki format yang tidak selalu terlalu berbeda.

Misalnya, kedatangan program Microsoft Office. Meskipun sudah di perbaharui berkali-kali, sekarang tidak lagi banyak yang di modifikasi dalam hal fitur atau tombol Microsoft Office. Pengguna tetap dapat mengetahui di mana letak tombol cetak dan simpan melalui pencarian pada ikon.

·         Kontras Warna yang Baik

Aspek yang sangat penting dalam tata letak UI Web adalah warna. Pilihan warna dalam tata letak antarmuka orang bisa menjadi sangat penting. Situs web dengan warna yang hampir sama akan menyulitkan penyampaian data yang di sampaikan.

Sebagai gantinya, gunakan campuran warna yang sesuai untuk memperjelas data yang Anda sampaikan.

·         Web UI yang Intuitif

Monitor tata letak UI Web di anggap baik jika tata letaknya intuitif. Dengan begitu, mereka tidak perlu mempertimbangkan apa yang mungkin mereka lakukan saat menggunakan produk virtual Anda.

Oleh karena itu, perancang harus mempertimbangkan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk Anda dan meminimalkan waktu yang di habiskan untuk menggunakan produk tersebut. Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan produk Anda tanpa harus meminta untuk menggunakannya. 

Demikianlah penjelasan dari kami tentang fungsi web user interface (Web UI) yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga