fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

VPS VS Cloud Hosting: Mana Lebih Baik, Simak Ulasan Ini

Yodik Prastya

Teknologi cloud computing banyak dipergunakan untuk keperluan penyimpanan data dalam jumlah besar. Sebetulnya dunia cloud dihadapkan pada dua pilihan yakni cloud hosting maupun cloud VPS.  Padahal semuanya sama berbasis penyimpanan. Meskipun begitu ternyata masih ada beberapa perbedaan dari keduanya.

Tentu saja perbedaan antara cloud hosting maupun cloud VPS ini menyangkut soal performa, kapasitas, keamanan, kustomisasi, harga bahkan lainnya. Dan kita akan membahasnya lebih meluas di bawah ini.

Perbedaan Antara VPS Dan Cloud Hosting

Tentu saja kini pastinya sudah banyak yang merasa penasaran dengan perbedaan dari VPS maupun Cloud Hosting. Supaya lebih jelas, mari kita simak penjelasannya!

Kapasitas

Dalam cloud VPS pengurangan bahkan penambahan kapasitas bisa dengan mudahnya dilakukan. Sekarang sudah tersedia dua cara terbaik yakni horizontal scaling maupun vertical scaling.

Sedangkan cloud hosting mengenai kapasitas bisa ditambah maupun kurangi dengan lebih mudah tanpa batasan.Menariknya lagi sekarang anda bisa pula melakukan penambahan maupun pengurangan kapasitasnya. Website pun akan aman dan terbebas dari permasalahan error.

Keamanan

Tentu saja masalah keamanan juga hal penting yang perlu anda perhatikan. Apabila kita melihat pada VPS tentu saja sudah mempunyai jaminan keamanan tersendiri. Jadi keamanan website sebetulnya bergantung seberapa banyak pengetahuan anda terkait keamanannya.

Sementara cloud hosting mengenai sistem keamanan terbilang sudah terjamin. Para pengguna pun tidak butuh lagi keahlian agar mampu menjaga keamanan websitenya.

Performa

Performa memang tidak kalah penting juga untuk diperhatikan. Biasanya pada cloud hosting terkait performa dari layanannya terbilang tinggi. Hal ini disebabkan karena spesifikasi maupun fiturnya langsung tersedia. Jadi performa website pun mampu berjalan lebih maksimal.

Sedangkan terkait cloud VPS performa yang dihadirkan juga tinggi. Menariknya  tingginya performa yang mereka hadirkan membuat para pengguna semakin mudah mempunyai beberapa website dilengkapi pula dengan panel khusus. Sebetulnya performa yang sudah dimiliki oleh VPS bergantung pada konfigurasi dari pengguna.

Kustomisasi

Cloud VPS ternyata bisa dengan mudah dikustomisasi secara fleksibel apabila penggunanya mampu kuasai bahasa pemrograman. Semisal saja dalam hal pemilihan panel kontrolnya. Seringkali pengguna diberi suatu kebebasan dalam menentukan sebuah pilihan antara webuzo, cPanel maupun lainnya.

Sementara cloud hosting ternyata tidak mempunyai opsi dalam menjalankan kustomisasi. Hal tersebut dikarenakan konfigurasi server yang dilakukan sebelumnya. Jadi pengguna bisa langsung mempergunakannya tanpa harus merasa ribet terkait teknisnya.

Harga

Kali ini perbedaan terakhir bisa kita lihat dari harganya. Biasanya untuk cloud VPS dari segi harga terbilang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan sistempengoperasian VPS bisa dilakukan mandiri oleh penggunanya. Sehingga apabila pengguna sudah mempunyai kemampuan teknis maka untuk bisa memberikan tambahan fitur baru tidak membutuhkan biaya tambahan lagi.

Cloud hosting mampu mematok harga sedikit lebih mahal dibandingkan VPS. Sebab pengoperasian hosting memang diatur pihak penyedia layanan. Jadi pengguna hanya perlu pergunakan saja sesuai kebutuhan. Apalagi layanan tersebut juga menghadirkan performa bahkan fleksibilitas tinggi jika penggunanya berkeinginan melakukan upgrade.

Sekilas informasi penting mengenai perbedaan cloud VPS dan cloud hosting. Dari penjelasan di atas tentu saja anda bisa menentukan sendiri manakah layanan yang terbaik.

Baca Juga