fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessPengetahuan

Perbedaan Kartu Kredit Visa Dan Mastercard

Yanti puspita

Visa dan Mastercard merupakan perusahaan yang memudahkan pembayaran saat kamu berbelanja dengan kartu kredit,  debit, dan  prabayar. Mereka bertindak sebagai perantara antara kamu, seperti bank yang bertransaksi dengan penjual.

Dalam hal ini, Visa atau Mastercard menangani transaksi dengan memeriksa dan memverifikasi bahwa bank yang mengeluarkan kartu tersebut, apakah pembayaran akan di setujui atau di tolak.

Perbedaan Kartu Kredit Visa Dan Mastercard

Visa dan Mastercard terlihat sangat mirip, keduanya sama-sama memberikan fasilitas. Dan kenyamanan yang sama yaitu dengan satu kartu bisa di gunakan di banyak tempat, di mana saja dan kapan saja.

Saat ingin membuat kartu kredit, biasanya beberapa bank menanyakan apakah kamu ingin memilih kartu kredit VISA atau MasterCard? Kenapa ada pertanyaan seperti itu? Karena Visa dan Mastercard memiliki beberapa perbedaan seperti:

Perbedaan antara Visa dan Mastercard terlihat jelas pada logo masing-masing seperti:

  • Kartu Visa menampilkan logo dengan kata “VISA” dengan huruf besar berwarna biru dengan latar belakang putih 
  • Lalu logo Mastercard berupa lingkaran kuning dengan lingkaran merah dan tulisan “Mastercard” yang ada di tengahnya

·         Perusahaan

Visa dan Mastercard di keluarkan oleh berbagai perusahaan seperti:

  • Kartu Visa di keluarkan oleh Visa Inc yang berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat.
  • Dan kartu MasterCard di keluarkan oleh MasterCard Worldwide yang berkantor pusat di Perch, New York, AS.

·         Kepopuleran

Visa dan Mastercard adalah merek kartu kredit dan debit terpopuler di dunia. Namun, pengaturan default untuk  keduanya mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain. Misalnya, kartu Visa lebih sering di gunakan di negara-negara Asia,  sedangkan Mastercard hanya di gunakan di Eropa dan Amerika Serikat.

·         Jumlah Pengguna

Visa dan Mastercard juga memiliki perbedaan jika di lihat dari jumlah penggunanya. Meskipun jaringan negara Mastercard lebih besar dari Visa, tapi jumlah pengguna kartu Visa lebih besar dari Mastercard.

·         Keamanan

Visa dan Mastercard menerapkan metode perlindungan khusus untuk melindungi pengguna saat bertransaksi.

  • Visa menggunakan kode OTP atau PIN tetap melalui Visa SecureClick
  • Sedangkan Mastercard menawarkan perlindungan tambahan berupa Secure Code yang wajib di masukkan saat bertransaksi online

·         Biaya

Terakhir, perbedaan antara Visa dan Mastercard juga terlihat pada biaya yang di kenakan.

  • Untuk transaksi internasional menggunakan kartu Visa, dikenakan biaya 1% dari total transaksi
  • Untuk Mastercard, biaya  bervariasi dari 0,2% sampai 1% tergantung merchant

Perbedaan Dari Tipe Kartu Kredit

Salah satu perbedaan kartu kredit VISA dan MasterCard terletak pada jenisnya. Perbedaan jenis ini tentunya akan berdampak pada perbedaan dan keuntungan yang di berikan. Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis kartu kredit ini:

VISA

Ada beberapa jenis kartu kredit VISA seperti VISA Signature, VISA Infinite, VISA Classic, VISA Gold dan VISA Platinum. Berikut penjelasannya:

·         Visa Signature

Jenis kartu kredit ini tidak di tawarkan kepada masyarakat umum. Kepemilikan terbatas bagi kamu yang memiliki aset lebih dari 100 ribu atau 1 miliar rupiah dalam bentuk tunai. Selain itu, pemilik khusus nasabah premium adalah mereka yang memiliki rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu.

Limit kartu kredit ini mulai dari 50 juta rupiah hingga unlimited. Jadi, semakin besar aset kamu, semakin besar limit kartu kreditmu. Fasilitas yang di tawarkan kartu kredit VISA Infinite mulai dari asuransi perjalanan, bantuan perjalanan, hingga pass prioritas khusus.

Dan kenyamanan yang di berikan saat bertemu dengan petugas imigrasi di bandara hampir di belahan dunia mana pun. Bahkan, pemilik kartu kredit ini biasanya memiliki akses langsung ke charter jet pribadi.

·         Visa Classic

Kartu kredit tipe Classic ini merupakan salah satu kartu kredit dengan limit terendah, untuk belanja. Batas minimum transaksi hanya Rp 5 juta. Meski limitnya rendah, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan kartu kredit jenis ini.

·         Visa Signature

Kartu kredit jenis ini tergolong sangat eksklusif, karena orang yang memiliki kartu ini tidak bisa sembarangan. Biasanya untuk kamu yang sudah terkenal sebagai pebisnis atau profesional.

Tidak hanya itu, memiliki kartu kredit ini akan tetap menilai kelayakan aset kamu, seperti deposito, investasi, giro, tabungan, dll yang terkait dengan kekayaan kamu. Keuntungan memiliki kartu kredit ini adalah kamu memiliki limit yang sangat besar, yaitu limit minimal mulai dari 100 juta rupiah hingga unlimited. Fasilitas yang di sediakan pun beragam, mulai dari:

  • Airport lounge
  • Travel assistance
  • Golf club membership
  • Special trip dan lainnya

·         Visa Platinum

Kartu kredit Platinum mengharuskan pengguna memiliki penghasilan sekitar Rp 25 juta ke atas per bulan. Sedangkan limit kredit yang di berikan sangat tinggi, hingga Rp 75 juta hingga unlimited. Dengan keunggulan tersebut, banyak pengusaha yang memilih menggunakan kartu kredit ini untuk mengembangkan usahanya.

·         Visa Gold

VISA Gold memiliki limit kredit tertinggi mencapai Rp 100 juta. Namun, tidak semua bank memberlakukan pembatasan ini. Karena setiap bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakannya masing-masing.

Selain itu, VISA Gold lebih eksklusif karena pengguna kartu kredit mendapatkan akses ke banyak fitur. Misalnya, diskon dari beberapa pedagang yang telah bekerja sama dengan kartu kredit.

MasterCard

Sementara itu, MasterCard juga memiliki beberapa jenis kartu sebagai berikut:

·         World Mastercard

Kartu kredit MasterCard ini mirip dengan kartu VISA Infinite. Penggunaan minimum adalah 75 juta per tahun. Jika transaksi di bawah jumlah tersebut, maka kamu akan di kenakan biaya tahunan atau bulanan tergantung pada bank penerbit kartu kredit, yang jumlahnya besar.  

Untuk memiliki kartu ini, kamu harus memenuhi standar yang sama dengan VISA Infinite. Kelebihan kartu kredit jenis ini adalah dapat di terima dua kali di negara yang berbeda. Kamu juga dapat dengan mudah melakukan reservasi di bandara, dll.

World MasterCard juga menyediakan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas kamu. Jadi jika ada yang mencoba mencuri identitas kamu, maka kamu akan mendapatkan peringatan dari fitur ini.

·         World Elite Mastercard

Kartu kredit MasterCard ini memiliki keistimewaan dan keseruan yang di tawarkan, mulai dari memesan tempat di restoran mewah, bandara, hotel kelas atas, dan lainnya.

Kartu kredit jenis ini cocok untuk kamu yang suka bepergian. Mirip dengan World MasterCard, World Elite MasterCard juga di lengkapi dengan fitur Identity Theft Resolution Service untuk menjaga keamanan pengguna.

·         Mastercard Platinum

Karena MasterCard Platinum menawarkan program poin yang dapat di tukarkan dengan hadiah dan promosi menarik lainnya, maka kamu akan memiliki lebih banyak pilihan.

Tak hanya itu, ribuan diskon pun kerap di hadirkan untuk semakin memanjakan pelanggan. Limit kartu kredit ini minimal Rp 75 juta hingga unlimited, tapi tergantung dengan jenis pengguna kartu kredit.

Penutup

Itulah pembahasan lengkap mengenai perbedaan antara kartu kredit VISA dan MasterCard. Setelah kamu memahami perbedaannya, kamu pasti dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu.

Baca Juga