fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Cara Verifikasi Domain Facebook di Facebook Business Manager

Muhammad Rizqy

Bagi pemilik website terutama website bisnis, tidak ada salahnya untuk melakukan verifikasi domain Facebook. Dengan melakukan verifikasi, Anda bisa membagikan link website ke Facebook kapan saja tanpa perlu takut terkena banned.

Belakangan Facebook memang cukup ketat dalam menyeleksi postingan dari penggunanya termasuk soal penyebaran link. Sebagai pelaku bisnis,  mendaftarkan domain website ke Facebook adalah hal wajib untuk mendapatkan traffic.

Untuk memudahkan proses pendaftaran domain, Anda bisa menggunakan aplikasi Facebook Business Manager. Berikut ini adalah cara verifikasi domain di  Facebook Business Manager.

Syarat dan Pentingnya Melakukan Verifikasi Domain Facebook

Pendaftaran domain di Facebook tidaklah sulit karena hanya Anda perlu mengikuti tahapan yang dijelaskan dalam fitur bawaan Facebook yakni Facebook Business Manager. 

Jika ingin lebih memudahkan proses pendaftaran, Anda bisa menambahkan plugin “Insert Header and Footer” pada WordPress atau “Costum HTML”. Rekomendasi yang cukup memudahkan adalah dengan menambahkan plugin “Insert Header and Footer” saja.

Setelah itu, login terlebih dahulu ke akun Facebook bisnis Anda sebelum melakukan verifikasi domain. Terdapat beberapa alasan penting mengapa harus melakukan verifikasi domain Facebook.

Pertama, Anda bisa mendapatkan report terkait data dan aktivitas pengunjung di Facebook Bisnis, termasuk yang mengakses link domain website Anda.

Kedua, menghindari banned dari pihak Facebook karena membagikan link ilegal ke halaman Facebook. Dalam pembahasan selanjutnya, akan dijelaskan mengenai cara verifikasi domain  WordPress di Facebook melalui Facebook Business Manager.

Cara Verifikasi Domain di Facebook dari WordPress

Tahapan awal untuk mendaftarkan domain dari WordPress ke Facebook adalah log in ke akun Facebook Bisnis dan WordPress. Jika sudah, berikut ini adalah langkah-langkah selanjutnya untuk melakukan verifikasi domain di Facebook Business Manager:

  1. Daftarkan Nama Domain

Setelah log in, pilih Business Settings atau pengaturan bisnis yang ada pada kolom dashboard. Lalu scroll ke bawah dan cari menu Brand Safety. Pada menu Brand Safety, pilih klik Domains untuk mendaftarkan domain Anda. 

Selanjutnya, klik “Tambahkan” dan masukkan domain WordPress Anda ke kolom verifikasi domain.

  1. Salin Meta-tag Verification ke WordPress

Setelah memasukkan nama domain, terdapat tiga pilihan menu yang bisa Anda pilih yakni Verifikasi DNS, Unggah File HTML, dan Meta-tag Verification. 

Pada pilihan menu Verifikasi DNS dan Unggah File HTM, diperlukan keterampilan coding yang tidak sederhana. Sedangkan untuk Meta-tag Verification, Anda hanya perlu memindahkan link Meta-tag ke halaman WordPress. 

Selanjutnya buka akun WordPress Anda di tab baru. Pada menu “Appearance”, pilih Theme Files dan cari “Theme Header”. Tempelkan link Meta-tag Verification tadi di bawah kolom “head”.

Apabila bingung, Anda bisa menginstal plugin “Insert Header and Footer”. Caranya sama, Anda hanya perlu menyalin link-nya saja.

  1. Verifikasi Domain Bisnis Anda

Setelah sudah ditambahkan pada kolom WordPress, lalu kembali ke halaman Facebook Bisnis untuk melakukan konfirmasi meta-tag verification.

Terakhir, klik Verifikasi untuk mendaftarkan domain website Anda. Tunggu beberapa saat. Facebook selanjutnya akan memberikan konfirmasi ke Anda, apakah berhasil atau tidak.  

Jika sudah berhasil terverifikasi, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur pada Facebook Business Manager untuk melihat performa kunjungan yang masuk ke website Anda melalui jalur traffic social.

Anda pun tidak perlu lagi takut terkena banned jika harus membagikan link website ke Facebook.Itulah tahapan-tahapan untuk melakukan verifikasi domain Facebook dengan menggunakan Facebook Business Manager. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga