fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Tutorial Setting URL Forwarding

Yodik Prastya

Tutorial setting URL forwarding mungkin masih relevan bagi sebagian orang, mengingat pekerjaan yang satu ini memang bisa cukup membingungkan. Padahal, dengan sedikit pemahaman, melakukan penerusan URL sama sekali bukanlah hal yang rumit. Berikut ini penjelasan bagaimana cara melakukan URL forwarding.

Bagaimana Cara Setting URL Forwarding?

Dari segi bahasa, URL forwarding adalah mengarahkan atau meneruskan pengunjung ke URL tertentu. Untuk melakukannya, para pengelola website bisa memanfaatkan tools yang tersedia di cPanel. Cara penggunaan tools ini pun sebenarnya sederhana saja, yaitu dengan memilih domain dan input URL tujuan. 

URL forwarding bisa dipergunakan untuk meneruskan pengunjung domain ke URL lain, baik itu ke website lain, halaman web, media sosial, marketplace online sebagai tujuan. Mekanisme ini kemudian juga banyak disebut sebagai URL redirect karena kesamaan tujuan, yaitu mengalihkan URL ke alamat lain, entah itu masih dalam domain yang sama ataupun domain berbeda.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya teknik URL forwarding ini bisa dilakukan melalui beberapa pilihan cara. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk memilih mana prosedur yang dianggap paling ideal. Berikut penjelasannya:   

Setting dari Domain Tab

Anda bisa melakukan forwarding dari tab Domain dengan langkah sebagai berikut:

  1. Klik tombol Manage (Kelola)
  2. Silakan temukan bagian Redirect Domain kemudian klik Add Redirect
  3. Berikutnya, silakan klik pada Add Wildcard Redirect (Tambahkan pengalihan Wildcard) untuk membuat catatan wildcard. Note ini berguna untuk mencocokkan permintaan atas subdomain yang tak tersedia.
  4. Apabila Anda sudah selesai mengatur Wildcard di atas, silakan klik pada Save All Changes (Simpan Semua Perubahan) untuk menyimpan pengaturan tersebut
  5. Tak hanya sampai di situ, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan adakah catatan yang bertentangan (A, CNAME, catatan URL Redirect dengan nilai yang beda namun di host yang sama). Anda perlu menghapus adanya catatan yang bermasalah ini agar domain dapat berjalan sesuai harapan. Silakan buka bagian DNS Advanced (DNS Tingkat Lanjut) kemudian temukan ada tidaknya catatan yang bertentangan.
  6. Apabila prosedur di atas sudah diselesaikan, setidaknya Anda perllu menunggu sekitar 30 menit sebelum redirect tersebut efektif bekerja   

Setting dari Tab DNS Advanced

Pengaturan DNS Tingkat Lanjut juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan forwarding, berikut langkahnya:

  1. Setelah menambah catatan baru, pastikan Anda juga menghapus CNAME dan pengalihan URL pada domain yang baru terdaftar
  2. Silakan klik Manage kemudian buka tab Advanced DNS
  3. Selanjutnya, masuk ke Host Record Section dan klik Add New Record
  4. Silakan tentukan Type dengan memilih URL Redirect Record dari menu drop-down
  5. Masukkan host dan URL tujuan
  6. Jika dirasa sudah sesuai, klik Save All Changes
  7. Sama dengan opsi cara sebelumnya, Anda juga perlu memastikan tidak ada catatan yang bermasalah (A, CNAME, catatan URL Redirect dengan nilai yang beda namun di host yang sama)
  8. Berikutnya, Anda perlu memberi waktu sekitar 30 menit agar pengaturan tersebut diterapkan dan efektif bekerja 

Perlu diketahui bahwa setelah URL forwarding tersebut diterapkan, maka akan ada A Record di file zona domain. Record ini yang memuat informasi bahwa nama domain Anda untuk server forwarding internal ini akan terhapus saat catatan URL redirect juga dihapus. 

Kesimpulan

Demikian tutorial setting URL forwarding yang bisa Anda coba untuk mengarahkan pengunjung. Dengan cara ini, maka pengunjung yang mengakses website bisa dialihkan ke website lain.

Selain itu, forwarding ini juga bisa bermanfaat dalam menyingkat link URL agar terkesan lebih ringkas dan mudah diingat.

Baca Juga