fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Troubleshooting Masalah Akun Administrator yang Terkunci pada WordPress

dewabiz

WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) yang paling populer digunakan untuk membuat dan mengelola situs web. Namun, seperti halnya platform lainnya, pengguna WordPress juga dapat menghadapi masalah teknis dari waktu ke waktu. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah terkunci akun administrator.

Akun administrator adalah akun yang memiliki akses penuh ke semua fitur dan pengaturan di WordPress. Jika akun administrator terkunci, Anda mungkin tidak dapat mengakses atau mengelola situs web Anda dengan benar. Tetapi jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengatasi masalah ini dan mendapatkan akses kembali ke akun administrator WordPress Anda.

1. Mengecek Pengguna Lain dengan Hak Akses Administrator

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak memiliki pengguna lain dengan hak akses administrator yang masih aktif di situs web Anda. Buka halaman “Pengguna” di panel admin WordPress Anda dan periksa daftar pengguna yang ada.

Jika Anda menemukan pengguna lain yang memiliki hak akses administrator, coba gunakan kredensial mereka untuk masuk ke akun tersebut. Jika berhasil, Anda dapat menghapus atau menonaktifkan akun administrator yang terkunci atau mengubah kredensial masuk Anda.

2. Menggunakan Fitur Lupa Kata Sandi

Jika Anda adalah satu-satunya pengguna dengan hak akses administrator dan Anda lupa kata sandi untuk akun tersebut, Anda dapat menggunakan fitur bawaan WordPress “Lupa Kata Sandi” untuk mengatur ulang kata sandi akun administrator Anda.

  1. Buka halaman masuk WordPress Anda dan klik tautan “Lupa Kata Sandi”.
  2. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun administrator Anda dan klik tombol “Atur Ulang Kata Sandi”.
  3. Anda akan menerima email dengan tautan unik untuk mengatur ulang kata sandi. Klik tautan tersebut.
  4. Masukkan kata sandi baru untuk akun administrator Anda dan klik tombol “Atur Ulang Kata Sandi”.

Sekarang Anda seharusnya dapat masuk ke akun administrator WordPress Anda menggunakan kata sandi baru yang baru Anda atur.

3. Mengecek File functions.php

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengecek file functions.php di tema WordPress Anda. Beberapa pengguna melaporkan bahwa akun administrator mereka terkunci karena adanya kode yang salah atau mencurigakan di file functions.php.

  1. Gunakan FTP atau File Manager di panel hosting Anda untuk membuka file functions.php di tema WordPress Anda.
  2. Cari kode yang mencurigakan atau tidak dikenal di file tersebut.
  3. Jika Anda menemukan kode yang mencurigakan, hapus atau komentari kode tersebut dengan menambahkan “//” di depannya.
  4. Simpan perubahan pada file functions.php dan coba masuk ke akun administrator WordPress Anda lagi.

Jika masalah terkunci akun administrator disebabkan oleh kode yang salah atau mencurigakan di file functions.php, langkah ini harus membantu memulihkan akses ke akun Anda.

4. Mengganti Nama Folder Plugin

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba mengganti nama folder plugin di direktori wp-content. Beberapa plugin mungkin menyebabkan konflik atau masalah yang mengakibatkan terkunci akun administrator.

  1. Buka FTP atau File Manager di panel hosting Anda dan cari folder wp-content di direktori WordPress Anda.
  2. Buka folder plugin di dalam folder wp-content.
  3. Ganti nama folder plugin menjadi sesuatu yang berbeda, misalnya “plugins-old”.
  4. Coba masuk ke akun administrator WordPress Anda lagi dan periksa apakah masalah terkunci telah teratasi.

Jika masalah terkunci akun administrator disebabkan oleh plugin yang bermasalah, langkah ini harus membantu memulihkan akses ke akun Anda. Namun, perlu diingat bahwa dengan mengganti nama folder plugin, semua plugin yang ada akan dinonaktifkan. Anda harus mengaktifkan kembali plugin-plugin tersebut satu per satu untuk menemukan plugin yang menyebabkan masalah.

5. Mengganti Nama Folder Tema

Jika masalah masih belum teratasi, Anda dapat mencoba mengganti nama folder tema di direktori wp-content. Beberapa tema mungkin juga menyebabkan konflik atau masalah yang mengakibatkan terkunci akun administrator.

  1. Buka FTP atau File Manager di panel hosting Anda dan cari folder wp-content di direktori WordPress Anda.
  2. Buka folder themes di dalam folder wp-content.
  3. Ganti nama folder tema yang digunakan menjadi sesuatu yang berbeda, misalnya “theme-old”.
  4. Coba masuk ke akun administrator WordPress Anda lagi dan periksa apakah masalah terkunci telah teratasi.

Langkah ini akan menonaktifkan tema yang Anda gunakan saat ini dan mengembalikan situs web Anda ke tema default WordPress. Jika masalah terkunci akun administrator disebabkan oleh tema yang bermasalah, langkah ini harus membantu memulihkan akses ke akun Anda. Anda dapat mengaktifkan kembali tema yang digunakan sebelumnya atau mencari tema baru untuk digunakan.

6. Menghubungi Layanan Hosting

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah terkunci akun administrator pada WordPress Anda, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi layanan hosting Anda. Mereka dapat membantu Anda dalam mengecek apakah ada masalah pada server atau konfigurasi yang menyebabkan masalah ini.

Berikan detail yang lengkap tentang masalah yang Anda alami dan tindakan yang telah Anda coba untuk memperbaikinya. Tim dukungan hosting akan dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan mencari solusi untuk masalah ini.

Dalam banyak kasus, masalah terkunci akun administrator pada WordPress dapat diselesaikan dengan salah satu langkah di atas. Namun, penting untuk diingat bahwa sebelum Anda melakukan perubahan pada situs web Anda, pastikan untuk membuat salinan cadangan terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data atau konfigurasi yang penting.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah akun administrator yang terkunci pada WordPress. Segera ambil tindakan setelah Anda menemui masalah ini untuk memastikan bahwa situs web Anda tetap berjalan lancar dan aman.

Baca Juga