fbpx

Tips Mendaftar Aplikasi di Google Playstore

Play Store adalah toko resmi untuk sistem operasi Android, memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan menggunakan Android Development Kit (SDK) dan dipublikasikan melalui Google.
Aplikasi ini membantu pengguna Android untuk mengunduh aplikasi yang mereka inginkan. Toko beroperasi sebagai toko media , menawarkan musik, buku, film, dan program televisi.

Ada dua versi aplikasi yang disediakan di Google Play Store yaitu berbayar dan gratis. Versi gratisnya hadir dalam bentuk game, , aplikasi pendidikan, dan lain-lain. Sementara versi premium hadir dalam bentuk film, buku, dan beberapa game berspesifikasi tinggi, pengguna harus membayar di muka. Berbagai aplikasi yang disebarkan mungkin juga mengalami peningkatan fitur atau yang disertakan di dalamnya.
Mungkin banyak yang sudah tahu cara aplikasi di play store, namun belum banyak yang tahu cara daftar di google play store. Mendaftarkan aplikasi Anda di Google Play Store memberi Anda banyak manfaat.

Di bawah ini Anda akan mempelajari cara mendaftar aplikasi Android di Google Play Store dan beberapa penjelasan lainnya. Cara daftar aplikasi di playstore.

Daftar di Konsol Pengembang Google Play
Langkah pertama dalam mendaftar ke Google Play adalah melalui Google Play Console. Konsol Pengembang Google Play berfungsi sebagai tempat sebagian besar aplikasi diunggah dan dipublikasikan di Google Play. Proses awal adalah membuat akun terlebih dahulu. Cara mendaftar aplikasi di Play Store Untuk mendaftarkan akun Konsol Pengembang Google Play:

  1. Buka halaman ini play.google.com/apps/publish
    Kemudian Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google Anda. Sebelumnya, Anda mendaftar dahulu. Selanjutnya, masuk ke bagian “Terima Perjanjian Pengembang”. Centang kotak Perjanjian Perjanjian setelah membaca rincian perjanjian. Setelah pendaftaran berhasil, Anda dapat langsung mengakses Konsol Pengembang Google Play Anda. Cara mendaftar aplikasi di Play Store
  2. Pendaftaran Akun Pedagang Google Wallet
    Mendaftar di Google Play Developer Console saja tidak cukup untuk mendaftarkan aplikasi Android Anda di Play Store. Langkah kedua adalah mendaftarkan akun pedagang Google Wallet. Untuk memublikasikan aplikasi berbayar dan menggunakan fitur penagihan dalam aplikasi Google di aplikasi Anda, Anda harus membuat akun pedagang Google Wallet melalui Konsol Pengembang Google Play. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:
    Di Konsol Pengembang Google Play, klik tautan “Buat akun pedagang sekarang” di bawah menu “Setelan” > “Detail Akun”. Masukkan detail Anda untuk pendaftaran akun pedagang Google Wallet. Sebagian besar yang diminta seharusnya sudah terisi secara otomatis.
    Cara Daftar Aplikasi di PlayStore
    Setelah mengikuti langkah-langkah pendaftaran di atas, kini Anda dapat mencoba mengunggah atau membagikan aplikasi Android di Google Play Store. Tidak butuh waktu lama, itu hanya masalah menunggu.Ikuti langkah-langkah ini untuk secara resmi merilis aplikasi Android Anda sendiri:
  3. Masuk di halaman utama Konsol Pengembang Google Play, klik tombol Publikasikan Aplikasi Android di Google Play.
  4. Pilih Opsi/OpsiPilih “Bahasa Default” yang Anda inginkan bersama dengan judul aplikasi. Jika aplikasi dalam bahasa Indonesia, pilih saja bahasa Indonesia sebagai “Bahasa Bawaan”.
  5. Selanjutnya, klik tombol “Unggah APK” lalu unggah file APK aplikasi Anda. Siapkan juga file keystore yang Anda gunakan untuk membuat file APK dan simpan agar tidak hilang karena file tersebut akan dibutuhkan lagi jika Anda ingin mengupdate atau mengubah aplikasi Anda.
    Jika file keystore yang digunakan berbeda, aplikasi gagal memperbarui di Google Dev dan menolak memperbarui aplikasi Anda. Definisi file keystore adalah file yang digunakan saat membuat file APK. Cara mendaftar aplikasi di Play Store
  6. Siapkan gambar untuk aplikasi terdapat tiga langkah untuk menyiapkan gambar untuk aplikasi Anda.
Baca Juga :  Cara Membuat Situs Review di WordPress

Itulah tips mendaftar aplikasi di Google Playstore.