fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Termudah, Seperti Ini Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Laptop Berbasis Windows 8,7, dan 10

Wiliam

Di bawah ini ada informasi tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop dan bisa dengan mudah Bizzie lakukan sekarang juga. Cara satu ini dapat diterapkan oleh para pengguna laptop yang berbasis Windows. Memang para pengguna laptop Windows seperti Bizzie sering kali melihat aplikasi yang tengah berjalan. Namun masih banyak pengguna lainnya yang tak tahu bagaimana cara melihat aplikasi berjalan tersebut.

Biasanya cara melihat aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang sering dilakukan untuk memantau kinerja CPU dan memori laptop. Sebab jika terlalu tinggi dapat mengakibatkan PC ataupun laptop menjadi lemot sampai mengalami gangguan seperti lag. Karena itulah, melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop sangatlah penting. Bagi Bizzie yang belum tahu caranya, silahkan lihat informasi tutorialnya berikut ini.

Bagaimana Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Laptop Paling Mudah?

Sebagai informasi, cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop bisa Bizzie lakukan dengan memakai program bawaan Windows seperti Task Manager. Lewat aplikasi Task Manager. Bizzie bisa mengetahui apa saja aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang ataupun sebaliknya. Dengan begitu, Bizzie bisa mengetahui kinerja CPU dan memori dalam laptop ketika aplikasi tersebut tengah berjalan.

Perlu diketahui, aplikasi Task Manage telah terpasang secara default di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Dengan begitu, Bizzie tak perlu menginstalnya lagi di laptop. Jika Bizzie belum pernah melakukan cara seperti ini tak perlu khawatir. Sebab melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop bisa dengan mudah dilakukan siapa saja. Untuk langkah selengkapnya, Bizzie bisa simak tutorialnya berikut ini.

1. Tutorial Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Laptop Menggunakan Task Manager

Pertama dalam cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop yaitu dengan menggunakan Task Manager. Cara satu ini dapat diterapkan oleh seluruh brand laptop seperti Samsung, HP, Huawei, Dell, Asus, Toshiba, Microsoft, Acer, Lenovo, MSI, dan masih banyak lagi. Keuntungan menggunakan cara ini yaitu Bizzie  tak perlu mendownload Task Manager karena sudah menjadi aplikasi bawaan.

Untuk tutorial melihat aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang laptop Bizzie bisa lihat langsung berikut ini:

·         Pertama-tama silahkan tekan secara bersamaan tombol Ctrl+Shift+Esc yang ada di keyboard agar bisa membuka program Windows yakni Task Manager. Jika kesulitan, Bizzie bisa mencarinya di Menu Windows secara manual.

·         Di aplikasi Task Manager yang sudah dibuka, Bizzie bisa melihat aplikasi apa saja yang tengah berjalan di laptop tersebut.

·         Kemudian Bizzie bisa membuka tab Applications untuk melihat nama aplikasinya. Di tab Application ada nama aplikasi dan status aplikasi itu tengah berjalan atau running

·         Biasanya, lewat Task Manager ini Bizzie bisa meringankan kinerja laptop. Salah satu langkahnya yakni dengan menghentikan aplikasi yang tengah berjalan itu.

·         Untuk menghentikannya, Bizzie bisa masuk ke tab Processes, kemudian tekan aplikasi yang terlihat memakan banyak memori laptop.

·         Terakhir klik opsi End Process agar bisa mendisable aplikasi itu. Sebagai informasi, biasanya aplikasi browser yang memakan banyak memori.

Dengan menerapkan cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop menggunakan Task Manager, Bizzie juga bisa mengetahui informasi lengkap dari kinerja perangkat tersebut. sebab di dalam Task Manager banyak bagian yang penting. Misalnya saja tab performance yang akan menampilkan pemantauan performa dari pemakaian CPU dan memori laptop.

Ada juga tab Networking yang bisa Bizzie pantau saat tengah terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, ada pula tab Services yang menampilkan daftar aplikasi apa saja di laptop itu. Terakhir ada tab user yang merupakan daftar profil pengguna Windows tersebut.

2. Cara Mengecek Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Perangkat Laptop Memakai Windows Powershell

Selain dengan cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop menggunakan Task Manager, ada lagi langkah lainnya yang bisa Bizzie lakukan. Kali ini, Bizzie bisa memanfaatkan platform Windows Powershell. Untuk melihat aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang laptop dengan Windows Powershell sangatlah mudah. Bizzie bisa mengikuti tutorialnya langsung di bawah ini:

·         Pertama-tama silahkan tekan secara bersamaan tombol Windows+R agar bisa membuka menu Run

·         Nantinya jendela Run terbuka. Di sini Bizzie bisa menuliskan perintah Powershell di kolom Open dan klik Ok.

·         Di Windows PowerShell, Bizzie  bisa memasukkan lagi perintah bertuliskan get process dan klik enter

·         Secara otomatis, keluar daftar aplikasi yang tengah berjalan di laptop tersebut. Bizzie bisa melihat informasi aplikasinya di bagian ProcessName

·         Apabila Bizzie ingin menutup aplikasi yang tengah berjalan di Windows, silahkan masukkan perintah dengan menuliskan format ‘stop-process -name processname – force. Contohnya saja Bizzie ingin menghentikan aplikasi Google Chrome, maka bisa memasukkan perintah ‘stop-process -name Google Chrome – Force

·         Kalau sudah, Bizzie bisa tekan tombol Enter

·         Secara otomatis, aplikasi Google Chrome akan dipaksa berhenti dan keluar dari program Windows yang tengah berjalan tersebut.

Itulah informasi tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop berbasis Windows 7,8, dan 10. Dengan cara di atas, Bizzie bisa memantau kinerja dari aplikasi yang tengah berjalan. Selain itu, Bizzie juga dapat memantau kinerja laptop berbasis Windows tersebut apakah masih optimal atau tidak demi terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Baca Juga