fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Termudah, Inilah Cara Membuat HTML di HP

Wiliam

Tak banyak yang tahu, ada cara membuat HTML di HP dengan langkah mudah dan pastinya tepat. Dimana cara satu ini cocok untuk Bizzie yang merupakan pemula di dunia coding. Berkat kemajuan teknologi, semua orang kini sudah dapat membuat HTML sendiri lewat ponsel tanpa harus memiliki perangkat komputer. Adapun langkah satu ini dinilai lebih praktis dan efisien untuk membuat HTML lebih praktis.

Perlu Bizzie ketahui, cara membuat file HTML di smartphone ternyata sangat mudah. Bahkan membuat file HTML tersebut dapat Bizzie terapkan langsung dengan bantuan dari beberapa aplikasi yang bisa diunduh gratis lewat playstore. Bahkan ada banyak aplikasi di Google Play Store ataupun App Store yang memungkinkan penggunanya membuat HTML secara langsung di dalam ponsel android.

Berbagai Cara Membuat HTML di HP dengan Mudah

Untuk informasi terkait cara membuat HTML di HP bisa Bizzie lihat secara langsung melalui informasi di bawah ini:

1. Membuat HTML di HP dengan Android Studio

Cara pertama yang bisa Bizzie terapkan untuk membuat HTML di HP yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Android Studio. Sebagai informasi, android studio adalah Integrated Development Environment atau IDE resmi yang berfungsi sebagai pengembangan sebuah aplikasi di android. Fungsi itu berdasarkan hasil Intellij IDEA. Dengan memakai android studio, maka pengguna bisa dimudahkan ketika menulis kode.

Aplikasi tersebut semakin menarik karena tak hanya bisa membantu cara membuat HTML di HP, android studio juga menyimpan berbagai fitur canggih yang menguntungkan para penggunanya. Salah satu fitur menarik di dalam android studio adalah intelligent code editor. Fitur satu ini memudahkan Bizzie untuk menganalisa kode. Bukan itu saja, fitur tersebut juga berguna untuk memberikan saran kode yang sesuai berdasarkan sistem auto complete.

Melihat berkualitas dan menariknya dari aplikasi android studio, tentu disayangkan jika Bizzie melewatkannya. Karena itulah Bizzie bisa mencoba langsung cara membuat HTML di HP dengan android studio secara mudah seperti di bawah ini:

  • Pertama-tama silahkan Bizzie membuat project baru di dalam android studio
  • Setelah itu buat directory assets yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file CSS, HTML dan masih banyak lagi. 
  • Kemudian buat file HTML dan Bizzie pun juga bisa menambahkan file CSS.
  • Sesudah itu buka lokasi dalam Project Studio dan lanjutkan dengan membuka project Bizzie.
  • Langkah berikutnya Bizzie bisa buka App dan tekan SRC.
  • Kalau sudah, pilih Main dan tekan Assets
  • Berikutnya pengguna dapat membuat WebView dengan cara membuka file activity_main.xml yang ada di dalam directory layout aplikasi android studio.
  • Lalu tambahkan kode dan pindah ke file bertuliskan MainActivity.java agar bisa menambahkan kode lagi.

2. Memakai Aplikasi Notepad ++

Untuk cara membuat HTML di HP berikutnya bisa menggunakan aplikasi Notepad++. Aplikasi tersebut semakin recommended lantaran di dalam Notepad ++ ada berbagai fitur yang bisa Bizzie manfaatkan. Pemanfaatan fitur di dalam Notepad++ tentu saja akan memuadahkan langkah pengguna. Beberapa fitur menarik di dalam Notepad++ meliputi zoom in, multi view, zoom out, bookmark, peta dokumen, multi document dan peluncuran dengan argument berbead.

Melihat banyaknya fitur yang ada, maka jangan ragu untuk mencoba cara membuat HTML di android menggunakan Notepad ++ dengan cara di bawah ini:

  • Agar bisa memakai Notepad ++ tentu saja Bizzie harus mengunduh dan install aplikasi di perangkat yang digunakan terlebih dahulu. 
  • Sesudah itu, buka aplikasi Notepad ++ yang sudah diunduh
  • Langkah berikutnya tekan Open Project.
  • Kemudian cari file yang ingin pengguna edit. File itu bisa berupa PHP, TXT dan HTML.
  • Bizzie pun bisa mengedit ataupun membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

3. Memakai AIDE Web

Adapun cara membuat HTML di HP terasa mudah dengan menggunakan AIDE Web. Sama seperti aplikasi Notepad++, di AIDE Web juga kaya dengan fitur menarik seperti Android NDK, Java, JavaScript, AndroidApp, Web, Game, sampai Android Wear. Dengan memakai fitur yang ada di AIDE Web, maka pengguna akan merasa lebih mudah untuk membuat file HTML.

Aplikasi AIDE Web semakin cocok bagi Bizzie yang menguasai bahasa Inggris. Hal ini lantaran aplikasi AIDE Web hadir dengan penggunaan bahasa Inggris. Cara menggunakan AIDE Web untuk membuat HTML di HP antara lain:

  • Supaya pemanfaatan AIDE Web berjalan dengan lancar, Bizzie dapat mengunduh aplikasinya di dalam Google Play Store lebih dahulu.
  • Bizzie bebas memilih apakah ingin AIDE untuk HTML, CSS atau AIDE dan JavaScript untuk Java, C dan C++. 
  • Agar bisa membuat HTML, pengguna dapat tekan Learn dan pilih bahasa pemrograman sesuai dengan keinginan.
  • Lalu tekan Code jika ingin coding dan dilanjutkan dengan memilih Ford atau Expert.
  • Sesudah itu, buat Project dan tekan titik 3 di pojok kanan bawah.
  • Jika sudah Bizzie bisa tekan titik 3 lagi.
  • Berikutnya tekan Create New File untuk membuat file baru yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Buatlah judul file baru dengan ekstensi .html mengingat pengguna hendak membuat file HTML.
  • Tekan OK supaya semua langkah yang sudah Bizzie lakukan di atas sampai berhasil.

Bizzie dapat memilih salah satu dari banyaknya cara membuat HTML di HP yang sudah disebutkan di atas. Jika melihat cara-cara tersebut ternyata belajar HTML bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi di HP saja. Walaupun terlihat rumit, tetapi Bizzie bisa melakukannya kalau mencermati dan mengikuti setiap caranya dengan baik.

Baca Juga