fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Tampil Lebih Cantik, Plugin Galeri Foto WordPress yang Memukau

Yodik Prastya

Ingin membuat tampilan website gambar Anda jadi lebih menarik dan terkesan profesional? Untuk mendapatkannya, Anda bisa mempertimbangkan plugin galeri foto WordPress yang memungkinkan Anda menambahkan galeri foto ke website WordPress Anda. Pertanyaannya, haruskah Anda menggunakan plugin semacam ini, dan dari plugin mana saja Anda bisa memulai pertimbangan?

Mengapa Anda Perlu Plugin Galeri Foto yang Bagus?

Kembali pada tujuan utama pembuatan website, beberapa di antara Anda mungkin tak ingin sekedar memajang foto begitu saja. Apabila Anda mengelola website yang mengandalkan grafis foto ataupun gambar lain, tentunya ingin memajang konten tersebut dengan baik bukan? Nah, plugin jenis ini memudahkan Anda mendapatkan tampilan galeri sesuai keinginan melalui berbagai pilihan layout, efek, dan fitur tambahan.

Plugin galeri foto adalah plugin WordPress yang memungkinkan pengguna dalam membuat, mengelola, dan menampilkan koleksi foto agar lebih sesuai preferensi atau kebutuhan. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan penggunaan plugin galeri foto, antara lain:

Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

Sayang sekali bila koleksi yang bagus disajikan secara serampangan atau bahkan berantakan. Sajian yang buruk, bisa saja membuat pengunjung bingung atau bahkan kapok menjelajah website Anda. Nah, plugin galeri foto bisa jadi solusi sehingga website gambar Anda lebih mudah dinavigasi, lebih cepat dimuat dan responsif.

Pengalaman pengguna juga bisa ditingkatkan melalui penerapan berbagai fitur galeri. Anda bisa menggunakan efek transisi, tata letak responsif, navigasi keyboard dan fungsi zoom gambar agar pengguna lebih puas dalam mengakses foto di website Anda. Hal detail semacam ini, nyatanya bisa saja membuat pengunjung merasa puas.

Menunjang Optimasi

Apabila nilai user experience (UX) yang dijelaskan di atas sudah baik, bukan tidak mungkin membuat website jadi lebih direkomendasikan oleh mesin pencari. Tak hanya pasrah dengan algoritme mesin pencari saja, Anda juga bisa mengoptimasi gambar dengan fitur dan fungsi yang ditawarkan plugin galeri. Anda bisa memanfaatkan alat-alat seperti kompresi gambar, lazy loading hingga pengaturan alt text yang dapat menunjang SEO.

Menunjang Reputasi dan Kredibilitas

Ya, bisa saja penggunaan plugin galeri foto dan implementasi yang tepat akan memberikan dampak positif terhadap reputasi dan kredibilitas website atau bisnis Anda. Berbagai fitur yang bisa Anda eksplor di plugin antara lain watermark, tombol sosial, dan lightbox untuk menghasilkan foto yang lebih meyakinkan.

Rekomendasi Plugin Galeri Foto WordPress

Perlu Anda ketahui karena jenis plugin ini terbilang cukup populer, tak heran jika banyak developer yang menawarkan plugin mereka saat ini. Nah, apabila Anda masih ragu atau bingung harus memulai pencarian plugin dari mana, silakan simak beberapa nama plugin galeri rekomendasi berikut ini:

NextGEN Gallery

Plugin galeri foto ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling populer di kalangan pengguna WordPress. NextGEN Gallery dikenal mampu menawarkan fitur lengkap dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan gaya dan fungsi. Berikut hal-hal menarik dari plugin NextGEN Gallery ini:

  • Support pembuatan slideshow, thumbnail, mosaic, lightbox dan sebagainya
  • Support mengatur ukuran, warna, border, watermark hingga metadata foto
  • Support dengan integrasi WooCommerce, media sosial  serta Google Photos

Envira Gallery

Plugin yang satu ini banyak disukai karena tampilannya yang mudah digunakan dan mudah dipelajari, oleh pemula sekalipun. Ya, untuk membuat dan mengelola galeri foto, pengguna cukup melakukan drag-and-drop saja. Beberapa hal menari dari plugin ini antara lain:

  • Koleksi template yang siap digunakan
  • Pengguna bisa membuat template sesuai keinginan untuk digunakan kembali
  • Desain responsif, SEO-friendly, lazy loading, support video, berbagi sosial 

FooGallery

Plugin yang dikenal ringan dan cepat ini mungkin hanya menawarkan fitur sederhana dibanding kompetitornya. Namun perlu diketahui pula bahwa fitur yang ia bawa sudah terbilang cukup memadai untuk membuat galeri foto yang bagus dan efektif. Plugin ini mungkin ideal apabila Anda tak ingin repot dengan fitur-fitur yang tidak perlu

  • Koleksi 6 layout (responsive image grid, masonry, justified, single thumbnail gallery, image viewer, dan simple portfolio)
  • Dukungan untuk menambahkan efek hover, lightbox, pagination, loading icon
  • Support penambahan custom CSS ke galeri  

Image Gallery by Robo

Plugin gratis ini terbilang salah satu yang paling powerful dengan ragam fitur dan koleksi 16 layout yang dibawanya.

  • Aneka pilihan layout galeri (polaroid gallery, flow gallery, ribbon gallery, round images gallery dan sebagainya)
  • Memungkinkan pengguna utnuk menyesuaikan warna, ukuran, margin, shadow, border radius
  • Support penambahan animasi  

Responsive Lightbox Gallery

Plugin ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat galeri dengan efek menarik namun tetap responsif saat diakses pengunjung.

  • Koleksi 7 lightbox (prettyPhoto, SwipeBox, FancyBox, Nivo Lightbox, Image Lightbox, TosRUs Lightbox, dan Featherlight Lightbox)
  • Dukungan pengaturan transisi, speed, opacity, overlay color, title position dan sebagainya melalui lightbox  

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan tentang plugin galeri foto yang mungkin krusial bagi website berbagi gambar. Apabila Anda masih belum menentukan pilihan plugin yang akan Anda gunakan, silakan kunjungi halaman plugin dalam daftar rekomendasi di atas.

Baca Juga