fbpx

Strategi Terbaik Cara Memilih Domain Untuk Bisnis Anda

Untuk kecil dan menengah yang  mengembangkan kegiatan usaha mereka di dunia ,  nama domain yang diinginkan tentu sangat sulit. Karena hanya ada satu kepemilikan nama domain yang ada di dunia ini dan tidak boleh sama dengan yang lain. Sehingga untuk bisa memiliki nama domain yang Anda inginkan maka Anda harus sesegera mungkin membuatnya dan tentu saja yang unik.  

Sekarang, untuk membuat nama domain untuk web atau Anda, itu mudah. Banyak penyedia jasa pembuatan untuk nama domain, yang siap untuk menyediakan layanan domain serta juga terbaik di Indonesia.

Berikut ini ada beberapa strategi atau cara terbaik untuk memilih domain buat Anda:

Gunakan Nama Domain Anda Sebagai Alat Branding

Nama domain dibuat  sebagai alat branding. Nama domain ini akan sangat membantu Anda untuk memasarkan bisnis Anda. Buat domain yang harus mudah diingat dan tentu saja  menggambarkan Anda dan bisnis Anda.

Saat Anda  ingin membuat  nama domain, Anda perlu mempertimbangkan kata-kata yang masuk akal dan menarik bagi kebanyakan orang. Sebuah nama domain dapat menjadi  identitas  bisnis Anda yang dijelaskan pada website yang Anda miliki.

Singkat, Relevan, dan Mudah Diingat

Nama domain  dibuat untuk memberikan identitas pada , tetapi membuat nama domain tidak harus sepanjang dan selengkap nama lengkap Anda atau perusahaan Anda. Nama domain harus pendek, relevan, dan tentu saja mudah diingat.

Buat nama domain dengan minimal 3 karakter dan tidak boleh melebihi 63 karakter. Nama domain yang Anda buat harus relevan dengan website Anda dan tentunya mudah diingat oleh banyak orang.

Baca Juga :  Syarat Domain ID untuk Berbagai Keperluan

Ingatlah untuk Menggunakan Ekstensi

Hampir 8.000 nama domain terdaftar setiap hari. Nama domain tidak boleh  sama. Padahal setiap orang pasti memiliki nama domain sendiri yang berbeda dengan domain lainnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ekstensi.

Saat ini, ada lebih dari 100 ekstensi nama domain yang berbeda dengan kegunaan  yang berbeda untuk setiap ekstensi domain. Sekitar 8% dari semua domain menggunakan ekstensi .com.

Ekstensi nama domain yang umum digunakan adalah domain .com, .net, .org, .info, .co dan segera .id yang juga dapat digunakan di Indonesia. Anda harus mempertimbangkan untuk memilih ekstensi yang tepat untuk nama domain dan bisnis Anda.

Kemampuan Untuk Melindungi Merek

Anda memilih nama domain tidak hanya untuk identitas Anda dan usaha Anda. Tetapi ini juga harus dapat melindungi merek Anda. Karena nama domain tidak boleh sama, sehingga Anda mampu untuk melindungi merek Anda melalui nama domain yang telah Anda miliki. Anda juga bisa menggugat siapapun yang akan melakukan kejahatan terhadap merek dagang yang memang sudah menjadi hak milik Anda, terlebih yang memang sudah memiliki nama domain.

Memiliki Domain untuk Merek Pribadi

Bisa dibilang itu adalah hak paten atas suatu objek dan kali ini  nama domain. Nama domain yang menggambarkan merek pribadi Anda tentu saja adalah hak paten Anda. Mendaftarkan nama domain Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk membangun merek pribadi Anda. Bahkan jika Anda belum siap dengan produk Anda, Anda sudah memiliki  domain dalam nama produk Anda.

Jadilah Lebih Kreatif

Pilih nama domain yang harus menggambarkan Anda dan merek perusahaan Anda. Salah satu kuncinya adalah berpikir lebih kreatif dari biasanya. Semakin kreatif, semakin membuat domain Anda berbeda dan dikenali. Salah satu contohnya adalah Microsoft, yang telah menggabungkan dua bagian yang berbeda  menjadi satu.

Baca Juga :  Pengertian Web Developer, Jenis, dan Skill yang Dibutuhkan

Hindari Menggunakan Tanda Penghubung

Nama domain yang terlihat menggunakan tanda penghubung itu tidak memiliki sebuah branding dan pastinya sangat sedikit mempunyai nilai SEO. Tanda hubung itu akan mengurangi kredibilitas dan bisa terjadi sebagai indikator spam, sehingga cukup sulit untuk bisa mendapatkan . Tanda baca bisa menyebabkan hilangnya sebuah link yang ada, karena semua orang tidak mudah untuk bisa mengingat tanda hubung yang telah digunakan.

Periksa Ketersediaan di Situs Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah salah satu sarana pemasaran yang paling populer di sosial. Selain  memiliki situs web, Anda juga perlu memanfaatkan platform media sosial yang  ada. Untuk nama domain, Anda harus terlebih dahulu memeriksa ketersediaan nama domain di jejaring sosial. Anda harus memeriksa ketersediaan  domain  di , Twitter, dan LinkedIn. Coba periksa  domain Anda di knowem.com untuk melihat apakah itu tersedia di media sosial.

Jangan Biarkan Nama Domain Anda Kadaluarsa

Hal yang paling tidak diinginkan adalah nama domain Anda kadaluarsa dalam masa pakainya. Tentunya akan sangat mempengaruhi bisnis dan perdagangan Anda. Ingatlah untuk membatasi waktu aktif domain Anda.

Anda dapat memulai dengan membuat pengingat saat membeli domain yang sudah ada. Jangan abaikan notifikasi yang dikirim ke alamat Anda, terutama jika itu tentang penawaran perpanjangan domain Anda.

Inilah beberapa strategi terbaik untuk memilih nama domain buat bisnis yang bisa Anda ketahui. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis khususnya website, Anda juga membutuhkan nama domain yang unik, mudah diingat dan tentunya mencerminkan bisnis Anda.