fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pilar Utama Strategi Pemasaran Digital yang Anda Pahami

Yanti puspita

Dunia bisnis saat ini telah mengalami transformasi yang signifikan dari strategi pemasaran digital. Namun, perubahan ini tidak serta merta diikuti oleh banyak pengusaha, terutama pemilik usaha kecil.

Hal ini tentu dapat berimbas pada pelaku bisnis kecil untuk tumbuh dan berkembang pada era digital saat ini. Proses pemasaran digital berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa apapun dengan menggunakan teknologi digital.

Seperti internet, media sosial, handphone, dan media digital lainnya. Dalam industri digital yang terus berkembang, banyak pelaku bisnis perlu menggunakan strategi pemasaran digital yang tepat untuk menjangkau target pelanggan yang diinginkan.

Pilar Utama dari Pemasaran Digital

Artikel ini menjelaskan strategi pemasaran digital terpenting dalam dunia pemasaran digital atau internet. Tentu sangat perlu di ketahui dan di pahami oleh setiap pelaku bisnis, baik pemilik bisnis maupun marketing.

1.      Situs web

Situs web adalah dasar dari strategi pemasaran digital. Ini adalah alat utama perusahaan agar terpromosi internet. Di sinilah Anda diberitahu, bahwa pelanggan tertarik pada produk dan layanan Anda jika kontennya unik dan bemanfaat. Serta membantu pelanggan menemukan solusi apa yang mereka butuhkan dan cari.

2.      Konten Digital

Konten adalah kekuatan pendorong di balik strategi pemasaran digital perusahaan. Lakukan lebih dari sekedar mencari traffic saja ke situs web. Dengan membuat konten yang unik dan berkualitas tentu target pelanggan akan tertuju.

Anda dapat menarik pengunjung yang tepat dan berkemungkinan besar akan menjadi prospek agar banyak dapat pelanggan untuk meningkatkan bisnis Anda.

3.      Media Sosial

Tidak di sangka bahwa platform pemasaran digital ini sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir semua orang memiliki akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pebisnis yang menggunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka. Kehadiran media sosial tidak hanya meningkatkan penjualan produk.

Selain itu, media sosial juga dapat meningkatkan kesadaran merek untuk pelanggan Anda. Selain itu, penggunaan media sosial memiliki jangkauan dan target pelanggan yang lebih luas daripada dengan pemasaran produk secara manual.

4.      Landing Page

Lakukanlah optimasi situs web, membuat blog, dan mulai mempromosikan konten Anda di media sosial. Dan lakukanlah selama beberapa minggu, dengan landing page tentu menjadi bahan promosi.

Semua kunjungan ke situs web Anda tidak akan menghasilkan bisnis baru. Pengunjung datang ke situs web Anda, tetapi kunjungan tersebut tidak menghasilkan pelanggan baru atau bahkan prospek penjualan baru.

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Anda membutuhkan Landing Page yang dapat mengubah pengunjung situs web bisnis Anda menjadi keuntungan untuk bisnis lebih berkembang lagi.

Landing Page adalah halaman web yang dapat di akses atau di gunakan oleh pengunjung. Namun, ketika berbicara tentang Landing Page pemasaran dan periklanan.

Ini sangat perlu dilakukan untuk menganggap Landing Page sebagai halaman web mandiri yang di rancang khusus untuk tujuan tertentu, tidak seperti situs web utama. Dengan kata lain, Landing Page tidak boleh memiliki navigasi global untuk menautkan ke situs web utamanya.

Alasan utama untuk melakukan hal ini adalah untuk membatasi pilihan yang dapat di ambil oleh pengunjung dan mengarahkan mereka ke tujuan marketing Anda. Dan itu berarti mengubah pengunjung situs web menjadi prospek untuk bisnis.

5.      Iklan Online

Saat Anda baru mulai membangun merek bisnis Anda secara online, mungkin sulit untuk mengandalkan sepenuhnya pada saluran yang ada. Seperti blog atau halaman Facebook Anda untuk menghasilkan prospek yang cukup untuk bisnis Anda.

Karena alasan ini, banyak pemilik bisnis dan konten marketing memilih untuk melengkapi strategi mereka dengan media iklan berbayar seperti iklan Google AdWords dan iklan Facebook Instagram.

6.      Email Marketing

Cara yang efisien untuk mempromosikan bisnis Anda dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda adalah Email Marketing.

Email Marketing memudahkan dan cepat untuk menjangkau target pasar Anda tanpa perlu media cetak, siaran televisi atau radio, atau biaya produksi yang tinggi.

Software dan aplikasi Email Marketing yang efektif memungkinkan Anda untuk mengelola daftar email yang tersegmentasi berdasarkan berbagai faktor. Seperti kesukaan dan ketidaksukaan pelanggan, kebiasaan berbelanja, dan kriteria penting lainnya.

Sebuah email kemudian di buat dan di kirim secara khusus kepada anggota daftar email, memberikan email yang dipersonalisasi yang berisi informasi yang diminati atau diminta. Hal ini meningkatkan kepercayaan dan loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan penjualan.

7.      Analisis

Semua upaya dan strategi pemasaran digital harus terukur. Ini akan membantu Anda memahami kampanye pemasaran mana yang bekerja dengan baik dan sebaliknya.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan alat atau perangkat lunak yang disebut Analytics. Dua alat analisis yang paling populer adalah Google Analytics dan Facebook Pixel.

8.      User Journey

User Journey adalah interaksi yang terjadi antara pelanggan dan merek perusahaan pada platform digital dan non-digital.

Konsumen biasanya berinteraksi dengan konten bisnis yang diunggah. Kemudian melakukan tindakan penting seperti mengisi formulir kontak atau menambahkan produk langsung ke keranjang belanja.

9.      Referral

Referral adalah klik yang dilakukan oleh pengguna melalui tautan yang menghubungkan situs web kita ke situs web lain.

Ini berarti lalu lintas datang dari situs web lain dan bukan dari pencarian Google secara langsung. Menautkan ke situs lain adalah bentuk kolaborasi strategis yang saling menguntungkan.

10.  Pencarian Organik

Tujuan penaciaran organik adalah salah satu yang perlu Anda lakukan dan ini juga strateginya. Para pebisnis juga menggunakan pencarian organik untuk mendapatkan konsumen atau calon konsumen.

Mesin pencari seperti Google saja dapat menangani lebih dari 40.000 pencairan per detik. Cobalah strategi pemasaran digital seperti SEO untuk menjadi hasil pencarian nomor satu untuk bisnis Anda di Google.

11.  Materi Konten Kreatif

Materi konten kreatif adalah pilar terakhir dari proses pemasaran digital. Proses yang satu ini berkaitan dengan konten yang diunggah secara kreatif. Baik itu berupa grafik visual, teks, maupun caption dan video yang menarik.

Konten yang menarik akan menarik lebih banyak viewers dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan brand yang Anda pasarkan. Materi konten kreatif ini disebut juga dengan konten pemasaran.

Beberapa alat promosi kreatif yang dimaksud berupa iklan banner, iklan video, dan iklan teks. Sedangkan bagian kontennya bisa berupa postingan blog, video, dan infografis.

Kesimpulan

Sebagai pengusaha dan pemasar, memahami pilar-pilar utama strategi pemasaran digital dan menerapkannya pada bisnis Anda sangatlah penting. Kami harap artikel singkat ini dapat memberikan Anda wawasan tentang strategi pemasaran digital Anda.

Jika ada sesuatu dalam artikel ini yang tidak Anda pahami atau ingin Anda diskusikan dengan kami. Jangan ragu untuk memberi tahu kami di bagian komentar di bawah.

Baca Juga