fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingMedia SosialSEM

Strategi Instagram Marketing Untuk Pertengahan Tahun 2023

Yanti puspita

Strategi instagram marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital paling populer saat ini. Strategi instagram marketing ini merupakan kegiatan iklan yang di lakukan melalui platform Instagram.

Platform ini mengutamakan aspek visual daripada teks, hal ini akan memungkinkan Anda untuk membuat konten yang kreatif dan keren tentang bisnis yang Anda kelola.

Instagram sendiri merupakan platform media sosial paling populer di tahun 2023 ini. Jadi, ini adalah tempat terbaik bagi para pebisnis dan pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka.

Namun, dengan persaingan yang ketat, strategi pemasaran yang baik di perlukan untuk tampil di platform ini. Nah, inilah strategi instagram marketing untuk pertengahan tahun 2023:

Strategi Instagram Marketing Yang Wajib Anda Coba

Di bawah ini, akan di jelaskan mengenai strategi instagram marketing  yang dapat Anda terapkan di bisnis Anda. Namun, Anda harus ingat bahwa platform Instagram ini lebih untuk konten saat ini. Artinya, pengguna umumnya lebih memilih konten yang segar dan up-to-date, daripada konten yang sudah di upload dalam waktu yang lama.

Untuk itu, usahakan agar Anda sering memposting konten agar konten Anda tetap relevan dengan perkembangan berita saat ini. Nah, tanpa basa-basi lagi, mari simak dengan seksama strategi instagram marketing berikut ini satu per satu.

Gunakan Akun Instagram Bisnis

Strategi instagram marketing  yang pertama ini wajib dilakukan sebelum Anda beralih ke strategi instagram marketing selanjutnya. Hal ini di karenakan akun bisnis akan memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan bisnis Anda lebih profesional.

Selain itu, akun Instagram bisnis juga memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat pada akun Instagram pribadi. Beberapa di antaranya adalah Anda dapat membuat Iklan Instagram dan Anda juga dapat mengakses Insights.

Insights adalah alat yang berguna untuk menganalisis dan memberikan statistik tentang akun Anda. Jika Anda masih menggunakan akun pribadi Anda, Anda dapat dengan mudah mengubahnya.

Masuk ke menu Setting, klik Account dan Change to Professional Account. Jika sebelumnya akun Anda bersifat private, sebaiknya Anda mengubahnya menjadi publik pada akun bisnis ini. Hal ini karena orang akan lebih mudah melihat postingan Anda dan mereka bisa langsung mengikuti akun bisnis Anda tanpa kendala.

Gunakan Foto Profil Merek Anda

Foto profil adalah hal pertama yang di lihat orang saat mengunjungi akun bisnis Anda. Foto profil Anda juga akan terlihat di setiap komentar atau postingan yang Anda buat. Jadi, strategi instagram marketing yang selanjutnya adalah menjadikan foto profil Anda menarik.

Pilihlah foto profil yang mencerminkan brand atau bisnis Anda. Biasanya, para pemilik akun bisnis akan menggunakan logo bisnis sebagai foto profil akun instagram nya.

Tulis Biodata Yang Menarik Dan Informatif

Setelah foto profil, calon pelanggan akan melihat bio intagram Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memanfaatkan 150 karakter yang di sediakan oleh Instagram secara maksimal untuk mendukung strategi instagram marketing yang Anda lakukan.

Anda bisa menulis biodata yang menjelaskan apa bisnis Anda dan keuntungan yang akan di terima konsumen jika menjadi pelanggan dari bisnis yang Anda kelola.

Optimasi Feed Instagram

Mengoptimalkan feed Instagram Anda adalah salah satu hal terpenting dalam strategi instagram marketing. Dengan mengoptimalkan feed Instagram Anda, Anda dapat memperkuat merek bisnis Anda, membangun hubungan dengan para pelanggan Anda, dan mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda dengan lebih baik.

Untuk mengoptimasi feed instagram, Anda bisa membuat tema feed yang menarik dan konsisten. Dengan begitu, akun instagram Anda akan terlihat profesional dan membuat para pengikut serta pelanggan Anda merasa nyaman.

Menggunakan tagar yang relevan daalm memposting feed juga membantu mengoptimalkan feed yang Anda buat. Gunakan berbagai jenis konten, seperti foto produk, konten di balik layar, dan ulasan pelanggan, untuk membuat feed Anda lebih menarik.

Coba Live Instagram

Memanfaatkan live Instagram juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam mengupayakan strategi instagram marketing untuk bisnis Anda. Saat live instagram bicarakanlah hal-hal menarik seperti demo produk, tanya jawab, atau obrolan santai dengan para pengikut Anda.

Anda juga bisa menjadwalkan live instagram Anda secara teratur, misalnya seminggu sekali. Anda juga bisa menggunakan fitur tanya jawab di Instagram live untuk meningkatkan interaksi denga n pengikut serat calon pelanggan Anda. Saat melakukan live instagram, Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer atau pebisnis lain untuk meningkatkan jangkauan pelanggan yang baru.

Gunakan Instagram TV

Instagram TV merupakan salah satu pilihan strategi instagram marketing yang bisa Anda coba karena memungkinkan pengguna nya menonton video panjang langsung dari aplikasi Instagram. IGTV sangat mirip dengan YouTube dan kedepannya di prediksi akan menjadi pesaing platform berbagi video tersebut.

Untuk memulai strategi instagram marketing untuk bisnis Anda menggunakan IGTV, unduh aplikasi IGTV terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa Log In menggunakan akun Instagram. Kemudian, klik tombol Plus (+) di kanan atas untuk mulai membagikan video.

Memposting Ulang Foto Atau Stories Dari Pengikut

Strategi marketing instagram ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan foto atau stories yang di kirim oleh followers Anda. Caranya juga tidak sulit untuk di lakukan.

Yang harus Anda lakukan hanyalah mengumumkan melalui postingan atau stories instagram Anda bahwa Anda akan memposting ulang postingan pengikut yang di pilih dan menandai akun Anda di sana.

Namun, Anda juga dapat memposting ulang stories dari pengikut Anda di akun Anda sendiri. Bisa dikatakan bahwa strategi pemasaran yang satu ini adalah tawaran yang menggiurkan bagi followers Anda.

Sebab, konsumen sekaligus followers Anda juga ingin memperbanyak pengikutnya dan apa yang Anda lakukan ini merupakan peluang besar yang tidak boleh dilewatkan. Ini solusi yang sama-sama menguntungkan, bukan?

Memposting foto atau stories dari konsumen juga bisa membuat konten pemasaran Instagram Anda menonjol dan memberikan kesan bahwa bisnis Anda terpercaya dan tidak dibuat-buat.

Kesimpulan

Instagram yang dulunya hanya sebagai aplikasi untuk berbagi gambar, kini telah menjadi wadah untuk para pengusaha serta para pebisnis untuk mengembnagkan bisnis mereka.

Menarik satu miliar pengguna memang tidak mudah, tetapi bukan berarti strategi instagram marketing tidak mungkin di lakukan. Caranya adalah dengan membuat konten berkualitas yang dapat meningkatkan followers Anda.

Konten yang menarik secara visual, serta digabungkan dengan teks yang menarik dan hashtag yang unik akan membuat Anda selangkah lebih dekat menuju kesuksesan yang selalu Anda impikan. Semoga apa yang di ulas di artikel ini dapat membantu Anda mempelajari strategi instagram marketing di pertengahan tahun 2023.

Baca Juga